News

News

MediaMU.COM

May 3, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Kembali Rebut 3 Poin di Liga 3, PSHW UMY Pertahankan Ritme Permainan Timnas U-23 Gagal Kalahkan Irak, Haedar Nashir: Masih Ada Asa Suara Muhammadiyah Buka SM Farm, Ratusan Ekor Sapi Langsung Ludes Dipesan Ratusan Baliho Ketua PWPM DIY Penuhi Titik Strategis Gunungkidul, Isyarat Maju Pilkada Luar Biasa! 926 Guru PAUD/TK ABA Hadir di Silaturahim Keluarga Besar IGABA Sleman Demam Timnas, 200 Titik Pimpinan dan Amal Usaha Muhammadiyah Gelar Nobar PCIM Tiongkok Gelar Kajian Syawal Bersama Din Syamsuddin, Kuatkan Dakwah Melalui Diaspora Timnas Indonesia Kalah Atas Uzbekistan, Haedar Nashir Beri Semangat: Kalian Pahlawan Bangsa Tanpa Mahkota! Ramai Gelar Nobar Timnas U-23, Dosen UMY Beri Penjelasan Begini Rektor Berharap PSHW UMY Jadi Kebanggan Pemuda dan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Amanatkan Jaga Tradisi Syawalan, Haedar Nashir: Identitas Kita Sebagai Bangsa Haedar Nashir Tegaskan Muhammadiyah Netral dalam Politik, Ingatkan Semua Pihak Berintrospeksi Atasi Perubahan Iklim, MLH PP Muhammadiyah Tanam 1000 Pohon Mangrove Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud

Luncurkan Program Ramadhan 1445 H, Lazismu Pusat Beri Bantuan Back To Masjid

Penyerahan bantuan Back to Masjid dari Lazismu Pusat kepada Saung Jingga, Sabtu (2/3). Foto: Dok. Lazismu Pusat

TANGERANG SELATAN -- Lazismu Pimpinan Pusat Muhammadiyah resmi meluncurkan program Ramadhan 1445 H dengan dikemas lewat Kick Off Kampanye Program Back to Masjid Lazismu seluruh Indonesia yang dilaksanakan pada Sabtu (2/3) di Saung Jingga Pondok Benda, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten.

Saung Jingga merupakan tempat praktek ibadah seperti salat, belajar Al-Qur'an, serta kajian yang terletak di Kampung Pemulung, Kelurahan Pondok Benda, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan. Berdiri sejak 2014 di atas tanah wakaf Muhammadiyah dengan ukuran 6x12 meter, Saung Jingga dikelilingi 60 Kepala Keluarga (30 gubuk) pemulung yang dibangun dari bambu dan triplek.

Kegiatan ini diikuti secara daring oleh Lazismu Kantor Wilayah dan Daerah se-Indonesia serta perwakilan Lazismu Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Lazismu Wilayah Banten, Lazismu Kota Tangerang Selatan, Lembaga Dakwah Khusus (LDK) PP Muhammadiyah, dan para penerima manfaat program yang hadir langsung di lokasi.

Wakil Ketua Badan Pengurus Lazismu PP Muhammadiyah, Arif Jamali Muis menyampaikan Ramadhan adalah bulan penyejuk kepada umat Islam, terlebih setelah bangsa ini melewati pesta demokrasi beberapa waktu lalu dengan berbagai macam dinamika di dalamnya. Ramadhan juga akan meningkatkan spiritualitas seorang hamba dalam hubungan dengan Tuhannya.

"Lazismu sebagai lembaga filantropi dan LAZ (Lembaga Amil Zakat) memiliki banyak kepentingan untuk menyemarakkan Ramadhan ini," tegas Arif Jamali Muis.

Pada acara ini, Lazismu PP Muhammadiyah juga memulai kampanye Back to Masjid sebagai salah satu program unggulan Ramadhan. Arif Jamali Muis pun mengingatkan, program ini penting bagi persyarikatan sebagai sarana pemberdayaan yang dimulai dari masjid.

"Masjid sebagai pusat peradaban. Kegiatan-kegiatan pemberdayaan masyarakat berangkat dari masjid, termasuk berbagai kegiatan pendukung lainnya," ungkapnya.

Selain itu, Lazismu harus berkolaborasi dengan bergandengan tangan bersama majelis, lembaga, dan ortom di persyarikatan. Pihaknya pun mengajak kepada majelis, lembaga, dan ortom tersebut untuk turut terlibat dalam menyukseskan program Ramadhan 1445 H yang dijalankan oleh Lazismu.

"Ketika Ramadhan, potensi masyarakat untuk menunaikan zakat, infak, dan sedekah tentu menjadi sangat tinggi. Ini menjadi peluang bagi Lazismu seluruh Indonesia untuk menangkap kesempatan itu agar hasilnya dapat kita pergunakan dengan sebaik-baiknya bagi kemakmuran umat Islam," pesan Arif Jamali Muis.

Direktur Penghimpunan dan Kerja Sama Lazismu PP Muhammadiyah, Edi Muktiono menjelaskan pada Ramadhan 1445 H, beragam kegiatan Lazismu se-Indonesia akan dititikberatkan pada 6 program khusus, yaitu Tebar Takjil, Back to Masjid, Pesantren Mualaf, Pesantren Lansia, Kado Ramadhan, dan MudikMu Aman.

Terkait kampanye program Back to Masjid yang dimulai secara nasional hari ini, Lazismu memberikan bantuan untuk persiapan kepada masjid dan mushola dalam menyambut bulan suci Ramadhan.

"Program ini menyentuh para penerima manfaat secara langsung yaitu masjid dan mushola yang perlu mendapatkan perhatian, seperti perbaikan-perbaikan minor. Misal perbaikan toilet, pengecatan, atau fasilitas lainnya seperti sajadah, pengeras suara, dan lain sebagainya," sebut Edi yang juga Ketua Pelaksana Ramadhan 1445 H Lazismu. 

Program Ramadhan 1445 H Lazismu diharapkan dapat diterima dengan baik oleh para penerima program sehingga dapat mendatangkan manfaat dengan maksimal. Dengan demikian, pelaksanaan ibadah Ramadhan tahun ini juga dapat berjalan dengan maksimal, termasuk ibadah sosialnya.

Pada Ramadhan kali ini, Lazismu mematok kenaikan target penghimpunan dari tahun sebelum yaitu Rp. 136.379.338.237,20 menjadi Rp. 105.882.937.804,00 atau sebesar 20 persen.

Sementara itu, Yunus Anis selaku Ketua Saung Jingga menyambut baik bantuan yang diberikan Lazismu. Ia berharap agar program-program Lazismu dapat makin diperluas dari tahun ke tahun agar makin banyak memberikan manfaat untuk umat.

Bantuan program Back to Masjid Lazismu sangat berarti, mengingat kondisi Saung Jingga tidak layak digunakan saat hujan tiba akibat atap bocor dan keramik lantai sudah banyak yang pecah.

"Kami merasa sangat bersyukur sekali sebagai tuan rumah dan penerima program bantuan Lazismu yang bekerja sama dengan LDK PP Muhammadiyah. Ini menjadi dukungan yang luar biasa bagi kami sebagai penggiat di Saung Jingga. Mudah-mudahan ini menjadi penyemangat untuk lebih berbuat banyak kepada masyarakat, terutama komunitas pemulung di Saung Jingga," harap Yunus. (*) 

Wartawan: Dzikril Firmansyah 

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here