News

News

MediaMU.COM

Apr 27, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK Inilah Makna Syawalan Bagi Cabang Ranting dan Masjid Berkemajuan Sukses di DPD RI, PWM DIY Siapkan Kader-kader Terbaiknya di Pilkada Serentak 300 Warga Muhammadiyah Ngaglik Hadiri Syawalan, Siap Bangun SMP Muhammadiyah yang Pertama Timnas U-23 Menang Lawan Australia Berkat Mahasiswa Muhammadiyah, Inilah Komentar Syauqi Soeratno Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: RS Muhammadiyah Berazaskan Kasih Sayang, Berpihak Pada Dhuafa

Tak Sekadar Kata, Muhammadiyah Konkret Kirim Bantuan Untuk Rakyat Palestina

YOGYAKARTA - Dukungan Muhammadiyah pada rakyat Palestina dalam memperjuangkan kemerdekaanya bukan hanya sekadar kata, tapi juga diwujudkan dalam bantuan konkret baik moral maupun material. Meski tak dapat dikesampingkan bahwa dukungan dalam bentuk retorika juga mempunyai nilai arti tersendiri di samping dukungan lain.

Demikian disampaikan Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Syafiq Mughni, pada Rabu (1/11) dalam siaran pers Penyerahan Bantuan Rakyat Indonesia untuk Palestina yang berlangsung di RS PKU Muhammadiyah Gamping.

Bantuan ini adalah tanda kesungguhan Muhammadiyah dalam membantu rakyat Palestina menghadapi situasi sulit saat ini. Selain itu, menurut Syafiq, bantuan kemanusiaan seperti ini adalah tradisi dalam Muhammadiyah. 

“Sudah menjadi tradisi di Muhammadiyah dalam memberikan bantuan, yang ini sudah kita lakukan sejak beberapa tahun yang lalu,” ucap Syafiq.

Syafiq menekankan bahwa jenis bantuan yang disalurkan oleh Muhammadiyah untuk Palestina meliputi berbagai bentuk bantuan, mulai dari pelayanan kesehatan, bantuan sosial, hingga fasilitas pendidikan untuk rakyat Palestina.

“Kita juga memberikan bantuan kemanusiaan bagi masyarakat di sana yang mengalami penjajahan dari Israel itu,” tambahnya.

Selain bantuan yang telah disebutkan, Muhammadiyah juga telah merancang dua program bantuan lain yang akan diserahkan pada periode kedua. Pertama, program pembangunan perdamaian untuk meningkatkan ketahanan terhadap bencana di kalangan pemuda Palestina. Kedua, program pengembangan komunitas dalam bentuk pelatihan bagi 400 ibu-ibu Palestina, yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian mereka dengan pemberian dana modal dari Muhammadiyah.

Lebih lanjut, Syafiq mengungkapkan bahwa Muhammadiyah sedang berkomunikasi dengan WHO dan Palang Merah Internasional untuk mengirim relawan ke Palestina. Relawan yang nantinya diterjunkan akan melakukan asesmen awal sebelum pengiriman bantuan.

“Kita sesungguhnya akan mengirim beberapa orang untuk memantau situasi, mempelajari kondisi on the ground di sana, dan kemudian kita akan mengirimkan relawan untuk memberikan bantuan kepada masyarakat Gaza yang sedang mengalami penderitaan,” sambungnya.

Syafiq Mughni menyampaikan terima kasih atas dukungan dari semua pihak, baik dalam bentuk doa maupun dukungan finansial. Bantuan dari berbagai pihak sangat dibutuhkan oleh rakyat Palestina yang saat ini tengah berjuang di tengah tekanan penjajahan Israel.

Berita ini disadur mediamu.com dari muhammadiyah.or.id dengan artikel berjudul Bantuan Muhammadiyah untuk Rakyat Palestina Konkret Tidak Sekadar Wacana.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here