News

News

MediaMU.COM

May 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Haedar Nashir: Muhammadiyah Ada Karena Panggilan Ilahi, Tak Akan Lelah Bangun Peradaban Timur Tengah Memanas, Dubes RI untuk Lebanon Soroti Dampak Bagi Stabilitas Global MTT PWM DIY Gelar Pelatihan Penentuan Arah Kiblat Metode Rashdul Qiblat Resmi Dikukuhkan, Dua Guru Besar UMY Teliti Anomali Psikologis Pelajar Revisi UU Penyiaran Mengkhawatirkan, Ilmu Komunikasi UMY Serukan Penghentian Perkuat Kolaborasi Internasional, UMY Teken MoU Dengan Provinsi Tawi-Tawi, Filipina Dosen UMY Raih Penghargaan Terbaik 1 Bidang Kesehatan dalam Anugerah Academic Leader 2024 Tasyakur Milad 107 ‘Aisyiyah, PWM DIY Harap ‘Aisyiyah Punya TK ABA Unggulan Ratusan Kader ‘Aisyiyah DIY Hadiri Tasyakur Milad ke-107: Refleksi Perjalanan Panjang ‘Aisyiyah Ridwan Furqoni Dukung Dakwah Inklusi ‘Aisyiyah untuk Jangkau Semua Kalangan Rachmawati Husein: Dakwah Kemanusiaan ‘Aisyiyah adalah Upaya Mengentaskan Keyatiman Dosen Ilmu Pemerintahan UMY: Muhammadiyah Dibutuhkan Dalam Penanganan Isu Kemanusiaan Sah! Inilah Susunan Personel DPP IMM Periode 2024-2026 Soroti Fenomena Feminisida, Tri Hastuti: 'Aisyiyah Dorong Relasi Sosial Tanpa Kekerasan UMY Kembali Gelar Kampanye Kesehatan Mental “Stop Bullying dan Kekerasan Seksual” Kolaborasi Lazismu, MPKU, dan USAID Sediakan Rumah Singgah bagi Ibu Hamil Pesan Haedar Nashir di Hari Kebangkitan Nasional: Momentum Menegakkan Kedaulatan Indonesia Tidak Biasa! Milad 107 Aisyiyah Diperingati dengan Berlari Bareng Sejauh 10,7 Km Kenal Dekat dengan PRM UGM: PRM Berbasis PTN yang Pertama di Yogya Inilah Pentingnya Keberadaan Ranting untuk Dakwah Muhammadiyah

Wujudkan Kader Suluh Peradaban, IMM Kulonprogo Adakan DAM yang Pertama

KULONPROGO – Darul Arqam Madya (DAM) Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PC IMM) Kabupaten Kulonprogo resmi dibuka pada Rabu (8/3) di Kampus 6 Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Wates, Kulonprogo. Pembukaan dihadiri oleh DPD IMM DIY, PDM Kulonprogo, perwakilan Ortom tingkat Daerah, perwakilan KNPI, dan segenap kader IMM di Kulonprogo.

Mengusung tema: “Manifestasi Gerakan Intelektual Profetik, Wujudkan Suluh Peradaban,” DAM ini merupakan yang pertama kalinya diselenggarakan oleh PC IMM Kulonprogo sejak didirikan pada tahun 2008.

“Sejak tahun 2008 hingga 2023 sekarang, baru sekali ini PC IMM Kulonprogo menyelenggarakan Darul Arqam Madya (DAM) yang pertama kalinya. Tentunya, ini sebuah lompatan yang luar biasa bagi teman-teman Kulonprogo,” ujar Rachmat Sukriyanto, Ketua Umum PC IMM Kulonprogo.

Selain itu, diselenggarakannya DAM ini akan mendorong PC IMM Kulonprogo semakin progresif, inklusif, dan berani. Bahkan, Rachmat mengakui jika para kader IMM di Kulonprogo ini memiliki potensi, kemampuan, kapasitas hingga kapabilitas yang luar biasa dalam segala bidang.

“Maka, dengan adanya DAM ini, bisa menjadi lompatan yang besar bagi kader IMM di Kulonprogo, begitu juga di DIY,” lanjut Rachmat.

Sementara itu, Ketua Umum DPD IMM DIY Muhammad Akmal Ahsan mengharapkan DAM Kulonprogo bisa mencetak kader-kader yang memiliki watak dan sifat dari Nabi Muhammad SAW.

“Kami dari DPD IMM DIY mengharapkan DAM Kulonprogo dapat melahirkan kader – kader yang memiliki watak, sifat, dan nilai-nilai perjuangan dari Nabi Muhammad SAW,” kata Akmal dalam sambutannya.

Tidak hanya itu, DAM ini juga diharapkan bisa melahirkan watak seorang kader madya yang sesungguhnya, yaitu menjadi kader yang dewasa dan moderat.

“Seperti yang disebutkan oleh Ki Hajar Dewantara, yaitu ing madya mangun karsa, yang berarti di tengah – tengah membangun. Artinya, kader madya IMM itu tidak destruktif, lebih matang atau dewasa, dan moderat, bukan lagi reaksioner seperti di tingkat komisariat sebelumnya,” jelas Akmal.

Kemudian, Farhan Aji Dharma dalam Studium Generale-nya, menilai tema yang diangkat, yaitu “Kader Suluh Peradaban” ini sangat tepat untuk perkaderan IMM di Kulonprogo. Utamanya adalah supaya menjaga nafas perjuangan IMM di Kulonprogo ini lebih jauh, panjang, bertahan, meningkat kualitas dan sumber dayanya.

“Saya kira ini menjadi awal yang baik, karena DAM ini pertama kalinya diadakan setelah bertahun – tahun dan ini juga akan menjadi suluh peradaban untuk PC IMM Kulonprogo ke depan,” ucap Sekretaris Umum DPD IMM DIY ini.

Senada dengan Farhan, Kepala Publisher Madrasah Digital Muhammad Amin Azis yang juga menjadi narasumber dalam Studium Generale berpendapat kalau DAM ini harus menjadi arus pemikiran dan gerakan bagi PC IMM Kulonprogo.

“Nantinya, PC IMM Kulonprogo dapat melahirkan cendekiawan dalam suluh peradaban itu sendiri,” tandas Amin.

DAM PC IMM Kulonprogo diselenggarakan pada tanggal 8-12 Maret 2023 dan diikuti oleh 10 peserta dari beberapa cabang di DIY, seperti Kulonprogo, Sleman, dan AR Fakhruddin Yogyakarta. Seluruh agenda DAM berlokasi di Kampus 6 Universitas Ahmad Dahlan Wates, Kulonprogo. (*)


Wartawan: Dzikril Firmansyah

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here