News

News

MediaMU.COM

Apr 18, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: RS Muhammadiyah Berazaskan Kasih Sayang, Berpihak Pada Dhuafa Jamu PP Aisyiyah, Haedar Nashir Berpesan Untuk Dekatkan Dakwah dengan Masyarakat Lazismu bersama MPM PP Muhammadiyah Salurkan 1000 Paket Zakat Fitrah dan Fidyah Abdul Mu'ti: Jadikan Idulfitri Momentum Rekonsiliasi Sosial Ketua PP Muhammadiyah Prihatin Korupsi Subur di Tengah Masyakarat yang Religius Haedar Nashir: Puasa Momentum Seimbangkan Hidup dengan Sikap 'Tengahan' Warga Muhammadiyah Lokshumawe Shalat Id Serentak di Halaman Masjid At-Taqwa Taawun Sosial Ramadan PWA DIY: Berbagi Berkah dan Pesan Kebajikan Muhammadiyah DIY Siapkan 718 Lokasi Sholat Idulfitri 1445 H, Ini Daftarnya Layani Para Pemudik, RS PKU Muhammadiyah Bantul Sediakan 3 Posko Kesehatan PDPM Sleman Tebar Kebaikan Ramadhan Bersama Steps2 Allah London di Ponpes Abu Dzar Al Ghifari Gamping Dayah Modern Ihyaaussunnah Kota Lhokseumawe Sukse Gelar Intensive Qur’anic Camp Kunjungi Pos MudikMU Masjid Ahmad Dahlan Pundong, Sekretaris PWM DIY Apresiasi Fasilitas Layanan yang Tersedia MPKU dan Klinik PKU Bambanglipuro Bersinergi dalam Program Muhammadiyah Menyapa Muhammadiyah Umumkan Idul Fitri 1445 H Jatuh Pada Rabu 10 April 2024 Tetap Bertugas di Lebaran, RS PKU Muhammadiyah Yogya Siap Beri Pelayanan Maksimal

Seru! Ratusan Pengunjung Hadiri Pengajian Ramadhan PCM Depok di Pakuwon Mall

Pengajian Ramadhan PCM Depok di Masjid Al Husna Pakuwon Mall. Foto: Afghan Azka Falah (MPI PCM Depok)

SLEMAN - Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Depok melakukan suatu gebrakan dalam kegiatannya di bulan Ramadhan kali ini. Yakni, dengan mengadakan Pengajian Ramadhan di mall, tepatnya di Masjid Al Husna Pakuwon Mall, pada Kamis (28/3). 

Sebagaimana diketahui, di Kapanewon Depok ada banyak mall yang berdiri, salah satunya Pakuwon Mall, serta gedung-gedung, perguruan tinggi, area pemukiman, dan lainnya yang membuat wilayah ini sudah seperti metropolitan. Sehingga, dari situ PCM Depok mengusung program “Dakwah Metropolitan”. 

Salah satu upayanya dengan mengadakan kegiatan-kegiatan di tempat yang ramai dikunjungi warga Depok. Seperti Pengajian Ramadhan ini misalnya, diselenggarakan di Pakuwon Mall, untuk melebarkan lahan dakwahnya agar gerakan Muhammadiyah dapat menjangkau warga Depok. 

“Pengajian ini merupakan agenda rutin PCM Depok rutin selama Ramadhan. Kami mengambil tempat di mall memang ini satu program dari PCM Depok yaitu Dakwah Metropolitan,” kata Ketua PCM Depok, H. Muhammad Ichsan, M.M.

Oleh karena itu, PCM Depok mencoba mengadakannya di Pakuwon Mall dan ternyata responnya sangat positif, baik dari jamaah maupun masyarakat yang ada di sekitar mall menyambut baik. 

Ichsan juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, mulai dari Takmir Masjid Al Husna Pakuwon Mall hingga Lazismu dan AMM Depok yang telah merealisasikan pengajian Ramadhan di mall ini. 

“Ke depan memang harus kita lakukan model-model dakwah yang seperti ini (pengajian di mall-red),” lanjut Ichsan. 

Sementara itu, beberapa jamaah atau pengunjung yang datang memberikan respon positif dengan adanya pengajian Muhammadiyah di mall. Seperti yang diungkapkan Azzam, seorang mahasiswa dari Universitas Amikom Yogyakarta. 

“Seru banget! Ini sesuatu yang beda, karena biasanya (pengajian) identiknya di masjid, tapi justru diadakan di pusat perbelanjaan yang ramai orang,” katanya.

Pengajian ini menghadirkan Prof. Dr. Sukamta, M.T., IPM. sebagai narasumber. Wakil Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta bidang Akademik itu juga memberikan kesan positif terhadap jalannya pengajian Ramadhan PCM Depok ini. 

“(Jamaah) pada bersemangat mengikuti pengajian dan juga saya buat doorprize, sehingga mereka antusias untuk mengikuti. Jadi, kesan saya positif pada para guru dan para peserta pengajian yang seperti ini,” kata Sukamta. 

Dari respon positif yang diberikan, tentunya hal ini sangat bagus buat dakwah Muhammadiyah, karena mengenalkan kepada para pengunjung mall, bahwa di samping bergerak untuk masyarakat bawah dan desa, Muhammadiyah juga dapat bergerak di kota dan masyarakat kalangan menengah atas. (*) 

Wartawan: Dzikril Firmansyah

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here