News

News

MediaMU.COM

May 20, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Pustakawan UMY Jadi Perwakilan Indonesia Pada Program STW Erasmus+ di Spanyol Haedar Nashir Apresiasi Usaha 'Aisyiyah untuk Kemanusiaan dan Perempuan Selama 107 Tahun Salmah Orbayinah: Milad ‘Aisyiyah ke-107 Komitmen Kuatkan Dakwah Kemanusiaan Semesta Anwar Abbas Bersama Moeldoko Lakukan Simulasi Alat Sadap Karet Mercu Biotech Mesra Banget! PWM dan PWNU DIY Silaturahmi dan Siap Kerja Bareng Badlul Rifa’i Jadi Khotib Sholat Jum’at Perdana di Masjid Umar bin Khottob Purwokerto Pertamina Bicarakan Energi Terbarukan Untuk Atasi Kelangkaan Energi Umat Muslim Debat Soal Fatwa Musik, Ini Kata Ketua PWPM DIY Pelatihan Paralegal oleh ‘Aisyiyah dan BPHN Tingkatkan Akses Bantuan Hukum PCIM Amerika Bergabung Dalam Gelombang Dukungan Global untuk Palestina Songsong Milad ke-107, 'Aisyiyah Komitmen Perkuat Dakwah Kemanusiaan Semesta Abdul Mu'ti: Bukan Mendiskriminasi, Islam Justru Memuliakan Perempuan Lewat Workshop, BMT UMY Komitmen Wujudkan “Modernisasi Koperasi” di Kabupaten Bantul Komitmen Mengabdi Di Daerah 3T, PENA UMY Menuju Sambi Rampas Gallery Walk GCWRI Jadi Saksi Aksi Pemuda-Pemudi Lintas Iman Rawat Perdamaian dan Lingkungan  Nur Ahmad Ghojali Harapkan LKSA Panti Asuhan Muhammadiyah Unggul Berkemajuan PC IMM Djazman Al Kindi Yogya dan BEM UAD Gelar Simposium Pemikiran Islam, Hadirkan Pendiri IMM JISRA Indonesia Suarakan Ecofeminism dan Kerukunan Lintas Iman dalam Global Conference on Women’s Rights in Islam (GCWRI) PCM Ngampilan Adakan Silaturahmi Sekaligus Pelepasan Calon Jamaah Haji Mie Lezatmu dan Mocaf Jadi Bukti Inovasi Cabang-Ranting Muhammadiyah dalam Dakwah Ekonomi

IMM Sleman Gelar Musycab 26, Inilah Ketum Baru untuk Periode 2023-2024

Suasana Musycab ke-26 IMM Sleman di Youth Center Yogyakarta. Foto: Dok. PC IMM Sleman

YOGYA - Regenerasi kepemimpinan di Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) menjadi kewajiban dan harus berlanjut. Pimpinan Cabang (PC) IMM Kabupaten Sleman melakukannya dengan menyelenggarakan Musyawarah Cabang (Musycab) ke-26, hari Sabtu dan Ahad (20-21/1)

Berlangsung di Youth Centre Yogyakarta, Musycab diikuti peserta sebanyak 62 orang dari Pimpinan Komisariat (PK) dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) IMM D.I. Yogyakarta. Dengan mengusung tema 'Spirit Sembada dalam Meneguhkan Kepemimpinan Intelektual - Ideologis'. 

Sembada sendiri merupakan falsafah kehidupan masyarakat Sleman. Konsep dasar ini yang perlu ditanamkan kembali pada kader-kader PC IMM Sleman dalam menapaki jalan perkaderan dan pergerakan. 

"Spirit Sembada perlu diturunkan menjadi nafas kepemimpinan intelektual-ideologis. Sembada hadir sebagai nilai keluhuran hidup yang utama sebagai falsafah kader Ikatan untuk menyongsong peradaban," kata Ketua Umum PC IMM Sleman, Ashnov Brilianto Ahmada. 

Dalam Musycab, para peserta membahas banyak hal, mulai dari tata tertib sidang, laporan pertanggung jawaban dari pengurus periode 2022-2023, sidang komisi yang menentukan narasi arah gerak PC IMM Sleman ke depan, dan juga pemilihan formatur.

Bahkan, sebelum Musycab, PC IMM Sleman telah melakukan riset akbar sehingga telah mendapatkan data perkaderan yang mutakhir. Riset ini menjadi pijakan untuk melangkah dan melaksanakan isu strategis yang telah dibahas di Musycab.

Dari sini, kata Ashnov, IMM Sleman akan kembali mengusung Digitalisasi Gerakan sebagai arah gerak.

"Konsekuensinya adalah IMM Sleman akan berfokus untuk menebarkan kebaikan dan kebermanfaatan melalui semua media sosial dengan berbagai taktik. Demi meningkatkan literasi digital bagi kader agar bisa menghadapi banalitas dunia maya," jelasnya.

Setelah merampungkan semua pembahasan, PC IMM Sleman melangsungkan pemilihan untuk menentukan nakhoda baru di periode 2023-2024. Hasilnya, sebagai berikut:

  1. Birtie El Faya (PK IMM FDK) - 55 suara
  2. Akhmada Praja Kusuma (PK IMM FDK) - 54
  3. Ari Aryanto (PK IMM FEBI) - 54
  4. Aqil Dlabit ‘Alimuddin Putra Zulfah (PK IMM FADIB) - 52
  5. Irfan Nur Arba (PK IMM FISHUM) - 52
  6. Muhammad Rafif Said (PK IMM FITK) - 52
  7. Nala Syifa Dewanti (PK IMM FEBI) - 52
  8. Dafa Isandi Ananto (PK IMM FADIB) - 51
  9. Landung Salsabiila Zuhaal (PK IMM Ushuluddin) - 51
  10. Ajril Akmal Muzaki (PK IMM Ushuluddin) - 50
  11. Fajruzzaman Ad Dakhil (PK IMM Ushuluddin) - 50
  12. Algeanero Fata Ardienilllah (PK IMM FDK) - 47
  13. Isna Afanin Azhar (PK IMM FSH) - 46

Berbeda dengan pimpinan IMM lainnya, mekanisme pemilihan ketua umum yang dipakai PC IMM Sleman menggunakan rapat formatur, tidak memilih langsung. Dari hasil rapat formatur, diputuskan bahwa Ajril Akmal Muzakki akan mengemban amanah sebagai Ketua Umum PC IMM Sleman periode 2023-2024.

Dengan hasil ini, Ashnov berharap pimpinan selanjutnya bisa melanjutkan spirit nilai sembada dalam kepemimpinan PC IMM Sleman untuk bermanfaat bagi masyarakat. 

"Kepemimpinan selanjutnya harus memegang teguh nilai (sembada) ini dengan memperhatikan segala evaluasi serta kondisi realitas demi kebermanfaatan masyarakat," pesan Ashnov. (*) 

Wartawan: Dzikril Firmansyah 

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here