News

News

MediaMU.COM

May 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Haedar Nashir: Muhammadiyah Ada Karena Panggilan Ilahi, Tak Akan Lelah Bangun Peradaban Timur Tengah Memanas, Dubes RI untuk Lebanon Soroti Dampak Bagi Stabilitas Global MTT PWM DIY Gelar Pelatihan Penentuan Arah Kiblat Metode Rashdul Qiblat Resmi Dikukuhkan, Dua Guru Besar UMY Teliti Anomali Psikologis Pelajar Revisi UU Penyiaran Mengkhawatirkan, Ilmu Komunikasi UMY Serukan Penghentian Perkuat Kolaborasi Internasional, UMY Teken MoU Dengan Provinsi Tawi-Tawi, Filipina Dosen UMY Raih Penghargaan Terbaik 1 Bidang Kesehatan dalam Anugerah Academic Leader 2024 Tasyakur Milad 107 ‘Aisyiyah, PWM DIY Harap ‘Aisyiyah Punya TK ABA Unggulan Ratusan Kader ‘Aisyiyah DIY Hadiri Tasyakur Milad ke-107: Refleksi Perjalanan Panjang ‘Aisyiyah Ridwan Furqoni Dukung Dakwah Inklusi ‘Aisyiyah untuk Jangkau Semua Kalangan Rachmawati Husein: Dakwah Kemanusiaan ‘Aisyiyah adalah Upaya Mengentaskan Keyatiman Dosen Ilmu Pemerintahan UMY: Muhammadiyah Dibutuhkan Dalam Penanganan Isu Kemanusiaan Sah! Inilah Susunan Personel DPP IMM Periode 2024-2026 Soroti Fenomena Feminisida, Tri Hastuti: 'Aisyiyah Dorong Relasi Sosial Tanpa Kekerasan UMY Kembali Gelar Kampanye Kesehatan Mental “Stop Bullying dan Kekerasan Seksual” Kolaborasi Lazismu, MPKU, dan USAID Sediakan Rumah Singgah bagi Ibu Hamil Pesan Haedar Nashir di Hari Kebangkitan Nasional: Momentum Menegakkan Kedaulatan Indonesia Tidak Biasa! Milad 107 Aisyiyah Diperingati dengan Berlari Bareng Sejauh 10,7 Km Kenal Dekat dengan PRM UGM: PRM Berbasis PTN yang Pertama di Yogya Inilah Pentingnya Keberadaan Ranting untuk Dakwah Muhammadiyah

Atasi Masalah Lingkungan Lazizmu Selenggarakan Program Penanaman Mangrove

PANDEGLANG-Lazizmu Pimpinan Pusat Muhamamdiyah menggelar aksi penanaman Mangrove di Muara Cikawung, Desa Ujungjaya, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten. Acara ini dilaksanakan di atas tanah hibah yang sebelumnya tanah tambak udang dengan luas 8.000 m² pada sabtu (2/9). Aksi penanaman Mangrove ini sendiri menjadi bagian dari program Sayangi Lautmu oleh Pilar Lingkungan Lazizmu.

Dalam menyelenggarakan acara ini Lazizmu berkolaborasi dengan Komunitas Lingkungan (Koling), Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, dan Komunitas Peduli Lingkungan Sekitar (Kompilasi). Selain kelompok di atas, program yang berjalan lancar ini juga melibatkan puluhan mahasiswa dan pelajar sekolah dasar di sekitar lokasi.

Kegiatan ini menurut Nazari Author, Manajer Program Kemanusiaan dan Lingkungan Lazismu PP Muhammadiyah, menunjukan bahwa lembaga filantropi tidak hanya menyasar pada sektor kesehatan, pendidikan, dan ekonomi saja. Di luar itu, sebagai lembaga filantropi, Lazizmu harus bisa menjangkau persoalan lingkungan.

Selanjutnya, Nazari menuturkan bahwa Mangrove bisa bermanfaat banyak. Sealain untuk dimanfaatkan dari segi ekonomi jika dikelola dengan baik, Mangrove juga memiliki fungsi biologis bagi biota laut yang ada. Selain itu, Mangrove juga bermanfaat bagi ekosistem pantai yang ada.

Dalam keterangannya, Nazari menyampaikan bahwa program ini adalah yang kedua setelah sebelumnya berkolaborasi bersama Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Lembur Patikang dan Domas.

“Di Banten ini, Lazismu sudah melakukan penanaman Mangrove yang kedua. Pertama bersama Pokdarwis di Lembur Patikang dan Domas sebanyak 2.200 pohon Mangrove. Dan yang kedua di Desa Ujung Jaya sebanyak 1. 000 pohon Mangrove,” paparnya.

Nazari juga mengingatkan akan persoalan lingkungan yang menjadi tanggung jawab bersama. Ia mengingatkan akan dampak masalah lingkungan yang begitu terasa. Maka dengan adanya program ini, menurut Nazari, bisa memberikan pengalaman, manfaat, dan program berkelanjutan bagi masyarakat Ujung Jaya perihal persoalan lingkungan.

“Di sini juga ada nilai edukasi lingkungan dengan ikut hadirnya adik-adik mahasiswa dan pelajar dari SD Ujung Jaya yang dengan semangat menanam Mangrove,” tambahnya.

Onah, Sekdis Perikanan Kabupaten Pandeglang,  yang juga ikut hadir dalam program ini mengingatkan bahwa hutan Mangrove tidak berfungsi hanya sebagai penahan abrasi, tapi keberadaanya akan bermanfaat bagi sekitar, baik hewan maupun manusia.

“Dengan kegiatan penanaman ini mari kita bersama menciptakan ekosistem hutan Mangrove. Maka upaya melindungi laut dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat bisa dimulai dari sini,” ajaknya.

Koordinator Koling, Eni Nuraeni, menambahkan bahwa perbaikan hutan Mangrove bisa mencegah bencana lingkungan, terutama pemanasan global. “konservasi hutan Mangrove mampu menyimpan stok karbon yang keberadaannya dapat mengurangi pemanasan global,” terangnya.

Ajakan untuk menjaga hutan Mangrove kemudian diungkapkan Yaya Jakaria, Ketua Kompilasi. Ia berharap warga Desa Ujung Jaya turut berpartisipasi menjaga kelestarian ekosistem Mangrove yang baru ditanam ini.

 

Berita ini disadur mediamu.com dari muhammadiyah.or.id dengan judul Lazismu Salurkan Bantuan Untuk Pencegahan Kerusakan Lingkungan

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here