News

News

MediaMU.COM

Jun 14, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Eco Bhinneka Muhammadiyah dan Majelis Sinode GPIB Perkuat Kerjasama Lestarikan Lingkungan GreenFaith x Eco Bhinneka Muhammadiyah Belajar Merawat Bumi Melalui Rumah Ibadah Saat Parkiran Basement PDM Jogja Disulap IPM DIY Jadi Tempat Nobar Timnas, Bawa Kemenangan untuk Garuda Pemilu Sukses, IMM DIY Dukung KPU DIY untuk Pilkada PCIM Tiongkok Bersama Anwar Abbas Kunjungi CIA, Jalin Silaturahmi dan Kerja Sama Gol Mahasiswa Muhammadiyah Antarkan Timnas Indonesia Menuju Piala Dunia 2026 Inovatif! Dosen UMY Kembangkan Rekayasa Teknologi untuk Olahraga Lempar Pisau Muhammadiyah Yakin Timnas Indonesia Bisa Lolos ke Piala Dunia 2026 Ibu-Ibu 'Aisyiyah Mergangsan Belajar Olah Mocaf Jadi Cemilan Sehat Bersama Faperta UMY MPM Pusat Inisiasi Kampung Nelayan Berkemajuan, Fokus Peningkatan Kualitas Hidup Keluarga Nelayan Perpustakaan UMY Raih Juara Instagram Terbaik di FPPTMA AWARDS 2024 PCA Ngampilan Semarakkan Milad ‘Aisyiyah ke-107 Dengan Rangkaian Syiar Dakwah Resmi Diumumkan, Siswa-siswi Kelas IX SMP Muhdasa Yogya Lulus 100% Dari Bazaar hingga Posbakum, PWA Aceh Sukses Gelar Milad ‘Aisyiyah ke-107 Lazismu UMY Raih Sertifikat ISO, Perdana Untuk Kantor Layanan Lazismu Ingat Dosa-dosa ke Lingkungan Hidup, DPP IMM Laksanakan Gerakan Nasional Menanam Pohon Ogah Mengurus Tambang! IMM Pilih Kelola Bank Sampah IBTimes.id Rayakan Milad ke-5: Merayakan Moderasi Beragama Jelang Iduladha, JagalMu Sleman Latih 30 Juru Sembelih Teknik Qurban Halal PWPM DIY Sambangi Pemuda Muhammadiyah Sleman, Ada Apa? 

UMY Kembali Gelar Kampanye Kesehatan Mental “Stop Bullying dan Kekerasan Seksual”

YOGYA - Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni (LPKA) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali menggelar kampanye kesehatan mental dan jalan sehat. Kampanye kesehatan mental dilaksanakan di lobby Gedung AR. Fachruddin B, sementara jalan sehat dilakukan dengan mengelilingi kampus UMY pada pagi ini selasa (21/5). Dihadiri ratusan mahasiswa aktif UMY, kali ini kampanye mengusung tema “Stop Bullying dan Kekerasan Seksual'.

Muhammad Arif Rizqi, S.Psi., M.Psi., Psikolog, Kepala Divisi Konseling dan Kesejahteraan Mahasiswa LPKA UMY mengatakan bahwa tema atau kedua isu tersebut diangkat sebagai bentuk perjuangan melawan segala bentuk penindasan yang bersifat fisik, psikologis, maupun seksual. 

“Siapapun yang sudah ada hadir berdiri di sini artinya kita semua menunjukkan kepedulian. Kita semua siap untuk bersama-sama memperjuangkan kesehatan mental yang lebih baik, termasuk di hari ini tema kita yaitu tentang stop bullying dan kekerasan seksual,” kata Arif.

Ia juga menyampaikan, sebagai bentuk upaya UMY dalam memperjuangkan dan mendukung kesehatan mental, UMY melalui LPKA menyediakan layanan konseling yaitu konselor sebaya, sehingga ia mengajak seluruh mahasiswa untuk dapat menyampaikan keluhan serta keresahannya melalui layanan yang telah disediakan. 

“Yang paling penting isu-isu tersebut tidak akan bisa hilang kalau kita tidak memperjuangkan atau menyuarakannya, sehingga mudah-mudahan ini menjadi inspirasi bagi kita semuanya untuk melawan segala bentuk kekerasan seksual dan juga bullying tadi,” tandasnya. 

Sementara itu,  kepala LPKA UMY, Dr. Rifki Febriansyah, S.Farm., M.Sc., apt., mengaku optimis kampus UMY akan bebas terhindar dari segala bentuk bullying dan kekerasan seksual dengan terus membawa misi ini secara rutin, terutama bagi akademisi dan juga civitas akademika UMY. 

“Bentuk dukungan teman-teman mahasiswa sangat luar biasa, sehingga saya optimis, Insyaa Allah kampus UMY akan bebas dan terhindar dari kejadian bullying dan juga kekerasan seksual. Alhamdulillah acara ini bisa diadakan oleh LPKA secara regular atau rutin. Ini acara luar biasa ditambah pelayanan konseling yang kita juga selalu lakukan setiap hari, kalau ada yang ingin disampaikan kepada tim konselor, silahkan segera ke konseling LPKA UMY,” terangnya.

Pada kesempatan ini, acara juga dilengkapi dengan pembubuhan cap tangan secara simbolik di atas spanduk, dilanjutkan dengan jalan sehat bersama dan sarapan bersama dalam agenda Serasa Masa (Selasa Sarapan bersama Mahasiswa) yang juga rutin dilaksanakan oleh UMY setiap hari Selasa dengan menyediakan 350 porsi makanan. 

Kampanye kesehatan mental dan jalan sehat ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi seluruh civitas akademika UMY untuk terus melawan segala bentuk bullying dan kekerasan seksual, serta menjaga kesehatan mental bersama.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here