News

News

MediaMU.COM

Apr 28, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Atasi Perubahan Iklim, MLH PP Muhammadiyah Tanam 1000 Pohon Mangrove Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK Inilah Makna Syawalan Bagi Cabang Ranting dan Masjid Berkemajuan Sukses di DPD RI, PWM DIY Siapkan Kader-kader Terbaiknya di Pilkada Serentak 300 Warga Muhammadiyah Ngaglik Hadiri Syawalan, Siap Bangun SMP Muhammadiyah yang Pertama Timnas U-23 Menang Lawan Australia Berkat Mahasiswa Muhammadiyah, Inilah Komentar Syauqi Soeratno Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah

Sah Dikukuhkan, PDPM Kota Yogyakarta Siap Wujudkan Jogja Berhati Nyaman

Prosesi pengukuhan PDPM Kota Yogya oleh Ketua PWPM DIY, M. Arif Darmawan. Foto: Dzikril Firmansyah / Mediamu

YOGYA - Segenap Pengurus Harian (PH) Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kota Yogyakarta periode 2023-2027 resmi dikukuhkan pada Sabtu (30/12). Dilaksanakan di tengah hujan, acara yang diadakan di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta itu berlangsung khidmat dan lancar tanpa ada kendala berarti. 

Pada periode ini, PDPM Kota Yogyakarta dinakhodai oleh Muhammad Tegar Yuda Perwira sebagai Ketua, dibersamai oleh Sekretaris Nuzulul Purwandana dan Bendahara Muhammad Afdhol Mufti Alhakiki serta 24 Wakil Ketua dan Wakil Sekretaris.

Dalam sambutannya, Tegar menyampaikan jika slogan dari Kota Yogyakarta adalah ‘Berhati Nyaman’. Namun, slogan tersebut belakangan ini ternodai oleh berbagai masalah yang terjadi di Yogyakarta.

Mulai dari permasalahan penanganan sampah masih belum berjalan dengan baik, masih banyak warga yang tidak memiliki pekerjaan dan penghasilan yang layak, penyalahgunaan obat terlarang dan peredaran minuman keras yang meresahkan masyarakat, hingga kenakalan remaja. 

“Masalah ini merupakan tantangan yang saat ini sudah menjadi kewajiban sebagai kader umat kader bangsa dan bagian dari masyarakat kota Yogyakarta untuk bersama-sama menyelesaikan berbagai tantangan tersebut. Jangan sampai Jogja berhati nyaman berubah menjadi Jogja berhati-hati,” ujar Tegar.

Untuk bisa mengatasi permasalahan ini, dibutuhkan revitalisasi gerakan dengan suluh peradaban. Ada empat (4) Pilar Pemuda Negarawan yang perlu dijalankan, antara lain Islam Berkemajuan, keilmuan, kewirausahaan sosial, dan politik kebangsaan. 

Tegar meminta kepada seluruh jajaran PDPM Kota Yogyakarta untuk bisa menyusun program berdasarkan Pilar Pemuda Negarawan. “Sehingga program yang disusun bisa mengatasi masalah di Yogyakarta,” kata Tegar.

Selanjutnya, ucapan selamat dan pesan kepada PDPM Kota Yogyakarta berdatangan dari berbagai pihak. Seperti Ketua Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah (PWPM) DI Yogyakarta, Muhammad Arif Darmawan turut mengucapkan selamat kepada Tegar dan kolega yang telah dikukuhkan. 

Arda -sapaan akrabnya mengimbau PDPM Kota Yogyakarta untuk terus istiqomah semangat dalam gerak langkah perjuangan Pemuda Muhammadiyah. “Tentu tegak lurus sama apa yang kemudian diputuskan oleh persyarikatan Muhammadiyah,” jelasnya.

Kemudian, Bendahara Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Yogyakarta, Heri Ananta mengingatkan agar jangan melupakan bahwa bagaimanapun Pemuda Muhammadiyah ini adalah organisasi kader. 

“Jadi proses kaderisasi harus selalu dilakukan di samping untuk kepentingan pdpm sendiri juga untuk kepentingan Persyarikatan Muhammadiyah secara keseluruhan,” ucapnya.

Tak lupa juga, dari Kepala SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta Kustejo, S.Pd.I., M.Pd. juga mengucapkan selamat untuk pengukuhan PDPM Kota Yogyakarta periode 2023-2027.

“Semoga Pemuda Muhammadiyah dapat mengemban amanah dengan sebaik-baiknya sesuai tujuan Pemuda. Menghimpun, membina, dan menggerakkan potensi pemuda Islam demi terwujudnya kader persyarikatan, kader umat, dan kader bangda dalam rangka mencapai tujuan Muhammadiyah,” tuturnya.

Kustejo juga menyatakan pihaknya juga siap membantu sepenuh hati kegiatan Pemuda, lalu memohon doa SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta semakin jaya dan dipercaya masyarakat. 

Pengukuhan PDPM Kota Yogyakarta periode 2023-2027 turut dihadiri sejumlah tamu undangan, seperti Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Kota Yogyakarta, ortom tingkat daerah, para senior Pemuda Muhammadiyah Kota Yogyakarta, PC GP Ansor Kota Yogyakarta, dan Karang Taruna Kota Yogyakarta. (*) 

Wartawan: Dzikril Firmansyah 

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here