News

News

MediaMU.COM

Jul 17, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
PCM Kalasan Jadikan Tahun Baru Hijriah Sebagai Momen Refleksi dan Penguatan Dakwah Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: Jika Otak Pintar dan Akhlak Baik Disatukan, Indonesia akan Maju Arif Jamali Muis: Center of Excellent Muhammadiyah Dimulai dari Gunungkidul Prihatin Kondisi Pengelolaan Sampah Ternate, Pemuda Lintas Iman Susun Rekomendasi untuk Pemerintah Ternate Guru Besar UAD Bicarakan Tantangan Kosmetik Halal di International Pharmacy Summer School UMY Ketua PPNI Bireuen Apresiasi Atas Berhasilnya Ummah Raih Akreditasi Baik Sekali  Dorong Peningkatan Ekonomi Umat, Lazismu Pusat Dan PWM Aceh Kerjasama Dengan Bank Danamon Syariah  Selamat Jalan Bu Ahang, Kami Semua Ikhlas PWA DIY Gelar EMKAES TOP, Upayakan Bersama Kebahagian Lansia Ibu Nahar Miladi Dimakamkan, Satu Lokasi dengan Mantan Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir Sampaikan Duka Cita atas Wafatnya Nahar Miladi Mahasiswa UMY Kembangkan Ekstrak Kulit Pohon Bangkal untuk Obati Kanker Payudara Anak Muda Mengaji: Inovasi AMM Depok dalam Kegiatan Mengaji untuk Gen-Z KABAR DUKA: Istri Sekretaris PWM DIY Meninggal Dunia  Gelar Pelatihan Jurnalistik, MPI DIY Siapkan Aktivis Media Muhammadiyah di Daerah dan Cabang Rayakan Milad ke-22 Tahun, Lazismu Siap Berkontribusi Pada Pembangunan Berkelanjutan Penuhi Undangan Dialog Yayasan Kristen, Haedar Nashir Bicara Gagasan Moderasi Beragama Agung Danarto: Muhammadiyah Butuh Kader Berkualitas Untuk Umat, Bangsa, dan Manusia Dalam Apel Akbar Nasional Kokam, Haedar Nashir Tegaskan Kiprah Muhammadiyah untuk Bangsa Upayakan Penanganan Bullying di Kalangan Pelajar, PP IPM Gelar Sekolah Adil Gender

Tim PKM-PM UAD Gelar Sosialisasi dan Edukasi Mitigasi Bencana di SDUA Bantul

BANTUL - Tim Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Pengabdian Masyarakat (PKM-PM) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dari Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) menggelar sosialisasi dan edukasi bencana dengan tema “Anak Sekolah Siaga Bencana” di SD Unggulan Aiyiyah Kabupaten Bantul (SDUA). Sosialisasi dan edukasi mitigasi bencana tersebut diselenggarakan pada hari Senin (27/5).

Diketuai oleh Aida Calista Uparengga, tim ini terdiri dari 3 anggota. Ketiga anggota tersebut adalah Baiq Najwa Raissa, Nanda Puspita dan Qorni Syihab Alfaritzi. Mereka dibimbing oleh dosen pembimbing Oktomi Wijaya, S.K.M., M.Sc.  Sosialisasi dan edukasi mitigasi bencana tersebut merupakan bagian dari kegiatan PKM-PM yang telah didanai oleh Kemendikbudristek dengan judul “Nalaria (Navigasi Belajar Siaga Bencana): Edutainment bencana alam untuk sekolah dasar”.

Aida Calista Uparengga menyampaikan bahwa tujuan sosialisasi dan edukasi mitigasi bencana ini adalah untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman siswa tentang upaya mitigasi dan kesiapsiagaan bencana. “Upaya penyadaran mitigasi bencana perlu ditanamkan sejak dini pada anak sebagai langkah awal membangun masyarakat tangguh bencana” ucapnya.

Kegiatan ini diikuti oleh 30 orang siswa dan didampingi oleh koordinator satuan pendidikan aman bencana (SPAB) SDUA Bantul, Febti Nurma Juwita, A.Md.Keb. Materi edukasi yang disampaikan adalah mitigasi berbagai bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, erupsi gunung berapi, banjir, angin kencang, dan kebakaran. Siswa diajarkan tentang apa yang harus dilakukan sebelum, saat, dan sesudah terjadi bencana. Selain itu, dalam kegiatan ini juga diberikan materi kesiapsiagaan bencana. Siswa dikenalkan tas siaga bencana dan apa saja isinya. Setelah penyampaian materi, siswa juga dibekali dengan buku saku siaga bencana sehingga mereka dapat kembali mempelajarinya di rumah.

Febti Nurma Juwita, A.Md.Keb. selaku koordinator SPAB SDUA Bantul mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada tim PKM-PM UAD yang telah berbagi ilmu tentang mitigasi dan kesiapsiagaan bencana kepada para siswa. “Kegiatan edukasi mitigasi bencana ini sangat bermanfaat sekali serta materi yang disampakan tim PKM-PM UAD ini juga mendukung materi IPAS kelas 5 SD kurikulum merdeka tentang peristiwa alam yang memicu bumi berubah” ucapnya.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here