News

News

MediaMU.COM

Apr 27, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK Inilah Makna Syawalan Bagi Cabang Ranting dan Masjid Berkemajuan Sukses di DPD RI, PWM DIY Siapkan Kader-kader Terbaiknya di Pilkada Serentak 300 Warga Muhammadiyah Ngaglik Hadiri Syawalan, Siap Bangun SMP Muhammadiyah yang Pertama Timnas U-23 Menang Lawan Australia Berkat Mahasiswa Muhammadiyah, Inilah Komentar Syauqi Soeratno Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: RS Muhammadiyah Berazaskan Kasih Sayang, Berpihak Pada Dhuafa

Di Balik Kesembuhan Pasien TBC RO, Ada Bantuan Lazizmu RS Roemani Muhammadiyah Semarang Yang Diberikan Secara Berkesinambungan

SEMARANG-Ada cerita haru di balik sembuhnya pasien yang menjalani pengobatan TBC RO. Pasien itu Ibu SP (50) yang tak mau disebutkan namanya. Ibu SP adalah satu dari sebelas pasien yang dinyatakan sembuh dari pengobatan TBC RO dari total tiga puluh pasien yang dilayani Rumah Sakit Roemani Muhammadiyah Semarang. Selain yang dinyatakan sembuh, ia juga satu dari banyak pasien yang diberi bantuan sembako langsung dari Lazizmu RS Roemani. 

“Saya senang di RS Roemani tidak hanya di obati penyakit saya tapi juga di dampingi Pasient Supporter, diberi uang transport, dan diberi sembako setiap bulan sampai sembuh,” ucap Ibu SP berterima kasih. 

Program layanan TBC RO sudah dibuka RS Roemani sejak awal tahun 2021 sampai tahun 2023 ini. Seperti yang telah disebutkan, program ini telah melayani tiga puluh pasien dengan sebelas di anataranya telah dinyatakan sembuh. Ada juga program bantuan sembako yang bekerja sama dengan Lazizmu RS Roemani dan telah diterima tiga belas pasien.

Ketiga belas pasien tersebut, diberikan bantuan rutin selama masa pengobatan mereka yang berlangsung rata-rata selama dua tahun. Bantuan sembako tersebut diberikan secara tepat sasaran melalui tahapan yang berlaku. Tahap yang paling penting dalam program ini adalah proses assessment. Pasien akan diseleksi di awal untuk masuk tahap ini. Nantinya, assessment akan meliputi pekerjaan pasien, jarak tempat tinggal dari rumah ke Rumah sakit, kepemilikan kendaraan, kondisi rumah, dan pertanyaan-pertanyaan lain yang terkait.

Bantuan sembako untuk pasien TBC RO dimaksudkan agar kebutuhan gizi terpenuhi selama proses pengobatan. Karena penting bagi pasien TBC RO untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi tinggi kalori tinggi protein. Sembako tersebut berisi antara lain susu, beras, daging kaleng, minyak goreng, teh, gula pasir, dan tepung terigu. Kesemuanya dipilih dengan mempertimbangkan kebutuhan gizi tersebut.

Salah satu pengurus lazismu RS Roemani, Sarmadi, S.Ag. M.Pd.I., menuturkan bahwa bantuan yang diberikan dalam program ini berasal dari zakat yang dihimpun dari seluruh staff dan karyawan RS Roemani setiap bulannya. Dan bantuan ini adalah satu dari sekian program kesehatan yang dicanangkan Lazizmu RS Roemani.

Lebih lanjut, ternyata bantuan yang diberikan tidak hanya dalam bentuk sembako. melainkan ada dalam bentuk lain seperti bantuan pembiayaan jika ada pasien yang mengalami tunggakan BPJS dan bantuan pengantaran ke rumah bagi pasien yang terkendala transportasi. Tidak berhenti di situ, Lazismu RS Roemani juga membantu pasien Hemodiliasi dengan bantuan peminjaman alat seperti tabung oksigen, kursi roda dan alat-alat lain.

 

Berita ini disadur mediamu.com dari suaramuhammadiyah.id dengan judul Respons Pasien TBC, Lazismu Bantu Paket Sembako

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here