News

News

MediaMU.COM

Jul 17, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
PCM Kalasan Jadikan Tahun Baru Hijriah Sebagai Momen Refleksi dan Penguatan Dakwah Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: Jika Otak Pintar dan Akhlak Baik Disatukan, Indonesia akan Maju Arif Jamali Muis: Center of Excellent Muhammadiyah Dimulai dari Gunungkidul Prihatin Kondisi Pengelolaan Sampah Ternate, Pemuda Lintas Iman Susun Rekomendasi untuk Pemerintah Ternate Guru Besar UAD Bicarakan Tantangan Kosmetik Halal di International Pharmacy Summer School UMY Ketua PPNI Bireuen Apresiasi Atas Berhasilnya Ummah Raih Akreditasi Baik Sekali  Dorong Peningkatan Ekonomi Umat, Lazismu Pusat Dan PWM Aceh Kerjasama Dengan Bank Danamon Syariah  Selamat Jalan Bu Ahang, Kami Semua Ikhlas PWA DIY Gelar EMKAES TOP, Upayakan Bersama Kebahagian Lansia Ibu Nahar Miladi Dimakamkan, Satu Lokasi dengan Mantan Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir Sampaikan Duka Cita atas Wafatnya Nahar Miladi Mahasiswa UMY Kembangkan Ekstrak Kulit Pohon Bangkal untuk Obati Kanker Payudara Anak Muda Mengaji: Inovasi AMM Depok dalam Kegiatan Mengaji untuk Gen-Z KABAR DUKA: Istri Sekretaris PWM DIY Meninggal Dunia  Gelar Pelatihan Jurnalistik, MPI DIY Siapkan Aktivis Media Muhammadiyah di Daerah dan Cabang Rayakan Milad ke-22 Tahun, Lazismu Siap Berkontribusi Pada Pembangunan Berkelanjutan Penuhi Undangan Dialog Yayasan Kristen, Haedar Nashir Bicara Gagasan Moderasi Beragama Agung Danarto: Muhammadiyah Butuh Kader Berkualitas Untuk Umat, Bangsa, dan Manusia Dalam Apel Akbar Nasional Kokam, Haedar Nashir Tegaskan Kiprah Muhammadiyah untuk Bangsa Upayakan Penanganan Bullying di Kalangan Pelajar, PP IPM Gelar Sekolah Adil Gender

SBMPTMu Buka Peluang Calon Maba yang Tidak Lolos UTBK-SNBT

YOGYA - Bagi para calon mahasiswa yang belum berhasil dalam Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2024, harapan untuk melanjutkan pendidikan tinggi tetap terbuka lebar. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Muhammadiyah/ ‘Aisyiyah (SBMPTMu) 2024  hadir sebagai alternatif yang bisa dipilih oleh pelajar dan orangtua/wali. Seleksi bersama ini menjadi peluang besar bagi para calon Mahasiswa Baru (Maba) untuk bisa bergabung di Perguruan Tinggi Muhammadiyah/’Aisyiyah yang juga tidak kalah kualitasnya dengan Perguruan Tinggi Negeri

SBMPTMu ini sendiri merupakan seleksi bersama penerimaan mahasiswa baru di lingkungan Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan 'Aisyiyah (PTMA) yang diinisiasi oleh Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat Muhammadiyah. 

Dinasti Pudang Binoriang, M.Kep., Ns., Sp. Kep.Kom selaku panitia SBMPTMu sekaligus Dosen Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menyampaikan bahwa sebagai kaum terdidik tentunya memiliki kemampuan analitik yang tajam, tentu harus bersemangat dalam memperjuangkan mimpi untuk melanjutkan ke pendidikan tinggi. 

“Dengan adanya program seleksi ini menjadi alternatif yang menjanjikan untuk calon mahasiswa baru dalam menggapai cita-cita. Seperti pepatah “banyak jalan menuju roma”, maka salah satu jalan yang terbuka lebar untuk mewujudkan cita-cita saudara adalah melalui SBMPTMu,” tutur Pudang saat dihubungi tim humas via Whatsapp Pada Jum’at (14/6).

Program SBMPTMu ini mencakup 122 Perguruan Tinggi Muhammadiyah/ ‘Aisyiyah (PTMA) yang tersebar di seluruh Indonesia dan menawarkan lebih dari 500 program studi. Ini menjadi peluang emas bagi calon mahasiswa untuk bisa diterima di program studi yang diimpikan. Adapun pendaftarannya terbagi menjadi dua gelombang di tahun 2024 ini.

Pendaftaran SBMPTMu saat ini telah memasuki gelombang kedua dengan jadwal sebagai berikut: Program studi Kedokteran dan Kedokteran Gigi, pendaftaran dari 20 Mei - 16 Agustus 2024, dengan pengumuman pada 23 Agustus 2024. Program studi lainnya, pendaftaran dari 20 Mei - 16 Agustus 2024, dengan sistem pengumuman layanan satu hari (One day service).

Kemudahan dalam proses pendaftaran menjadi salah satu keunggulan SBMPTMu. Calon mahasiswa hanya perlu mengunggah nilai rapor semester 1-5, pas foto berwarna, serta kartu identitas (KTP/ Paspor/ SIM). Langkah ini memudahkan calon mahasiswa untuk memilih PTMA tujuan, baik di dalam maupun di luar domisili. Pendaftaran dapat dilakukan melalui situs resmi SBMPTMu di https://daftar.sbmptmu.id dan mengikuti alur pendaftaran mulai dari pengisian formulir hingga pengumuman kelulusan sesuai dengan PTMA yang dipilih.

Peserta yang memilih program studi Pendidikan Dokter dan Dokter Gigi memiliki kesempatan untuk memilih tiga program studi di PTMA yang berbeda dan mengikuti ujian di lokasi terdekat. Sementara itu, peserta yang memilih program studi lainnya dapat memilih hingga empat program studi pada PTMA yang sama atau berbeda di seluruh Indonesia.

Kesuksesan Gen Z dalam meraih gelar sarjana memerlukan persiapan yang matang, dimulai dari memilih perguruan tinggi yang tepat berdasarkan reputasi, infrastruktur, lokasi, biaya, dan potensi diri. Semua variabel tersebut tersedia lengkap di 122 PTMA yang menjadi bagian dari SBMPTMu 2024. 

“Dengan slogan ‘Satu SBMPTMu untuk Indonesia’, diharapkan dapat membantu mengantarkan generasi muda menuju Indonesia Emas 2045, penuh dengan semangat dan kesiapan yang matang,” tutup Pudang

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here