News

News

MediaMU.COM

May 9, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Mahasiswa UAD Tuntut Palestina Merdeka, Presiden BEM UAD: Negara Arab Jangan Cuma Peduli Minyak Saja! Ikut Aksi Bela Palestina, Rektor UAD: Anak Kecil Juga Pedih dengan Penderitaan Palestina Serukan Dukungan Palestina Merdeka, Dosen UAD: Pro Israel Hukumnya Haram Mughallazah Aksi Bela Palestina Menggema di Seluruh Kampus Muhammadiyah dan Aisyiyah Nasyiatul Aisyiyah gelar ToT Fasilitator Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak untuk Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat 1000 Cahaya: Muhammadiyah Gerakkan Ranting Hingga Sekolah untuk Cegah Krisis Iklim Keluarga Alumni UAD Hadiri Syawalan: Taburkan Maaf, Sucikan Hati, Eratkan Tali Persaudaraan Perguruan Tinggi Muhammadiyah - Aisyiyah Bakal Gelar Aksi Serentak Bela Palestina Perkuat Dakwah, Warga Muhammadiyah Bantul Hadiri Syawalan dan Pelepasan Ratusan Jamaah Haji K.H. Harun Abdi Manaf: Banggalah Menjadi Warga Muhammadiyah dan Pegawai AUM Gelar Syawalan dan Silatnas, IPM Luncurkan Inovasi dan Rencana Masa Depan Menjanjikan Syawalan PCM Kalasan Bahas Diplomasi Makanan Sebagai Upaya Melenturkan Dakwah Berkemajuan Syawalan PCM Gamping, dr. Agus Taufiqurrahman: Dakwah Muhammadiyah Tidak Selesai di Lisan Pentas Dakwah Seni Budaya Meriahkan Syawalan PCM Gamping Dalam Syawalan dan Family Gathering, IMM UGM Bersatu dan Bersilaturahmi Resmi Terpilih Jadi DPD RI, Syauqi Soeratno Siap Bawa Muhammadiyah dan Jogja Lebih Istimewa Sukses Antar Syauqi Soeratno ke DPD RI, PWM DIY Songsong Pilkada 2024 Ahmad Syauqi Soeratno Jadi Senator DIY Terpilih, Relawan Tasyakuran Besar-besaran Kembali Rebut 3 Poin di Liga 3, PSHW UMY Pertahankan Ritme Permainan Timnas U-23 Gagal Kalahkan Irak, Haedar Nashir: Masih Ada Asa

Tingkatkan Minat Baca, Ralina Tunas Cendekia Gandeng Penerbit Erlangga Adakan Giat Literasi

KULON PROGO – Atas kerja dengan Penerbit Erlangga, Rumah Literasi Nasyiah (Ralina) Tunas Cendekia adakan Giat Literasi Pada hari Sabtu, 25 November 2023. Tema yang diangkat adalah “Gemar Membaca: Bikin Anak Jadi Jempolan!”.

Kegiatan bersama ini dilatar belakangi data Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, bahwa nilai Tingkat Kegemaran Membaca Kabupaten Kulon Progo pada Tahun 2022 adalah 49,71 atau masuk kategori sedang. Nilai tersebut jika dibandingkan dengan tahun 2021 terdapat peningkatan sebesar 5,20 dari 44.51.

Untuk itu, sebagai apresiasi atas peningkatan minat baca masyarakat Kabupaten Kulon Progo tersebut. Penerbit Erlangga, Solidaritas Erlangga (Soga) dan Ralina Tunas Cendekia melaksanakan kegiatan Giat Literasi Keliling Nusantara bersama anak-anak Dusun III Garongan, Kecamatan Panjatan Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta.

Ralina Tunas Cendekia sendiri adalah rumah baca milik Nasyiatul Aisyiyah yang diluncurkan pada 20 Mei 2018. Hingga saat ini, banyak program yang telah dilaksanakan di Ralina antara lain program pemberdayaan perempuan berupa pelatihan–pelatihan yang sesuai dengan potensi dan  kebutuhan warga setempat, pertunjukan seni peran, dan lainnya.

Sementara itu, dari Penerbit Erlangga sendiri, Giat Literasi di Kulon Progo ini adalah lokasi yang ke-8, setelah sebelumnya diselenggarakan di Bantar Gebang (Bekasi), Pulau Pramuka (Kepulauan Seribu DKI Jakarta, Garut (Jawa Barat, Ciamis (Jawa Barat), Gowa (Sulawesi Selatan), dan Rembang (Jawa Tengah), Trenggalek (Jawa Timur).

Kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 100 peserta siswa KB, TK dan SD. Erlangga Giat Literasi memuat acara mulai dari kegiatan mendongeng oleh Kak Bimo, lomba mewarnai, penampilan seni dan budaya, dan penanaman pohon di area TBM.

Irving William P.W. Manajer Marketing Nasional Penerbit Erlangga mengatakan Erlangga Giat Literasi Keliling Nusantara menjadi bagian dari kontribusi Erlangga dalam mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) yakni dalam upaya menumbuhkan minat baca anak dan mutu pendidikan Indonesia.

Irving menambahkan, Erlangga Giat Literasi Keliling Nusantara menyasar pada sekolah-sekolah, taman baca masyarakat, komunitas literasi yang berada di daerah pelosok di Indonesia.

“Pesan yang ingin kami gaungkan adalah mari bersama kita mulai menanamkan literasi sejak usia dini, karena di tangan anak-anak inilah Indonesia akan  bertumpu,” ucapnya.

Sedangkan, Romi Astanti selaku Ketua Pengelola Ralina Tunas Cendekia berharap agar kegiatan kolaborasi serupa dapat sering diadakan, dengan berbagai pihak yang peduli dengan literasi anak dan masyarakat. Terlebih lagi, Ralina merupakan salah satu program khusus dari Nasyiatul Aisyiyah yang khusus dilahirkan untuk memasyarakatkan literasi di akar rumput cabang dan ranting.

“Ralina di sini statusnya adalah pilot project dari PP  Nasyiatul Aisyiyah. Nantinya dari embrio RALINA Tunas Cendekia, diharapkan Rumah Literasi Nasyiah bisa menyebar ke seluruh Indonesia. Mewarnai Indonesia dengan literasi.”, tandas Romi.

 

 

Berita ini diterima mediamu.com dari Tim Ralina Tunas Cendekia Kulon Progo
Wartawan: Fatan Asshidqi

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here