News

News

MediaMU.COM

Apr 18, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: RS Muhammadiyah Berazaskan Kasih Sayang, Berpihak Pada Dhuafa Jamu PP Aisyiyah, Haedar Nashir Berpesan Untuk Dekatkan Dakwah dengan Masyarakat Lazismu bersama MPM PP Muhammadiyah Salurkan 1000 Paket Zakat Fitrah dan Fidyah Abdul Mu'ti: Jadikan Idulfitri Momentum Rekonsiliasi Sosial Ketua PP Muhammadiyah Prihatin Korupsi Subur di Tengah Masyakarat yang Religius Haedar Nashir: Puasa Momentum Seimbangkan Hidup dengan Sikap 'Tengahan' Warga Muhammadiyah Lokshumawe Shalat Id Serentak di Halaman Masjid At-Taqwa Taawun Sosial Ramadan PWA DIY: Berbagi Berkah dan Pesan Kebajikan Muhammadiyah DIY Siapkan 718 Lokasi Sholat Idulfitri 1445 H, Ini Daftarnya Layani Para Pemudik, RS PKU Muhammadiyah Bantul Sediakan 3 Posko Kesehatan PDPM Sleman Tebar Kebaikan Ramadhan Bersama Steps2 Allah London di Ponpes Abu Dzar Al Ghifari Gamping Dayah Modern Ihyaaussunnah Kota Lhokseumawe Sukse Gelar Intensive Qur’anic Camp Kunjungi Pos MudikMU Masjid Ahmad Dahlan Pundong, Sekretaris PWM DIY Apresiasi Fasilitas Layanan yang Tersedia MPKU dan Klinik PKU Bambanglipuro Bersinergi dalam Program Muhammadiyah Menyapa Muhammadiyah Umumkan Idul Fitri 1445 H Jatuh Pada Rabu 10 April 2024 Tetap Bertugas di Lebaran, RS PKU Muhammadiyah Yogya Siap Beri Pelayanan Maksimal

Tanamkan Karakter dan Nilai Keagamaan Siswa Sejak Dini, SDN Bakulan Giatkan One Day One Juz

BANTUL - Karakter merupakan sebuah garda terdepan dalam membentuk jati diri generasi muda. Tidak hanya pada orang dewasa akan tetapi karakter harus dipupuk dan ditanamkan sejak dini pada diri anak-anak usia sekolah dasar.Untuk membangun karakter dan menanamkan nilai-nilai keagaman pada diri peserta didik, pada bulan Ramadhan ini SD N Bakulan memiliki program “One Day One Juz”.

Program “One Day One Juz” adalah salah satu program yang dilaksanakan untuk menanamkan cinta Al-Qur’an pada diri setiap peserta didik, yang nantinya diharapkan akan membawa dampak positif dan bisa membangun kebiasan membaca Al-Qur’an. Program ini dilaksanakan setiap pagi selama bulan ramadhan secara bersama-sama dan diikuti oleh seluruh warga sekolah, termasuk kepala sekolah, guru, karyawan, dan semua peserta didik dari kelas 1 sampai dengan kelas 6.

Adapun teknis pembacaan di kelas diserahkan kepada guru yang mendampingi, apakah dibaca bergantian atau dibaca secara langsung bersamaan setiap kelompok. Program ini tidak hanya menanamkan kebiasaan baik untuk membaca Al-Qur’an akan tetapi juga mengajarkan semua peserta didik untuk membangun kebersamaan dan Kerjasama sesuai dengan profil pelajar Pancasila. Dalam mendukung program tersebut, diperlukan sarana memadai agar tujuan yang diharapkan dapat tercapai. Adapun sarana yang dibutuhkan adalah Al Quran yang akan dibaca oleh peserta didik.

Dengan dilaksanakannya program “One Day One Juz” baik peserta didik, guru maupun sekolah mendapatkan manfaatnya baik secara langsung maupun tidak langsung. Secara langsung, bagi pendidik sebagai bentuk ibadah sekaligus ikut mensukseskan gerakan mencintai Al Quran. Sedangkan bagi murid dapat membiasakan kembali mereka untuk membaca Al Quran. Sehingga kelancaran dan kefasihan mereka dalam membaca Al Quran dapat terjaga dan yang terpenting dari itu semua dapat menciptakan pelajar yang beriman bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak mulia, serta mencintai Al Quran.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here