News

News

MediaMU.COM

Apr 27, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK Inilah Makna Syawalan Bagi Cabang Ranting dan Masjid Berkemajuan Sukses di DPD RI, PWM DIY Siapkan Kader-kader Terbaiknya di Pilkada Serentak 300 Warga Muhammadiyah Ngaglik Hadiri Syawalan, Siap Bangun SMP Muhammadiyah yang Pertama Timnas U-23 Menang Lawan Australia Berkat Mahasiswa Muhammadiyah, Inilah Komentar Syauqi Soeratno Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: RS Muhammadiyah Berazaskan Kasih Sayang, Berpihak Pada Dhuafa

Pesantren Ramadhan Upaya Meningkatkan Iman Dan Taqwa Serta Pendidikan Berkualitas

YOGYA – Majelis Pendidikan Anak Usia Dini, Dasar dan Menengah (PAUDDASMEN) Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) Kotagede menggelar acara pesantren Ramadhan bagi guru TK ABA se-Kotagede. Kegiatan ini mengangkat tema “Gerakan Cinta Al-Qur’an untuk meningkatkan iman dan taqwa menuju Pendidikan berkualitas”. Para peserta diajak untuk mendalami nilai-nilai Al-Qur’an sebagai landasan utama dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan dilaksanakan di Gedung pertemuan Aisyiyah Kotagede selama  2 hari, Pada hari Kamis dan Jumat tanggal 21-22 Maret 2024 dan diikuti oleh 150 guru TK ABA se Kotagede.

Tingkatkan Kompetensi Keagamaan Guru TK ABA Kotagede

Dra.Siti Sholikhah mewakili ketua Pimpinan Ranting ‘Aisyiyah (PRA) dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini dalam Upaya meningkatkan kompetensi guru-guru TK ABA di wilayah Kotagede di bidang keagamaan  menuju Pendidikan yang berkualitas. Kegiatan ini merupakan upaya nyata untuk memperkuat spiritualitas dan moralitas di kalangan pendidik. Pendidikan tidak hanya diarahkan pada aspek akademis semata, tetapi juga pada pembentukan karakter yang kuat dan bermartabat.

Pada hari pertama kegiatan, Ibu Shoimah Kastolani dari Biro Organisasi PPA Yogyakarta menjadi narasumber dengan membawakan materi mengenai Fiqh Perempuan. Hal ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam terkait dengan peran dan kedudukan perempuan dalam Islam, serta bagaimana implementasinya dalam kehidupan sehari-hari. Sementara itu, materi kedua pada hari pertama disampaikan oleh Dr. Nur Kholis, S.Ag., M.Ag. Beliau  membahas tentang cara pandang terhadap ibadah, yang diharapkan dapat membantu peserta memperbaiki pemahaman dan praktik ibadah mereka.

“Kekeliruan yang sering kita lakukan adalah bila kita melakukan kebaikan kepada seseorang, maka kita berharap orang itu lain waktu yang akan membalasnya. Padahal kita melakukan kebaikan seharusnya hanya mengharapkan ridlo Allah semata. Allah yang membalasnya, lewat siapa, melalui apa, dan kapan waktunya adalah rahasia-Nya,” demikian disampaikan oleh Dr. Nur Kholis, S.Ag., M.Ag.

Penyerahan Bantuan Dari UMY Dan UAD

Pada hari kedua pesantren Ramadhan, dilaksanakan serah terima bantuan LCD dari UMY yang disampaikan oleh Eko Purwati, Ph.D kepada PCA Kotagede. Selain itu UMY juga memberikan bantuan  quota kepada 15 TK ABA sebagai dukungan dalam menfasilitasi Gerakan literasi digital. Hal ini merupakan ujud Kolaborasi antara UAD dan PCA Kotagede dalam meningkatkan Pendidikan Masyarakat di kalangan Muhammadiyah.

Selesai serah terima bantuan LCD dilanjutkan dengan penyampaian materi Jihad Fii Sabilillah dengan narasumber ketua PCM Kotagede Drs. Muhammad Hatta. Bagaimana jihad yang dapat dilakukan guru dalam Pendidikan. Selain mengajar materi akademis, seorang guru juga  berperan dalam membentuk karakter siswa dengan mengajarkan nilai-nilai moral, etika, dan tanggung jawab sosial.

Sebagai narasumber terakhir adalah Rowiyah, S.Ag ketua Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Kota Yogyakarta dengan materi akhlakul karimah. Pada sesi ini peserta diajak berdiskusi secara kelompok untuk memecahkan masalah akhlak seorang muslim. Tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi mereka dan peserta yang lain antusias dalam mengikuti sesi ini.

Pesantren Ramadhan ini menjadi momentum yang berharga bagi para pendidik untuk memperkaya wawasan keislaman mereka. Semoga peserta dapat mengambil manfaat maksimal dari acara ini dalam memperkuat kualitas pendidikan dan spiritualitas mereka.

Kontributor: pcmkotagede.com

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here