News

News

MediaMU.COM

May 3, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Timnas U-23 Gagal Kalahkan Irak, Haedar Nashir: Masih Ada Asa Suara Muhammadiyah Buka SM Farm, Ratusan Ekor Sapi Langsung Ludes Dipesan Ratusan Baliho Ketua PWPM DIY Penuhi Titik Strategis Gunungkidul, Isyarat Maju Pilkada Luar Biasa! 926 Guru PAUD/TK ABA Hadir di Silaturahim Keluarga Besar IGABA Sleman Demam Timnas, 200 Titik Pimpinan dan Amal Usaha Muhammadiyah Gelar Nobar PCIM Tiongkok Gelar Kajian Syawal Bersama Din Syamsuddin, Kuatkan Dakwah Melalui Diaspora Timnas Indonesia Kalah Atas Uzbekistan, Haedar Nashir Beri Semangat: Kalian Pahlawan Bangsa Tanpa Mahkota! Ramai Gelar Nobar Timnas U-23, Dosen UMY Beri Penjelasan Begini Rektor Berharap PSHW UMY Jadi Kebanggan Pemuda dan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Amanatkan Jaga Tradisi Syawalan, Haedar Nashir: Identitas Kita Sebagai Bangsa Haedar Nashir Tegaskan Muhammadiyah Netral dalam Politik, Ingatkan Semua Pihak Berintrospeksi Atasi Perubahan Iklim, MLH PP Muhammadiyah Tanam 1000 Pohon Mangrove Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar

Touring KOKAM KOSEGU HW menuju Solo Raya

Rombongan Touring KOKAM KOSEGU HW DIY tiba di Edutorium UMS setelah menempuh perjalanan dari PWM DIY. Sumber: mediamu.com/dzikrilfirmansyah

SURAKARTA — Ratusan anggota KOKAM bersama dengan Tapak Suci dan Hizbul Wathan se – DIY mengikuti Touring KOKAM KOSEGU HW menuju Solo Raya, Ahad (18/9). Touring dengan tema: “Dari Yogya Menebar Semangat Semarak Songsong Muktamar Muhammadiyah Merekatkan Ukhuwah Menggembirakan Dakwah” ini diselenggarakan oleh KOKAM WIlayah DIY, dalam rangka menyongsong Muktamar Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah ke – 48, di Surakarta pada November tahun ini.

Rombongan peserta touring berangkat pukul 08.45 WIB dari PWM DIY, melewati Klaten dan Kartasura, menuju De Tjolomadoe hingga akhirnya mencapai Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta, pada pukul 13.44 WIB. Kendaraan yang digunakan sangat beragam, mulai dari motor bebek, matic, KLX, RX King, Harley Davidson, hingga mobil jip, ambulans, dan lain – lain.

Komandan KOKAM Wilayah DIY, Wahyu Gunawan Wibisono SP atau akrab disapa Kang Soni bersyukur touring berjalan dengan lancar dan selamat sampai tujuan. Ia juga memaparkan jumlah peserta sebanyak 400 orang, motor sebanyak 200, dan mobil termasuk ambulan 40.

Meskipun jumlah peserta di bawah target 500 orang, hal tersebut tidak mengurangi atensi dari touring ini dan mencapai dua lokasi Muktamar, yaitu De Tjolomadoe (lokasi UMKM/expo Muktamar) dan Edutorium UMS (lokasi pusat arena Muktamar).

“Target atau tujuan kita sebenarnya adalah agar teman – teman peserta touring mendapatkan informasi sebanyak – banyaknya terkait Muktamar, sehingga menjadi bekal oleh – oleh ketika pulang ke rumah dan disampaikan ke masing – masing cabang atau ranting yang akan hadir untuk memeriahkan Muktamar,” jelas Kang Soni.

Dengan begitu, para kader dan warga Muhammadiyah yang ingin hadir ke Surakarta dapat mengkalkulasi seperti apa keberangkatan saat Muktamar nanti. Tidak hanya tahu soal lokasi, tetapi juga dapat membaca situasi lalu lintas, sehingga dapat menyusun dan mempersiapkan skenario keberangkatan dengan matang dan tepat.

Selain itu, touring diharapkan dapat menjadi syiar Muhammadiyah dalam menyongsong Muktamar 48 agar bisa sampai kepada masyarakat, terutama di Solo Raya, mengingat perhelatan terakbar persyarikatan itu harus tertunda selama dua tahun karena Pandemi Covid-19. “Karena itu, syiar Muktamar harus digemakan dan salah satu caranya adalah melalui touring yang diadakan KOKAM Wilayah DIY bersama dengan Tapak Suci dan Hizbul Wathan ini,” tutur Kang Soni.

Para peserta touring juga terlihat sangat gembira dan menikmati kegiatan ini. Terlebih, menurut Kang Soni, jarang sekali teman – teman KOKAM mengadakan kegiatan santai di luar kegiatan formal macam apel siap siaga dan latihan bersama, sehingga kegiatan touring bersama semacam ini dan acara senang – senang seperti tadabbur alam atau sejenisnya sangat langka. Maka dari itu, touring hari ini diharapkan dapat menjadi spirit untuk menambah semangat bermuhammadiyah, terutama di KOKAM, Tapak Suci, dan Hizbul Wathan.

Alhamdulillah, touring ini bisa menggembirakan dakwah Muhammadiyah, begitu juga dengan anggota kami sendiri. Bahkan, ada juga yang membawa istri dan anaknya, ini sangat bagus untuk mengkader dan mengenalkan Muhammadiyah kepada anak – anak sejak dini,” ujarnya.

Kang Soni dalam touring ini berpesan kepada segenap anggota KOKAM untuk tetap bergembira dalam bermuhammadiyah, selalu istiqomah dalam dakwah yang menggembirakan, dan menjaga marwah persyarikatan. Ia juga berharap semoga Muktamar 48 nanti mendapatkan sosok pemimpin yang bisa menjadi nakhoda bagi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah menjadi lebih bagus lagi untuk berkontribusi kepada bangsa dan negara.

Tak ketinggalan, Kang Soni juga mengapresiasi pengawalan yang dilakukan POLDA DIY selama touring berlangsung. Serta berterima kasih kepada KOKAM Wilayah Jawa Tengah dan Daerah Sukoharjo yang menyambut rombongan touring dari DIY.

Kemudian, Ketua Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah (PWPM) DIY Anton Nugroho yang juga ikut hadir dalam touring tersebut turut bersyukur atas kelancaran kegiatan tersebut. Pada kesempatan yang sama, Anton juga juga menyatakan kesiapan AMM DIY untuk menyambut Muktamar.

Insyaallah, dari AMM DIY siap untuk menyukseskan dan mendukung sepenuhnya pelaksanaan Muktamar Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah,” katanya. Anton juga berharap pelaksanaan Muktamar 48 nanti menjadi sebuah dinamika bermuhammadiyah dan dalam perjalanannya Muktamar diharapkan bisa sukses dan lancar.

Sementara itu, Wakil Ketua PWM DIY Untung Cahyono saat melepas rombongan touring dari PWM DIY, berharap agar perjalanan ini bisa menggemakan dakwah yang menggembirakan, merekatkan ukhuwah sekaligus menjadikan Muhammadiyah tetap sebagai yang terdepan dan berkemajuan. (*)


Wartawan: Dzikril Firmansyah

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here