News

News

MediaMU.COM

Apr 18, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Agus Taufiqurrahman: RS Muhammadiyah Berazaskan Kasih Sayang, Berpihak Pada Dhuafa Lazismu bersama MPM PP Muhammadiyah Salurkan 1000 Paket Zakat Fitrah dan Fidyah Abdul Mu'ti: Jadikan Idulfitri Momentum Rekonsiliasi Sosial Ketua PP Muhammadiyah Prihatin Korupsi Subur di Tengah Masyakarat yang Religius Haedar Nashir: Puasa Momentum Seimbangkan Hidup dengan Sikap 'Tengahan' Warga Muhammadiyah Lokshumawe Shalat Id Serentak di Halaman Masjid At-Taqwa Taawun Sosial Ramadan PWA DIY: Berbagi Berkah dan Pesan Kebajikan Muhammadiyah DIY Siapkan 718 Lokasi Sholat Idulfitri 1445 H, Ini Daftarnya Layani Para Pemudik, RS PKU Muhammadiyah Bantul Sediakan 3 Posko Kesehatan PDPM Sleman Tebar Kebaikan Ramadhan Bersama Steps2 Allah London di Ponpes Abu Dzar Al Ghifari Gamping Dayah Modern Ihyaaussunnah Kota Lhokseumawe Sukse Gelar Intensive Qur’anic Camp Kunjungi Pos MudikMU Masjid Ahmad Dahlan Pundong, Sekretaris PWM DIY Apresiasi Fasilitas Layanan yang Tersedia MPKU dan Klinik PKU Bambanglipuro Bersinergi dalam Program Muhammadiyah Menyapa Muhammadiyah Umumkan Idul Fitri 1445 H Jatuh Pada Rabu 10 April 2024 Tetap Bertugas di Lebaran, RS PKU Muhammadiyah Yogya Siap Beri Pelayanan Maksimal Saat Ariswan Jelaskan Keberkahan Ramadhan dan Perjalanan Spiritual Melalui Muhammadiyah Maksimalkan Potensi Kemajuan Muhammadiyah, Haedar Nashir Seru Massifkan Dakwah via Sosmed

Ratusan Anggota Difabel Muhammadiyah Resmi Dikukuhkan

Pengukuhan HIDIMU wilayah DIY dan Daerah se-DIY. Foto: Dzikril Firmansyah / Mediamu

SLEMAN - Sebagai organisasi yang bergerak di semua lini, termasuk pemberdayaan masyarakat, Muhammadiyah terus memberi kesempatan kepada semua orang dari berbagai kondisi. Terutama bagi kawan-kawan difabel.

Hal ini yang diwujudkan oleh Majelis Pembinaan Kesejahteraan Sosial (MPKS) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DI Yogyakarta dengan mengukuhkan HIDIMU (Himpunan Difabilitas Muhammadiyah) pada Senin (25/12) di Aula Masjid KH. Sudja’ Komplek RS PKU Muhammadiyah Gamping, Sleman. 

HIDIMU merupakan organisasi atau komunitas yang dibentuk MPKS untuk mewadahi kaum difabel agar bisa menjadi kader dan anggota Muhammadiyah. Untuk periode ini, HIDIMU Wilayah DIY dipimpin oleh Jati Suryanto, M.A., M.Pd. didampingi oleh 40 jajaran anggotanya.

Selain mengukuhkan HIDIMU Wilayah DIY, di saat yang sama juga dilaksanakan pengukuhan HIDIMU Daerah se-DIY. Untuk HIDIMU daerah Sleman dinakhodai oleh Sudaryanti, HIDIMU Gunungkidul dipimpin Maridi, HIDIMU Kulon Progo dengan ketuanya Warsana, lalu HIDIMU Bantul dikoordinir Andi Maulana, dan HIDIMU Yogyakarta diketuai Prima Agus Setiawan. Ada sekitar ratusan penyandang difabel yang telah bergabung dan ikut dikukuhkan menjadi HIDIMU di DIY. 

Ketua MPKS PWM DIY Zaenal Arifin turut bersyukur akhirnya HIDIMU DIY bisa dikukuhkan. Untuk itu ia berterima kasih kepada pihak-pihak yang ikut mensukseskan terbentuknya HIDIMU wilayah DIY dan daerah se-DIY, terutama Tim Cobra MPKS.

“(Terima kasih) kepada teman-teman Tim Cobra MPKS DIY, namanya Tim Cobra karena bisanya banyak, sehingga pada kesempatan ini bisa terselenggara kegiatan pengukuhan HIDIMU,” kata Zaenal. 

Dikukuhkannya HIDIMU ini sebagai amanah dari PWM DIY untuk mewadahi kaum difabel dalam suatu komunitas dan bisa terbentuk dari wilayah sampai ke daerah-daerah. Maka, ini adalah awal dari kegiatan bersama terkait difabel di Muhammadiyah DIY.

“Insya Allah ke depan program-program kegiatan yang semakin lebih erat sinergitas dan kolaborasinya tidak hanya kami di MPKS. Tentunya bersinergi bersama dengan majelis dan lembaga yang lain, karena pasti program ini saling terkait dan saling beririsan,” jelas Zaenal.

Pengukuhan HIDIMU DIY ini turut dihadiri beberapa tamu undangan seperti Wakil Ketua PWM DIY Dr. Nur Ahmad Ghojali, M.A., Calon Anggota DPD RI Ir. Ahmad Syauqi Soeratno, M.M., perwakilan Majelis dan Lembaga PWM DIY, perwakilan RS PKU Muhammadiyah Gamping, PDM se-DIY, hingga tokoh masyarakat dan pegiat difabel DIY. (*)

Wartawan: Dzikril Firmansyah 

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here