News

News

MediaMU.COM

May 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Haedar Nashir: Muhammadiyah Ada Karena Panggilan Ilahi, Tak Akan Lelah Bangun Peradaban Timur Tengah Memanas, Dubes RI untuk Lebanon Soroti Dampak Bagi Stabilitas Global MTT PWM DIY Gelar Pelatihan Penentuan Arah Kiblat Metode Rashdul Qiblat Resmi Dikukuhkan, Dua Guru Besar UMY Teliti Anomali Psikologis Pelajar Revisi UU Penyiaran Mengkhawatirkan, Ilmu Komunikasi UMY Serukan Penghentian Perkuat Kolaborasi Internasional, UMY Teken MoU Dengan Provinsi Tawi-Tawi, Filipina Dosen UMY Raih Penghargaan Terbaik 1 Bidang Kesehatan dalam Anugerah Academic Leader 2024 Tasyakur Milad 107 ‘Aisyiyah, PWM DIY Harap ‘Aisyiyah Punya TK ABA Unggulan Ratusan Kader ‘Aisyiyah DIY Hadiri Tasyakur Milad ke-107: Refleksi Perjalanan Panjang ‘Aisyiyah Ridwan Furqoni Dukung Dakwah Inklusi ‘Aisyiyah untuk Jangkau Semua Kalangan Rachmawati Husein: Dakwah Kemanusiaan ‘Aisyiyah adalah Upaya Mengentaskan Keyatiman Dosen Ilmu Pemerintahan UMY: Muhammadiyah Dibutuhkan Dalam Penanganan Isu Kemanusiaan Sah! Inilah Susunan Personel DPP IMM Periode 2024-2026 Soroti Fenomena Feminisida, Tri Hastuti: 'Aisyiyah Dorong Relasi Sosial Tanpa Kekerasan UMY Kembali Gelar Kampanye Kesehatan Mental “Stop Bullying dan Kekerasan Seksual” Kolaborasi Lazismu, MPKU, dan USAID Sediakan Rumah Singgah bagi Ibu Hamil Pesan Haedar Nashir di Hari Kebangkitan Nasional: Momentum Menegakkan Kedaulatan Indonesia Tidak Biasa! Milad 107 Aisyiyah Diperingati dengan Berlari Bareng Sejauh 10,7 Km Kenal Dekat dengan PRM UGM: PRM Berbasis PTN yang Pertama di Yogya Inilah Pentingnya Keberadaan Ranting untuk Dakwah Muhammadiyah

PW IPM DIY Adakan Taruna Melati Utama yang Pertama

YOGYA – Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PW IPM) Daerah Istimewa Yogyakarta resmi menggelar Pelatihan Kader Paripurna Taruna Melati Utama (PKP TMU) untuk pertama kalinya. Pembukaan TMU DIY digelar pada hari Ahad (18/6) malam, di Ruang Sidang DPRD Kota Yogyakarta, Jalan Ipda Tut Harsono no. 43, Umbulharjo, Yogyakarta.

DIY menjadi wilayah kedua yang menyelenggarakan TMU. Sebelumnya, ada PW IPM Jawa Tengah yang pertama kali menyelenggarakan TMU di tingkat wilayah pada 20-27 Mei 2023.

Diadakannya PKP TMU ini sebagai pengganti dari Pelatihan Kader Madya (PKM) Taruna Melati 3 sekaligus untuk mengimplementasikan Sistem Perkaderan IPM (SPI) yang baru dari PP IPM oleh PW IPM DIY sebagai salah satu dari tim perumus SPI.

“Ini juga menjadi komitmen bagi PW IPM DIY sebagai anggota tim perumus SPI yang baru, dimana salah satu programnya menjadikan TMU sebagai program perkaderan tingkat wilayah,” jelas Ketua Umum PW IPM DIY Racha Julian Chairurrizal.

Sebelumnya, TMU diadakan oleh PP IPM dan hanya beberapa kader saja, seperti di pusat dan ketua wilayah yang bisa ikut, sehingga terkesan eksklusif. Maka, diadakannya TMU oleh PW IPM, kata Racha, supaya membuat kader dari tingkat daerah bisa mengikutinya.

Adapun, dari segi materi juga disetarakan dengan TMU yang diadakan oleh PP IPM sebelumnya. Selain materi wajib berupa keislaman, kemuhammadiyahan, dan ke-IPM-an, terdapat kelas wawasan umum yang menyesuaikan personal interest dan expertise dari peserta.

Uniknya, pengelompokan kelas wawasan umum ini bukan ditentukan dari fasilitator, melainkan oleh para psikolog yang mengisi kelas Pra-TMU sebelumnya. Ini bertujuan agar para peserta nantinya bisa menemukan potensi minat dan bakat diri masing-masing.

“Jadi, kami tidak asal mengelompokkan, tetapi dari ahlinya langsung,” ujar Racha.

Kemudian, Irpan Kastella dari PP IPM juga sepakat bahwa diadakannya TMU di tingkat wilayah ini sangat dibutuhkan dari segi perkaderan. Hal ini untuk menyamakan identitas kader, artinya bukan hanya orang tertentu yang berkesempatan ikut TMU.

Selain itu, diadakannya TMU oleh PW IPM DIY ini sekaligus menjadi ujicoba perubahan SPI Kuning ke SPI baru yang akan disahkan pada Muktamar XXIII IPM di Medan, tanggal 18-20 Agustus 2023 nanti.

“Ini menjadi terobosan yang inovatif dari bidang perkaderan, karena di sini kita bisa merasakan euforia partisipasi kawan-kawan dari setiap wilayah dan daerah di TMU ini,” kata Irpan.

TMU IPM DIY berlangsung pada tanggal 19-23 Juni 2023, di Balai Latihan Pendidikan Teknik, Jalan Kyai Mojo no. 70, Tegalrejo, Yogyakarta. Terdapat 31 peserta yang ikut dalam TMU ini, selain dari DIY ada juga yang dari wilayah luar DIY, seperti Sumatera Utara, Riau, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, dan Papua Barat. (*)


Wartawan: Dzikril Firmansyah

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here