News

News

MediaMU.COM

May 9, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Mahasiswa UAD Tuntut Palestina Merdeka, Presiden BEM UAD: Negara Arab Jangan Cuma Peduli Minyak Saja! Ikut Aksi Bela Palestina, Rektor UAD: Anak Kecil Juga Pedih dengan Penderitaan Palestina Serukan Dukungan Palestina Merdeka, Dosen UAD: Pro Israel Hukumnya Haram Mughallazah Aksi Bela Palestina Menggema di Seluruh Kampus Muhammadiyah dan Aisyiyah Nasyiatul Aisyiyah gelar ToT Fasilitator Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak untuk Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat 1000 Cahaya: Muhammadiyah Gerakkan Ranting Hingga Sekolah untuk Cegah Krisis Iklim Keluarga Alumni UAD Hadiri Syawalan: Taburkan Maaf, Sucikan Hati, Eratkan Tali Persaudaraan Perguruan Tinggi Muhammadiyah - Aisyiyah Bakal Gelar Aksi Serentak Bela Palestina Perkuat Dakwah, Warga Muhammadiyah Bantul Hadiri Syawalan dan Pelepasan Ratusan Jamaah Haji K.H. Harun Abdi Manaf: Banggalah Menjadi Warga Muhammadiyah dan Pegawai AUM Gelar Syawalan dan Silatnas, IPM Luncurkan Inovasi dan Rencana Masa Depan Menjanjikan Syawalan PCM Kalasan Bahas Diplomasi Makanan Sebagai Upaya Melenturkan Dakwah Berkemajuan Syawalan PCM Gamping, dr. Agus Taufiqurrahman: Dakwah Muhammadiyah Tidak Selesai di Lisan Pentas Dakwah Seni Budaya Meriahkan Syawalan PCM Gamping Dalam Syawalan dan Family Gathering, IMM UGM Bersatu dan Bersilaturahmi Resmi Terpilih Jadi DPD RI, Syauqi Soeratno Siap Bawa Muhammadiyah dan Jogja Lebih Istimewa Sukses Antar Syauqi Soeratno ke DPD RI, PWM DIY Songsong Pilkada 2024 Ahmad Syauqi Soeratno Jadi Senator DIY Terpilih, Relawan Tasyakuran Besar-besaran Kembali Rebut 3 Poin di Liga 3, PSHW UMY Pertahankan Ritme Permainan Timnas U-23 Gagal Kalahkan Irak, Haedar Nashir: Masih Ada Asa

UAD Jadi Co-Host 8th Steering Committee AIMS Programme

YOGYA – Universitas Ahmad Dahlan (UAD) bersama Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kemendikbud Ristek menjadi tuan rumah The 8th Steering Committee Meeting of The Asian International Mobility of Students (AIMS) Programme, pada tanggal 15 – 17 Dzulhijjah 1444 H bertepatan 3 – 4 Juli 2023 di Hotel Tentrem Yogyakarta yang lalu.

Kegiatan tersebut merupakan program tahunan yang dikoordinasikan Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO) Regional Centre specialising in Higher Education and Development (RIHED) yang dihadiri perwakilan Kementerian Pendidikan dari negara-negara konsorsium AIMS untuk membahas isu dan rencana terkait AIMS.

AIMS adalah kegiatan pertukaran mahasiswa selama satu semester dengan beasiswa dari masing-masing negara peserta yang telah berlangsung sejak 2010. Negara-negara peserta AIMS selain Indonesia adalah Malaysia, Thailand, Brunei Darussalam, Filipina, Vietnam, Kamboja, Singapira, Jepang, dan Republik Korea.

Kegiatan Steering Committee Meeting di Yogyakarta ini dihadiri 22 peserta dari Jepang, Korea, Singapura, Malaysia, Thailand, Brunei Darussalam, Filipina, Kamboja, dan pengurus SEAMEO RIHED.

Acara dibuka secara daring oleh Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC., Ph.D, Plt. (Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi), diikuti sambutan Wakil Rektor Bidang Akademik UAD Rusydi Umar S.T., M.T., Ph.D., Direktur Pusat SEAMEO RIHED, dan Ketua Komite Pengarah Asst. Prof. Dr. Romyen Kosaikanont dan Plt Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Dr. Sri Gunani Partiwi.

Rusydi Umar menyampaikan dukungan penuh UAD terhadap program ini dan berharap di masa depan program AIMS bisa diikuti lebih banyak mahasiswa dan dapat memiliki lebih banyak program studi yang terlibat dalam kegiatan ini.

“Semoga kerja sama UAD lebih luas, lebih pariatif dan lebih intensif dengan seluruh negara khususnya negara-negara yang tergabung dalam progran AIMS,” harapnya.

Tahun 2023, UAD mendapatkan beasiswa AIMS bagi 14 mahasiswa dari enam Prodi: Sastra Inggris, Sastra Indonesia, Bahasa dan Sastra Arab, Teknik Informatika, Teknik Industri, dan Teknik Kimia. Juga menerima 14 mahasiswa AIMS dari Busan University of Foreign Studies Republik Korea, Universiti Malaya, Universiti Teknologi MARA Malaysia, dan Universiti Malaysia Pahang. UAD telah menjadi anggota konsorsium AIMS sejak 2010 dan tiap tahun aktif mengirim dan menerima mahasiswa pertukaran Program AIMS.

Di hari pertama, ada beberapa hal penting yang didiskusikan di antaranya informasi kegiatan dari SEAMEO, update anggota dan universitas peserta AIMS serta diskusi terkait kendala yang dihadapi baik oleh mahasiswa dan institusi dalam menyelenggarakan program AIMS. Hari kedua, peserta membahas program AIMS di masa mendatang dan jadwal Steering Committee Meeting berikutnya yang akan dilaksanakan di Brunei Darussalam serta review meeting konsorsium AIMS di Filipina. (*)


Berita ini diterima mediamu.com dari Kantor Kerja Sama dan Urusan Internasional (KKUI) UAD

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here