News

News

MediaMU.COM

May 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Haedar Nashir: Muhammadiyah Ada Karena Panggilan Ilahi, Tak Akan Lelah Bangun Peradaban Timur Tengah Memanas, Dubes RI untuk Lebanon Soroti Dampak Bagi Stabilitas Global MTT PWM DIY Gelar Pelatihan Penentuan Arah Kiblat Metode Rashdul Qiblat Resmi Dikukuhkan, Dua Guru Besar UMY Teliti Anomali Psikologis Pelajar Revisi UU Penyiaran Mengkhawatirkan, Ilmu Komunikasi UMY Serukan Penghentian Perkuat Kolaborasi Internasional, UMY Teken MoU Dengan Provinsi Tawi-Tawi, Filipina Dosen UMY Raih Penghargaan Terbaik 1 Bidang Kesehatan dalam Anugerah Academic Leader 2024 Tasyakur Milad 107 ‘Aisyiyah, PWM DIY Harap ‘Aisyiyah Punya TK ABA Unggulan Ratusan Kader ‘Aisyiyah DIY Hadiri Tasyakur Milad ke-107: Refleksi Perjalanan Panjang ‘Aisyiyah Ridwan Furqoni Dukung Dakwah Inklusi ‘Aisyiyah untuk Jangkau Semua Kalangan Rachmawati Husein: Dakwah Kemanusiaan ‘Aisyiyah adalah Upaya Mengentaskan Keyatiman Dosen Ilmu Pemerintahan UMY: Muhammadiyah Dibutuhkan Dalam Penanganan Isu Kemanusiaan Sah! Inilah Susunan Personel DPP IMM Periode 2024-2026 Soroti Fenomena Feminisida, Tri Hastuti: 'Aisyiyah Dorong Relasi Sosial Tanpa Kekerasan UMY Kembali Gelar Kampanye Kesehatan Mental “Stop Bullying dan Kekerasan Seksual” Kolaborasi Lazismu, MPKU, dan USAID Sediakan Rumah Singgah bagi Ibu Hamil Pesan Haedar Nashir di Hari Kebangkitan Nasional: Momentum Menegakkan Kedaulatan Indonesia Tidak Biasa! Milad 107 Aisyiyah Diperingati dengan Berlari Bareng Sejauh 10,7 Km Kenal Dekat dengan PRM UGM: PRM Berbasis PTN yang Pertama di Yogya Inilah Pentingnya Keberadaan Ranting untuk Dakwah Muhammadiyah

DPD IMM DIY Soroti Fenomena Gender dan “Biren” dalam Musywil XII ‘Aisyiyah

SLEMAN – Musyawarah Wilayah (Musywil) XII ‘Aisyiyah Daerah Istimewa Yogyakarta telah ditutup pada hari Ahad (19/2) dan menetapkan Widiastuti, S.Ag., M.M. sebagai ketua dan Jamilatus Saudah, S.P. sebagai Sekretaris Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah (PWA) D.I. Yogyakarta masa bakti 2022-2027. Selain menetapkan ketua dan sekretaris, ditetapkan juga beberapa nama formatur untuk menyusun struktur kepemimpinan sekaligus program kerja PWA DIY lima tahun mendatang.

Sebagai salah satu organisasi otonom, Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (DPD IMM) Daerah Istimewa Yogyakarta juga turut terlibat dalam proses musyawarah. Pada sidang Musywil ‘Aisyiyah ini, DPD IMM DIY mengutus Laili Isna Fatkhurrahmah selaku Sekretaris Bidang Immawati dan Yeyen Febrilia selaku Sekretaris Bidang Riset dan Pengembangan Keilmuan.

Dalam kesempatan penyampaian laporan ortom dan tanggapan serta saran kepada kinerja PWA, Laili Isna memaparkan tentang progres Pusat Studi Mernissi IMM DIY yang telah melangsungkan agenda Mernissi Bootcamp beberapa waktu lalu.

Didirikannya Pusat Studi Mernissi IMM DIY, terang Isna, adalah ikhtiar IMM untuk melahirkan kesadaran kader guna melakukan berbagai upaya demi tercapainya keadilan gender di berbagai ranah baik di ranah keluarga, masyarakat, kebangsaan, utamanya di tubuh IMM sendiri. Salah satu bentuk program lanjutan dari Mernissi Bootcamp demi mencapai tujuan itu adalah dengan membentuk focal point yang berfokus pada pendampingan kasus-kasus kekerasan dan pelecehan seksual.

“IMM mengharapkan dukungan Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah DIY dalam melancarkan agenda-agenda keperempuanan dan pendampingan terhadap kasus-kasus kekerasan seksual di Yogyakarta,” kata Isna.

Lebih lanjut, Isna juga menyampaikan beberapa hal yang menjadi sorotan IMM DIY. Dua hal di antaranya yakni fenomena gender dan fenomena biren ‘rabi leren’, yakni hilangnya kemauan kader untuk melanjutkan pengabdian dan perjuangan setelah dirinya menikah. Menurut Isna, fenomena biren adalah bentuk kegagalan kader Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah.

“Fenomena biren adalah bentuk kegagalan kader Muhammadiyah dalam memahami serta menginterpretasikan tauhid dan perjuangan Muhammadiyah, terutama ‘Aisyiyah, sebagai wadah kader-kader muda perempuan untuk melangsungkan perjuangan dakwah Persyarikatan. Fenomena ini harus menjadi perhatian ‘Aisyiyah utamanya untuk memastikan regenerasi kepemimpinan ‘Aisyiyah di masa yang akan datang,” tegas Isna. (*)

 Materi berita ini diterima Mediamu.id dari DPD IMM D.I. Yogyakarta

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here