News

News

MediaMU.COM

Jun 14, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Eco Bhinneka Muhammadiyah dan Majelis Sinode GPIB Perkuat Kerjasama Lestarikan Lingkungan GreenFaith x Eco Bhinneka Muhammadiyah Belajar Merawat Bumi Melalui Rumah Ibadah Saat Parkiran Basement PDM Jogja Disulap IPM DIY Jadi Tempat Nobar Timnas, Bawa Kemenangan untuk Garuda Pemilu Sukses, IMM DIY Dukung KPU DIY untuk Pilkada PCIM Tiongkok Bersama Anwar Abbas Kunjungi CIA, Jalin Silaturahmi dan Kerja Sama Gol Mahasiswa Muhammadiyah Antarkan Timnas Indonesia Menuju Piala Dunia 2026 Inovatif! Dosen UMY Kembangkan Rekayasa Teknologi untuk Olahraga Lempar Pisau Muhammadiyah Yakin Timnas Indonesia Bisa Lolos ke Piala Dunia 2026 Ibu-Ibu 'Aisyiyah Mergangsan Belajar Olah Mocaf Jadi Cemilan Sehat Bersama Faperta UMY MPM Pusat Inisiasi Kampung Nelayan Berkemajuan, Fokus Peningkatan Kualitas Hidup Keluarga Nelayan Perpustakaan UMY Raih Juara Instagram Terbaik di FPPTMA AWARDS 2024 PCA Ngampilan Semarakkan Milad ‘Aisyiyah ke-107 Dengan Rangkaian Syiar Dakwah Resmi Diumumkan, Siswa-siswi Kelas IX SMP Muhdasa Yogya Lulus 100% Dari Bazaar hingga Posbakum, PWA Aceh Sukses Gelar Milad ‘Aisyiyah ke-107 Lazismu UMY Raih Sertifikat ISO, Perdana Untuk Kantor Layanan Lazismu Ingat Dosa-dosa ke Lingkungan Hidup, DPP IMM Laksanakan Gerakan Nasional Menanam Pohon Ogah Mengurus Tambang! IMM Pilih Kelola Bank Sampah IBTimes.id Rayakan Milad ke-5: Merayakan Moderasi Beragama Jelang Iduladha, JagalMu Sleman Latih 30 Juru Sembelih Teknik Qurban Halal PWPM DIY Sambangi Pemuda Muhammadiyah Sleman, Ada Apa? 

PWM DIY Persiapkan Konten Museum Muhammadiyah

YOGYAKARTA — Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah melakukan penyusunan rencana pembangunan Museum Muhammadiyah, baik dari sisi bangunan maupun konten, yang akan menjadi isian museum.

“Museum Muhammadiyah diharapkan akan menjadi museum yang layak untuk dikunjungi, baik sebagai wahana edukasi dan rekreasi, namun juga sebagai pusat riset tentang dinamika gerak persyarikatan Muhammadiyah,” kata Gita Danu Pranata, SE, MM, Ketua Umum Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Daerah Istimewa Yogyakarta, pada pertemuan dengan unsur terkait untuk membahas isian konten Museum Muhammadiyah di aula PWM DIY Jl Gedongkuning, Yogyakarta, Kamis (31/10/2019).

Di sisi lain, Wakil Ketua Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Widyastuti, mengatakan,  peran kebangsaan dan keumatan yang telah dilakukan oleh Muhammadiyah perlu ditonjolkan dalam museum Muhammadiyah.

Bagi Widyastuti, museum Muhammadiyah juga akan menjadi museum pertama di negeri ini yang secara eksplisit mendeklarasikan dirinya sebagai museum yang menyajikan secara khusus tentang dinamika sebuah organisasi keagamaan terbesar di Indonesia.

Dalam rangka mengumpulkan pernak pernik artefak, regalia, pictorial atau dokumen-dokumen penting mengenai Muhammadiyah, Ketua MPI PWM DIY, Dr Robby Habiba Abror, S.Ag, M.Hum, mengimbau kepada warga persyarikatan Muhammadiyah untuk dapat memberikan informasi atau penyerahan apapun yang sekiranya bisa menjadi koleksi Museum Muhammadiyah.

“Dengan semakin banyaknya koleksi yang bisa terkumpul, maka insya Allah Museum Muhammadiyah bisa menjadi museum berkemajuan di Indonesia,” ungkap Dr Robby Habiba Abror, S.Ag, M.Hum.

Direncanakan, Pimpinan Pusat Muhammadiyah akan meresmikan Museum Muhammadiyah pada November 2019.

Pendirian museum ini, merupakan upaya PP Muhammadiyah untuk melakukan pendokumentasian kiprah dan sejarah Muhammadiyah yang sudah memasuki abad kedua.

Untuk merealisasikan gagasan yang sudah muncul sejak 2010 ini, PP Muhammadiyah menggandeng Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Selain itu, PP Muhammadiyah juga sudah menunjuk lokasi pendirian di Universitas Ahmad Dahlan (UAD) sebagai Perguruan TInggi Muhammadiyah.

Peresmian museum yang direncanakan pada tahun 2019 ini, akan menjadi kado indah pada Muktamar Muhammadiyah yang akan diselenggarakan di Surakarta pada tahun 2020.

Dengan mengusung tagline mencerahkan dan menginspirasi, museum ini diharapkan dapat menjadi media informasi dan transformasi nilai.

Selain itu, museum ini juga akan menjadi sarana edukasi dan rekreasi bagi warga Muhammadiyah.

Museum yang dibangun di lahan seluas 2.600 meter persegi dengan bangunan empat lantai, berkonsep mezanin yang ramah terhadap lansia, difabel dan anak-anak.

Bangunan museum ini didesain dengan mengusung modernitas yang membalut koleksi dan narasi bersejarah Muhammadiyah, baik dari sisi bangunan maupun konten yang akan menjadi isian museum.

Keberadaan museum ini, diharapkan akan menjadi museum yang layak untuk dikunjungi semua orang dan semua usia.

Selain didesain sebagai wahana edukasi dan rekreasi, museum ini juga akan menjadi pusat riset tentang dinamika gerak persyarikatan Muhammadiyah.

Museum Muhammadiyah juga akan menjadi museum pertama di negeri ini yang secara eksplisit mendeklarasikan dirinya sebagai museum yang menyajikan secara khusus tentang dinamika sebuah organisasi keagamaan terbesar di Indonesia.

Dalam rangka mengumpulkan pernak pernik artefak, regalia, pictorial atau dokumen penting terkait Muhammadiyah, maka MPI PWM DIY mengharapkan keterlibatan masyarakat terutama warga Muhammadiyah.

“Bagi siapa saja yang mempunyai informasi atau bersedia menyerahkan apapun yang sekiranya bisa menjadi koleksi Museum Muhammadiyah silahkan hubungi MPI PWM DIY,” ungkap Robby. Harapannya, museum Muhammadiyah yang baru pertama kali ini didirikan, dapat mempunyai banyak koleksi yang berharga. “Insya Allah, Museum Muhammadiyah bisa menjadi museum berkemajuan di Indonesia,” kata Gita Danu Pranata. (Affan)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here