News

News

MediaMU.COM

Jun 14, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Eco Bhinneka Muhammadiyah dan Majelis Sinode GPIB Perkuat Kerjasama Lestarikan Lingkungan GreenFaith x Eco Bhinneka Muhammadiyah Belajar Merawat Bumi Melalui Rumah Ibadah Saat Parkiran Basement PDM Jogja Disulap IPM DIY Jadi Tempat Nobar Timnas, Bawa Kemenangan untuk Garuda Pemilu Sukses, IMM DIY Dukung KPU DIY untuk Pilkada PCIM Tiongkok Bersama Anwar Abbas Kunjungi CIA, Jalin Silaturahmi dan Kerja Sama Gol Mahasiswa Muhammadiyah Antarkan Timnas Indonesia Menuju Piala Dunia 2026 Inovatif! Dosen UMY Kembangkan Rekayasa Teknologi untuk Olahraga Lempar Pisau Muhammadiyah Yakin Timnas Indonesia Bisa Lolos ke Piala Dunia 2026 Ibu-Ibu 'Aisyiyah Mergangsan Belajar Olah Mocaf Jadi Cemilan Sehat Bersama Faperta UMY MPM Pusat Inisiasi Kampung Nelayan Berkemajuan, Fokus Peningkatan Kualitas Hidup Keluarga Nelayan Perpustakaan UMY Raih Juara Instagram Terbaik di FPPTMA AWARDS 2024 PCA Ngampilan Semarakkan Milad ‘Aisyiyah ke-107 Dengan Rangkaian Syiar Dakwah Resmi Diumumkan, Siswa-siswi Kelas IX SMP Muhdasa Yogya Lulus 100% Dari Bazaar hingga Posbakum, PWA Aceh Sukses Gelar Milad ‘Aisyiyah ke-107 Lazismu UMY Raih Sertifikat ISO, Perdana Untuk Kantor Layanan Lazismu Ingat Dosa-dosa ke Lingkungan Hidup, DPP IMM Laksanakan Gerakan Nasional Menanam Pohon Ogah Mengurus Tambang! IMM Pilih Kelola Bank Sampah IBTimes.id Rayakan Milad ke-5: Merayakan Moderasi Beragama Jelang Iduladha, JagalMu Sleman Latih 30 Juru Sembelih Teknik Qurban Halal PWPM DIY Sambangi Pemuda Muhammadiyah Sleman, Ada Apa? 

MDMC Kulonprogo Adakan Pelatihan Pemakaman Covid-19

Foto: dok. MDMC Kulonprogo

KULONPROGO – MDMC (Muhammadiyah Disaster Management Center) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kulonprogo mengadakan pelatihan pemulasaraan dan pemakaman jenazah Covid-19, Senin (2/8). Acara tersebut bertempat di Balai Desa Kedundang, Temon, Kulonprogo. Materi disampaikan Fikri S dan Sunarwibawa.

Kegiatan yang dihadiri Lurah Kedundang, Babinsa dan Kepala Dusun terkait diikuti perwakilan dusun di Desa Kedundang, berupa pemulasaraan jenazah dan pelatihan pemakaian Alat Pelindung Diri (APD) tim pemakaman. Selain itu, materi penanganan jenazah yang meninggal dalam isolasi mandiri serta proses petugas dalam melaksanakan pemakaman Covid-19.

Pelatihan yang didukung Ambulans Klinik Pratama PKU Muhammadiyah itu, dimaksudkan agar para personel yang terlibat bisa memahami dan mempraktikkan cara-cara pemulasaraan dan pemakaman jenazah Covid-19.

Afiq Adde Afrizal, penanggung jawab kegiatan, mengatakan bahwa peserta diajarkan cara mengenakan APD yang benar, tata cara memandikan jenazah, mendisinfeksi, pembungkusan menggunakan kain kafan dan plastik berlapis. “Juga cara memasukkan ke dalam peti, dan cara memasukkan ke mobil ambulans,” kata Afiq.

Disampaikan pula cara menggotong jenazah, tata cara pemakaman jenazah Covid-19 yang tidak dibolehkan disemayamkan di rumah duka dan harus segera dimakamkan dalam waktu maksimal 4 jam. Peserta juga diajarkan cara melepaskan APD dengan aman.

Pelatihan ini mengikuti protokol yang sudah ditetapkan dan bertujuan agar personel terbiasa dan tidak gagap apabila melaksanakan pemulasaraan serta pemakaman jenazah Covid-19.

Dengan dilaksanakannya pelatihan ini masalah-masalah terkait jenazah Covid-19 maupun terduga Covid-19 bisa ditangani pihak dusun. “Sehingga tidak menimbulkan ketakutan maupun kecemasan dari masyarakat,” terang Sunarwibawa, koordinator tim.

Menurut Sunarwibawa, jangan sampai timbul ketakutan dan kecemasan pada masyarakat terkait jenazah Covid-19. “Karena penanganannya sudah sesuai dengan prosedur yang ditetapkan,” tegasnya. (*)

Wartawan/Editor: Affan Safani Adham

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here