News

News

MediaMU.COM

May 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Haedar Nashir: Muhammadiyah Ada Karena Panggilan Ilahi, Tak Akan Lelah Bangun Peradaban Timur Tengah Memanas, Dubes RI untuk Lebanon Soroti Dampak Bagi Stabilitas Global MTT PWM DIY Gelar Pelatihan Penentuan Arah Kiblat Metode Rashdul Qiblat Resmi Dikukuhkan, Dua Guru Besar UMY Teliti Anomali Psikologis Pelajar Revisi UU Penyiaran Mengkhawatirkan, Ilmu Komunikasi UMY Serukan Penghentian Perkuat Kolaborasi Internasional, UMY Teken MoU Dengan Provinsi Tawi-Tawi, Filipina Dosen UMY Raih Penghargaan Terbaik 1 Bidang Kesehatan dalam Anugerah Academic Leader 2024 Tasyakur Milad 107 ‘Aisyiyah, PWM DIY Harap ‘Aisyiyah Punya TK ABA Unggulan Ratusan Kader ‘Aisyiyah DIY Hadiri Tasyakur Milad ke-107: Refleksi Perjalanan Panjang ‘Aisyiyah Ridwan Furqoni Dukung Dakwah Inklusi ‘Aisyiyah untuk Jangkau Semua Kalangan Rachmawati Husein: Dakwah Kemanusiaan ‘Aisyiyah adalah Upaya Mengentaskan Keyatiman Dosen Ilmu Pemerintahan UMY: Muhammadiyah Dibutuhkan Dalam Penanganan Isu Kemanusiaan Sah! Inilah Susunan Personel DPP IMM Periode 2024-2026 Soroti Fenomena Feminisida, Tri Hastuti: 'Aisyiyah Dorong Relasi Sosial Tanpa Kekerasan UMY Kembali Gelar Kampanye Kesehatan Mental “Stop Bullying dan Kekerasan Seksual” Kolaborasi Lazismu, MPKU, dan USAID Sediakan Rumah Singgah bagi Ibu Hamil Pesan Haedar Nashir di Hari Kebangkitan Nasional: Momentum Menegakkan Kedaulatan Indonesia Tidak Biasa! Milad 107 Aisyiyah Diperingati dengan Berlari Bareng Sejauh 10,7 Km Kenal Dekat dengan PRM UGM: PRM Berbasis PTN yang Pertama di Yogya Inilah Pentingnya Keberadaan Ranting untuk Dakwah Muhammadiyah

Mie Lezatmu dan Mocaf Jadi Bukti Inovasi Cabang-Ranting Muhammadiyah dalam Dakwah Ekonomi

KUDUS - Hari kedua Workshop Ekonomi Cabang Ranting serta Masjid (CRM), LPCRPM PP Muhammadiyah menghadirkan dua pembicara dari PCM Serpong Utara dan PDM Banjarnegara. Sesi kedua ini dimulai pada Jumat pagi (10/05) .

Kedua pemateri ini berbagi cerita inovasi bisnis di lingkungan cabang ranting serta Masjid Muhammadiyah. Pembicara pertama adalah PT Azam Tawaqal Berkemajuan (ATB) produsen MIE LEZATMU yang merupakan Badan Usaha Milik Muhammadiyah (BUMM) PCM Serpong Utara, Tangerang. 

Ketua PCM Serpong Utara Dr. H. Hery Kustanto, M.M, bercerita bahwa PCM yang ia pimpin terhitung masih baru. Musyawarah cabang pertama baru dilaksanakan tahun 2018. “PCM Serpong Utara baru berdiri tahun 2018. Baru dua kali Musycab di 2018 dan 2022. Kemajuan yang kami jalani, kuncinya adalah pertemuan informal. Bukan rapat-rapat rutin.” jelas Hery.

Hery meyakinkan, “Selain pertemuan informal yang rutin setiap pekan. Kunci berikutnya agar PCM maju adalah Bonek, Bondho Nekat. Harus ada yang berani pasang badan untuk melakukan perubahan. Kami belum punya sekolah, belum punya klinik, tapi inovasi tetap harus dijalankan.”

Nanang Yulianto Direktur PT ATB menambahkan, “Kapasitas produksi MIE LEZATMU saat ini adalah 2 juta pcs per bulan. Tapi sampai hari ini baru 20-30% yang mampu diserap oleh pasar. Kami berharap jaringan CRM yang hadir di workshop ini, dapat membantu menaikkan penjualan. 

“Kalau bukan kita lalu siapa lagi? Dari kita dan untuk kita”, tandasnya.

Sedangkan pembicara kedua H. Gunawan dari PDM Banjarnegara yang membawahi BUMM PT Surya Cerah Semesta (SCS). BUMM milik PDM Banjarnegara ini memproduksi Mocaf. Mocaf atau Modified Cassava Flour merupakan merupakan produk tepung dari singkong yang telah dimodifikasi.

Awal mula PT SCS dengan mocafnya, dirintis oleh Supriyanto Kader Muhammadiyah Ranting Gumiwang. Menurut Gunawan, PT SCS berharap dengan hadir di Workshop Ekonomi CRM dapat memperluas kerjasama dengan cabang dan ranting se-Indonesia. Khususnya dalam hal peningkatan kapasitas produksi, bahan baku, pemasaran dan permodalan.

“Prinsipnya kami siap berkolaborasi dengan MIE LEZATMU. Kalau pabrik MIE LEZATMU butuh tepung bahan produksi, kami siap mengirimkan stok mocaf kami berapapun jumlahnya. Begitu pula dengan cabang ranting lainnya, kami siap berkolaborasi.” tegas Gunawan.

Kontributor: Muhammad Zulfi Ifani (Media & Informasi LPCRPM PP Muhammadiyah)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here