News

News

MediaMU.COM

May 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Haedar Nashir: Muhammadiyah Ada Karena Panggilan Ilahi, Tak Akan Lelah Bangun Peradaban Timur Tengah Memanas, Dubes RI untuk Lebanon Soroti Dampak Bagi Stabilitas Global MTT PWM DIY Gelar Pelatihan Penentuan Arah Kiblat Metode Rashdul Qiblat Resmi Dikukuhkan, Dua Guru Besar UMY Teliti Anomali Psikologis Pelajar Revisi UU Penyiaran Mengkhawatirkan, Ilmu Komunikasi UMY Serukan Penghentian Perkuat Kolaborasi Internasional, UMY Teken MoU Dengan Provinsi Tawi-Tawi, Filipina Dosen UMY Raih Penghargaan Terbaik 1 Bidang Kesehatan dalam Anugerah Academic Leader 2024 Tasyakur Milad 107 ‘Aisyiyah, PWM DIY Harap ‘Aisyiyah Punya TK ABA Unggulan Ratusan Kader ‘Aisyiyah DIY Hadiri Tasyakur Milad ke-107: Refleksi Perjalanan Panjang ‘Aisyiyah Ridwan Furqoni Dukung Dakwah Inklusi ‘Aisyiyah untuk Jangkau Semua Kalangan Rachmawati Husein: Dakwah Kemanusiaan ‘Aisyiyah adalah Upaya Mengentaskan Keyatiman Dosen Ilmu Pemerintahan UMY: Muhammadiyah Dibutuhkan Dalam Penanganan Isu Kemanusiaan Sah! Inilah Susunan Personel DPP IMM Periode 2024-2026 Soroti Fenomena Feminisida, Tri Hastuti: 'Aisyiyah Dorong Relasi Sosial Tanpa Kekerasan UMY Kembali Gelar Kampanye Kesehatan Mental “Stop Bullying dan Kekerasan Seksual” Kolaborasi Lazismu, MPKU, dan USAID Sediakan Rumah Singgah bagi Ibu Hamil Pesan Haedar Nashir di Hari Kebangkitan Nasional: Momentum Menegakkan Kedaulatan Indonesia Tidak Biasa! Milad 107 Aisyiyah Diperingati dengan Berlari Bareng Sejauh 10,7 Km Kenal Dekat dengan PRM UGM: PRM Berbasis PTN yang Pertama di Yogya Inilah Pentingnya Keberadaan Ranting untuk Dakwah Muhammadiyah

Di Balik Kesembuhan Pasien TBC RO, Ada Bantuan Lazizmu RS Roemani Muhammadiyah Semarang Yang Diberikan Secara Berkesinambungan

SEMARANG-Ada cerita haru di balik sembuhnya pasien yang menjalani pengobatan TBC RO. Pasien itu Ibu SP (50) yang tak mau disebutkan namanya. Ibu SP adalah satu dari sebelas pasien yang dinyatakan sembuh dari pengobatan TBC RO dari total tiga puluh pasien yang dilayani Rumah Sakit Roemani Muhammadiyah Semarang. Selain yang dinyatakan sembuh, ia juga satu dari banyak pasien yang diberi bantuan sembako langsung dari Lazizmu RS Roemani. 

“Saya senang di RS Roemani tidak hanya di obati penyakit saya tapi juga di dampingi Pasient Supporter, diberi uang transport, dan diberi sembako setiap bulan sampai sembuh,” ucap Ibu SP berterima kasih. 

Program layanan TBC RO sudah dibuka RS Roemani sejak awal tahun 2021 sampai tahun 2023 ini. Seperti yang telah disebutkan, program ini telah melayani tiga puluh pasien dengan sebelas di anataranya telah dinyatakan sembuh. Ada juga program bantuan sembako yang bekerja sama dengan Lazizmu RS Roemani dan telah diterima tiga belas pasien.

Ketiga belas pasien tersebut, diberikan bantuan rutin selama masa pengobatan mereka yang berlangsung rata-rata selama dua tahun. Bantuan sembako tersebut diberikan secara tepat sasaran melalui tahapan yang berlaku. Tahap yang paling penting dalam program ini adalah proses assessment. Pasien akan diseleksi di awal untuk masuk tahap ini. Nantinya, assessment akan meliputi pekerjaan pasien, jarak tempat tinggal dari rumah ke Rumah sakit, kepemilikan kendaraan, kondisi rumah, dan pertanyaan-pertanyaan lain yang terkait.

Bantuan sembako untuk pasien TBC RO dimaksudkan agar kebutuhan gizi terpenuhi selama proses pengobatan. Karena penting bagi pasien TBC RO untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi tinggi kalori tinggi protein. Sembako tersebut berisi antara lain susu, beras, daging kaleng, minyak goreng, teh, gula pasir, dan tepung terigu. Kesemuanya dipilih dengan mempertimbangkan kebutuhan gizi tersebut.

Salah satu pengurus lazismu RS Roemani, Sarmadi, S.Ag. M.Pd.I., menuturkan bahwa bantuan yang diberikan dalam program ini berasal dari zakat yang dihimpun dari seluruh staff dan karyawan RS Roemani setiap bulannya. Dan bantuan ini adalah satu dari sekian program kesehatan yang dicanangkan Lazizmu RS Roemani.

Lebih lanjut, ternyata bantuan yang diberikan tidak hanya dalam bentuk sembako. melainkan ada dalam bentuk lain seperti bantuan pembiayaan jika ada pasien yang mengalami tunggakan BPJS dan bantuan pengantaran ke rumah bagi pasien yang terkendala transportasi. Tidak berhenti di situ, Lazismu RS Roemani juga membantu pasien Hemodiliasi dengan bantuan peminjaman alat seperti tabung oksigen, kursi roda dan alat-alat lain.

 

Berita ini disadur mediamu.com dari suaramuhammadiyah.id dengan judul Respons Pasien TBC, Lazismu Bantu Paket Sembako

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here