News

News

MediaMU.COM

Apr 30, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Timnas Indonesia Kalah Atas Uzbekistan, Haedar Nashir Beri Semangat: Kalian Pahlawan Bangsa Tanpa Mahkota! Ramai Gelar Nobar Timnas U-23, Dosen UMY Beri Penjelasan Begini Rektor Berharap PSHW UMY Jadi Kebanggan Pemuda dan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Amanatkan Jaga Tradisi Syawalan, Haedar Nashir: Identitas Kita Sebagai Bangsa Haedar Nashir Tegaskan Muhammadiyah Netral dalam Politik, Ingatkan Semua Pihak Berintrospeksi Atasi Perubahan Iklim, MLH PP Muhammadiyah Tanam 1000 Pohon Mangrove Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK Inilah Makna Syawalan Bagi Cabang Ranting dan Masjid Berkemajuan Sukses di DPD RI, PWM DIY Siapkan Kader-kader Terbaiknya di Pilkada Serentak 300 Warga Muhammadiyah Ngaglik Hadiri Syawalan, Siap Bangun SMP Muhammadiyah yang Pertama Timnas U-23 Menang Lawan Australia Berkat Mahasiswa Muhammadiyah, Inilah Komentar Syauqi Soeratno

Sambut Tahun 2024, RunnerMu Lari Sejauh 20,24 Km

Para peserta lari bersama RunnerMu sambut 2024. Foto: RunnerMu

YOGYA - Menyambut tahun 2024 masehi, sejumlah warga Muhammadiyah melakukannya dengan cara yang unik. Seperti yang dilakukan para pelari dari Runner Muhammadiyah atau RunnerMu, dengan mengadakan Run & Walk sejauh 20,24 Km, pada Ahad (31/12). 

Kegiatan ini diikuti sekitar 200 peserta, dengan berlari mengitari jalanan di luar komplek Kampus 4 Universitas Ahmad Dahlan. Start pada pukul 05.00 pagi, para peserta tampak berlari penuh semangat untuk menutup tahun 2023 dengan fisik atau jiwa yang sehat dan kuat. 

Kegiatan berlari ini terlaksana berkat kerja sama dengan UAD Runner, didukung oleh Bidang SBOP Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kota Yogyakarta.

“Hari ini adalah kegiatan untuk tahun 2023, kita tutup dengan kegiatan lari bersama-sama ini,” ucap Afdin, Anggota Komunitas RunnerMu. 

Jarak yang diambil pada lari bersama ini adalah 20,24, sesuai dengan tahun 2024 yang akan datang di esok hari.

“Kami mengadakannya dengan jarak 20,24 km, karena itu sesuai tahyun 2024 yang akan kita masuki bersama. U kami tidak memaksakan jarak 20,24 km sekuatnya. Jadi lari hari ini kami kasih judul ‘Mlayu Mlaku Bareng Sak Kuate’,” kata Guru ISMUBA SD Muhammadiyah Bodon itu.

Sementara dari UAD selaku tuan rumah turut antusias dengan lari bersama ini dalam menyongsong tahun 2024 masehi. Terbukti, dengan ikutnya para mahasiswa, alumni, dan jajaran civitas akademika UAD turut menambah keseruan lari bersama RunnerMu. 

“Harapannya, kegiatan ini akan menjadi titik awal UAD menjadi green campus dan juga kampus sehat. Insya Allah ini menjadi penyemangat bagi UAD untuk menyiapkan fasilitas olahraga yang lebih bagus lagi ke depan,” kata pegiat UAD Runner, Prof. Dr. Ir. Anton Yudhana S.T., M.T., Ph.D. 

Senada dengan Anton, Wakil Rektor UAD Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Gatot Sugiharto, S.H., M.H. mengapresiasi digelarnya kegiatan lari bersama RunnerMu dan UAD Runner serta komunitas pelari di DIY. 

“Saya rasa ini sangat bagus ke depan bagi Muhammadiyah dengan tujuan membudayakan olahraga dan hidup sehat. Semoga ini akan terus berkembang dan saya berharap dibudayakan dan diwadahi nanti komunitas-komunitas macam RunnerMu dan lainnya,” tutur Ketua Lembaga Pengembangan Olahraga (LPO) PP Muhammadiyah tersebut. 

Beberapa pelari ada yang berhasil mencapai target menempuh jarak 20,24 Km. Salah satunya, Ahmad yang juga antusias mengikuti lari bersama menuju 2024 ini.

“Alhamdulillah dengan diadakannya acara ini dari RunnerMu sama UAD Runner bisa menjalin silaturahmi warga-warga Muhammadiyah maupun umum dalam rangka berolahraga bersama. Harapannya, di tahun-tahun berikutnya bisa rutin diadakan kegiatan serupa. Nggak harus kegiatan lari, tapi olahraga yang lain,” ujar pegiat lari asal Bantul itu. (*) 

Wartawan: Dzikril Firmansyah 

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here