News

News

MediaMU.COM

May 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Haedar Nashir: Muhammadiyah Ada Karena Panggilan Ilahi, Tak Akan Lelah Bangun Peradaban Timur Tengah Memanas, Dubes RI untuk Lebanon Soroti Dampak Bagi Stabilitas Global MTT PWM DIY Gelar Pelatihan Penentuan Arah Kiblat Metode Rashdul Qiblat Resmi Dikukuhkan, Dua Guru Besar UMY Teliti Anomali Psikologis Pelajar Revisi UU Penyiaran Mengkhawatirkan, Ilmu Komunikasi UMY Serukan Penghentian Perkuat Kolaborasi Internasional, UMY Teken MoU Dengan Provinsi Tawi-Tawi, Filipina Dosen UMY Raih Penghargaan Terbaik 1 Bidang Kesehatan dalam Anugerah Academic Leader 2024 Tasyakur Milad 107 ‘Aisyiyah, PWM DIY Harap ‘Aisyiyah Punya TK ABA Unggulan Ratusan Kader ‘Aisyiyah DIY Hadiri Tasyakur Milad ke-107: Refleksi Perjalanan Panjang ‘Aisyiyah Ridwan Furqoni Dukung Dakwah Inklusi ‘Aisyiyah untuk Jangkau Semua Kalangan Rachmawati Husein: Dakwah Kemanusiaan ‘Aisyiyah adalah Upaya Mengentaskan Keyatiman Dosen Ilmu Pemerintahan UMY: Muhammadiyah Dibutuhkan Dalam Penanganan Isu Kemanusiaan Sah! Inilah Susunan Personel DPP IMM Periode 2024-2026 Soroti Fenomena Feminisida, Tri Hastuti: 'Aisyiyah Dorong Relasi Sosial Tanpa Kekerasan UMY Kembali Gelar Kampanye Kesehatan Mental “Stop Bullying dan Kekerasan Seksual” Kolaborasi Lazismu, MPKU, dan USAID Sediakan Rumah Singgah bagi Ibu Hamil Pesan Haedar Nashir di Hari Kebangkitan Nasional: Momentum Menegakkan Kedaulatan Indonesia Tidak Biasa! Milad 107 Aisyiyah Diperingati dengan Berlari Bareng Sejauh 10,7 Km Kenal Dekat dengan PRM UGM: PRM Berbasis PTN yang Pertama di Yogya Inilah Pentingnya Keberadaan Ranting untuk Dakwah Muhammadiyah

Musyda IPM Kota Yogyakarta: Membumikan Pelajar Elaboratif

Serah terima jabatan PD IPM Kota Yogyakarta dari periode 2019/2021 kepada 2021/2023. Foto: Dzikril Firmansyah/mediamu.com

YOGYA – Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PD IPM) Kota Yogyakarta menyelenggarakan Musyawarah Daerah (Musyda) ke-XXVII, Jum’at dan Sabtu (20-21/8). Acara dilaksanakan secara hybrid (luring dan daring), dengan pusat kegiatan di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta.

Gelaran Musyda harusnya dilaksanakan Juli 2021, namun karena PPKM dan mengurus izin ke MCCC Kota Yogyakarta, pelaksanaan baru dilakukan pada Agustus ini. Di lokasi acara pun dibatasi maksimal 20 orang termasuk panitia, sehingga ada beberapa panitia membantu jalannya kegiatan secara daring.

Tema Musyda adalah “Membumikan Pelajar Elaboratif, Inovatif, dan Adaptif”. Hal ini tak lepas dari riset yang dilakukan oleh tim materi kepada Pimpinan IPM di Cabang dan Ranting.

Sebagaimana diutarakan Irfan, Ketua Panitia, gerakan elaboratif yang diusung kurang mengena kepada kader IPM di Cabang dan Ranting. “Oleh karena itu, kami ingin membumikan gerakan ini untuk merevitalisasikannya sehingga terdapat evokasi di dalam diri mereka,” jelasnya.

Kemudian, adaptif dan inovatif dimaksudkan bahwa IPM harus bisa berinovasi, tidak boleh berdiam diri terus dan menjadi generasi yang adaptif dalam setiap keadaan.

Musyda menghasilkan empat agenda aksi untuk periode berikutnya, yakni penguatan ideologi dan komunikasi, studentpreneur, massifikasi gerakan keilmuan, serta kesehatan mental dan progender.

Tim materi berpendapat, penentuan agenda aksi tersebut berdasarkan hasil turun ke ranting dan masukan anggota bidang di IPM. “Khususnya, seperti isu kesehatan mental dan progender adalah masukan IPM di ranting karena persoalan tersebut harus diperhatikan PD IPM Kota Yogyakarta,” kata Rafif, perwakilan tim materi.

Musyda juga menetapkan Hanif Indhie Pratama sebagai Ketua Umum dan Balma Bahira Adzkia sebagai Sekretaris Umum periode 2021/2023. Hanif sebagai Ketua Umum Terpilih mengatakan, pimpinan di periode selanjutnya harus mulai membiasakan berorganisasi dengan cara baru. Sehingga, PD IPM Kota Yogyakarta dapat berprogres dalam membumikan pelajar elaboratif, inovatif, dan adaptif.

Sabrina Rahma, Ketua Umum 2019/2021, mengucapkan terima kasih atas dukungan dan arahan Ayahanda PDM Kota Yogyakarta, PW IPM DIY, serta anggota PD IPM Kota Yogyakarta. “Pada akhir sambutan ini, saya berpesan untuk terus menjaga kekompakan, menjaga attitude, saling merangkul dan mengingatkan. Jadikan IPM sebagai ruang belajar bagi kita semua,” tuturnya. (*)

Wartawan: Dzikril Firmansyah Atha Ridhai
Editor: Affan Safani Adham

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here