News

News

MediaMU.COM

May 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Haedar Nashir: Muhammadiyah Ada Karena Panggilan Ilahi, Tak Akan Lelah Bangun Peradaban Timur Tengah Memanas, Dubes RI untuk Lebanon Soroti Dampak Bagi Stabilitas Global MTT PWM DIY Gelar Pelatihan Penentuan Arah Kiblat Metode Rashdul Qiblat Resmi Dikukuhkan, Dua Guru Besar UMY Teliti Anomali Psikologis Pelajar Revisi UU Penyiaran Mengkhawatirkan, Ilmu Komunikasi UMY Serukan Penghentian Perkuat Kolaborasi Internasional, UMY Teken MoU Dengan Provinsi Tawi-Tawi, Filipina Dosen UMY Raih Penghargaan Terbaik 1 Bidang Kesehatan dalam Anugerah Academic Leader 2024 Tasyakur Milad 107 ‘Aisyiyah, PWM DIY Harap ‘Aisyiyah Punya TK ABA Unggulan Ratusan Kader ‘Aisyiyah DIY Hadiri Tasyakur Milad ke-107: Refleksi Perjalanan Panjang ‘Aisyiyah Ridwan Furqoni Dukung Dakwah Inklusi ‘Aisyiyah untuk Jangkau Semua Kalangan Rachmawati Husein: Dakwah Kemanusiaan ‘Aisyiyah adalah Upaya Mengentaskan Keyatiman Dosen Ilmu Pemerintahan UMY: Muhammadiyah Dibutuhkan Dalam Penanganan Isu Kemanusiaan Sah! Inilah Susunan Personel DPP IMM Periode 2024-2026 Soroti Fenomena Feminisida, Tri Hastuti: 'Aisyiyah Dorong Relasi Sosial Tanpa Kekerasan UMY Kembali Gelar Kampanye Kesehatan Mental “Stop Bullying dan Kekerasan Seksual” Kolaborasi Lazismu, MPKU, dan USAID Sediakan Rumah Singgah bagi Ibu Hamil Pesan Haedar Nashir di Hari Kebangkitan Nasional: Momentum Menegakkan Kedaulatan Indonesia Tidak Biasa! Milad 107 Aisyiyah Diperingati dengan Berlari Bareng Sejauh 10,7 Km Kenal Dekat dengan PRM UGM: PRM Berbasis PTN yang Pertama di Yogya Inilah Pentingnya Keberadaan Ranting untuk Dakwah Muhammadiyah

LDK PWM DIY Siap Cetak Dai Dakwah Komunitas

CIREBON - Dakwah komunitas merupakan cikal bakal dan gerakan dakwah hingga sekarang ini. Pada Muktamar ke-39 Muhammadiyah di Padang tahun 1974, dengan tegas dan jelas, Muhammadiyah mendeklarasikan konsep dakwah masa kini.

Pada masa itu, konsep dakwah ini bertujuan untuk mengantisipasi arus modernisasi yang begitu cepat berkembang di Indonesia yang membawa pengaruh negatif terhadap perkembangan kemajuan Islam dan umatnya.

Dalam Tanfidz Muktamar ke-47, ditegaskan terjait perlu ada Lembaga sebagai leading sector dalam dakwah di berbagai komunitas. Disebutkan bahwa LDK (Lembaga Dakwah Komunitas) diberi amanah (leading sector) untuk berdakwah pada komunitas kalangan atas, komunitas kalangan bawah, komunitas kalangan menengah, dan komunitas dunia virtual.

Sebagai wujud menjalankan amanah Rapat Koordinasi Nasional (RAKORNAS) LDK PP Muhammadiyah tahun 2023 di Surakarta, LDK PP Muhammadiyah mengadakan pelatihan fasilitator BIMTEK dai komunitas di lingkungan LDK wilayah dan daerah masing-masing.

Tujuan diadakanya kegiatan ini adalah untuk membentuk fasilitator BIMTEK Dai Komunitas di tingkat Pimpinan Wilayah Muhammadiyah. Di samping juga menyusun modul Training of Trainer dan Bimbingan Teknis dai komunitas.

Penguatan Risalah Islam Berkemajuan dan konsep dakwah komunitas bagi Pimpinan LDK di wilayah dan dai-dai komunitas juga menjadi kajian penting untuk para da’i komunitas. Jumlah dai komunitas di seluruh Indonesia akan bertambah baik kuantitas maupun kualitas.

LDK PP Muhammadiyah mengawali kegiatan ini pada Jum’at – Ahad, 08 – 10 Desember 2023 di Universitas Muhammadiyah Cirebon

LDK PWM D.I. Yogyakarta menyambut baik kegiatan ini. Hal ini dibuktikan dengan pengiriman 8 utusan dengan melibatkan utusan dari PDM Kabupaten dan kota di Yogykarta. Ketua LDK PWM DIY Ananto Isworo, S.Ag. memberikan pesan agar para peserta dari DIY dapat mengikuti kegiatan sampai tuntas. Sepulang ToT tersebut segera untuk membuat FGD dalam rangka mempersiapkan dai komunitas di D.I. Yogyakarta," ucapnya saat melepas keberangkatan peserta dari DIY, Kamis (7/12) di Kompleks Gedung Dakwah PWM DIY.

Utusan dari LDKPWM DIY dipimpin oleh Nasmizartian S.Th.I dan Fajrul Islami. Sedangkan perwakilan dari LDK PDM se-DIY, antara lain: Hafidz Nafawi, S.Pd.I. (LDK PDM Kota Yogyakarta); Ahmad Sholihin (LDK PDM Bantul); Sandi Rokhman, S.Ag.dan Drs. Ibrahim Umar (LDK PDM Gunungkidul); Widodo, S.Ag dan Ruswanto, S.Ag. (LDK PDM Sleman) (*) 

Berita ini diterima Mediamu dari Abidin Fuadi Nugroho, M.S.I. (LDK PWM DIY) 

Wartawan: Dzikril Firmansyah 

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here