News

News

MediaMU.COM

Jul 17, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
PCM Kalasan Jadikan Tahun Baru Hijriah Sebagai Momen Refleksi dan Penguatan Dakwah Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: Jika Otak Pintar dan Akhlak Baik Disatukan, Indonesia akan Maju Arif Jamali Muis: Center of Excellent Muhammadiyah Dimulai dari Gunungkidul Prihatin Kondisi Pengelolaan Sampah Ternate, Pemuda Lintas Iman Susun Rekomendasi untuk Pemerintah Ternate Guru Besar UAD Bicarakan Tantangan Kosmetik Halal di International Pharmacy Summer School UMY Ketua PPNI Bireuen Apresiasi Atas Berhasilnya Ummah Raih Akreditasi Baik Sekali  Dorong Peningkatan Ekonomi Umat, Lazismu Pusat Dan PWM Aceh Kerjasama Dengan Bank Danamon Syariah  Selamat Jalan Bu Ahang, Kami Semua Ikhlas PWA DIY Gelar EMKAES TOP, Upayakan Bersama Kebahagian Lansia Ibu Nahar Miladi Dimakamkan, Satu Lokasi dengan Mantan Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir Sampaikan Duka Cita atas Wafatnya Nahar Miladi Mahasiswa UMY Kembangkan Ekstrak Kulit Pohon Bangkal untuk Obati Kanker Payudara Anak Muda Mengaji: Inovasi AMM Depok dalam Kegiatan Mengaji untuk Gen-Z KABAR DUKA: Istri Sekretaris PWM DIY Meninggal Dunia  Gelar Pelatihan Jurnalistik, MPI DIY Siapkan Aktivis Media Muhammadiyah di Daerah dan Cabang Rayakan Milad ke-22 Tahun, Lazismu Siap Berkontribusi Pada Pembangunan Berkelanjutan Penuhi Undangan Dialog Yayasan Kristen, Haedar Nashir Bicara Gagasan Moderasi Beragama Agung Danarto: Muhammadiyah Butuh Kader Berkualitas Untuk Umat, Bangsa, dan Manusia Dalam Apel Akbar Nasional Kokam, Haedar Nashir Tegaskan Kiprah Muhammadiyah untuk Bangsa Upayakan Penanganan Bullying di Kalangan Pelajar, PP IPM Gelar Sekolah Adil Gender

Inilah 3 Pelajaran Berharga dari Sejarah Nabi Ibrahim Menurut Dadang Kahmad

Ketua PP Muhammadiyah, Dadang Kahmad, menjadi khatib dalam Shalat Iduladha di Lapangan Kampus IV UAD. Foto: Dok. LPSI UAD

YOGYA - Lembaga Pengembangan Studi Islam (LPSI) Universitas Ahmad Dahlan menyelenggarakan shalat Idul adha di lapangan Kampus IV UAD, pada Senin (17/7). Shalat 'Id ini juga disiarkan secara langsung di Youtube Masjid Islamic Center UAD. 

Penyelenggaraan shalat Iduladha UAD bekerjasama dengan Pimpinan Ranting Muhammadiyah Tamanan dan Takmir Masjid Al-Ikhlas Tamanan serta para relawan dari mahasiswa UAD berbagai program studi.

Suasana idul adha kali ini lebih banyak dibandingkan dengan shalat idul fitri, karena banyak dosen dan mahasiswa UAD yang tidak mudik. Setta juga masyarakat sekitar kampus UAD ikut hadir di lapangan UAD. 

Muhammad Ilham Baihaki selaku alumni FAI UAD, antusias dengan diselenggarakannya shalat idul adha yang kedua kalinya di lapangan kampus UAD ini.

"Alhamdulillah luar biasa seru nyaman, keren dan penyampaian ustadznya juga jelas," serunya.

Pada kesempatan kali ini, bertindak sebagai imam shalat iduladha yaitu Ustad Suwandi, M.Pd. Lalu, khatib dari Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof. Dr. Dadang Kahmad, M.Si.

Dadang Kahmad pada kesempatan ini menyampaikan terkait tauhid aktif nabi Ibrahim, yaitu tauhid yang diiringi dengan amal shalih dan amar ma'ruf nahi munkar. Nabi Ibrahim juga yang memiliki nalar kritis terkait keberadaan alam semesta yang begitu indah tidak mungkin jika tidak ada penciptanya. 

Ada tiga pelajaran yang bisa dipetik dari sejarah Nabi Ibrahim. Pertama, bahwa iman itu harus hidup dan aktif. Bukan iman yang pasif dan statis.

"Iman aktif itu iman yang mengungkapkan dalam tindakan amal sosial atau hablu min an-naas, melakukan amar ma'ruf nahi munkar, serta berakhlak baik dalam pergaulan dengan sesama manusia," jelasnya. 

Kedua, orang beriman harus ikut aktif melakukan kerja-kerja yang bermanfaat termasuk dalam hal ini ikut memakmurkan bumi dan memelihara bumi dari kerusakan.

Ketiga, kurban menjadi salah satu bentuk kesalehan sosial yang berimplikasi pada keberagamaan setiap muslim. Seperti yang dijelaskan dari HR. Ahmad dan Ibnu Majah yang berbunyi: "Barangsiapa yang mampu lalu tidak berkurban maka ancamannya tidak boleh mendekat ke tempat shalat kami."

"Mumpung masih diberi kesempatan hidup oleh Allah yang entah sampai kapan sisa umur ini masih ada. Sungguh alangkah indahnya jika umur yang tersisa ini kita gunakan untuk hal hal yang bermanfaat sehingga menjadi umur yang dipenuhi kasih sayang Allah, umur yang dipenuhi barakah Allah.

Harta yang kita punya, mari kita gunakan untuk kepentingan kebaikan, kita gunakan untuk meraih kesenangan di akhirat yang abadi. Jangan sampai kita menyesal selamanya ketika kita berada di alam keabadian," pesan Dadang kepada para jamaah. (*) 

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here