News

News

MediaMU.COM

May 17, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Abdul Mu'ti: Bukan Mendiskriminasi, Islam Justru Memuliakan Perempuan Lewat Workshop, BMT UMY Komitmen Wujudkan “Modernisasi Koperasi” di Kabupaten Bantul Komitmen Mengabdi Di Daerah 3T, PENA UMY Menuju Sambi Rampas Gallery Walk GCWRI Jadi Saksi Aksi Pemuda-Pemudi Lintas Iman Rawat Perdamaian dan Lingkungan  Nur Ahmad Ghojali Harapkan LKSA Panti Asuhan Muhammadiyah Unggul Berkemajuan PC IMM Djazman Al Kindi Yogya dan BEM UAD Gelar Simposium Pemikiran Islam, Hadirkan Pendiri IMM JISRA Indonesia Suarakan Ecofeminism dan Kerukunan Lintas Iman dalam Global Conference on Women’s Rights in Islam (GCWRI) PCM Ngampilan Adakan Silaturahmi Sekaligus Pelepasan Calon Jamaah Haji Mie Lezatmu dan Mocaf Jadi Bukti Inovasi Cabang-Ranting Muhammadiyah dalam Dakwah Ekonomi PSHW UMY Amankan Tiket Menuju Babak 32 Besar Liga 3 Nasional Gelar Workshop Nasional, LPCRPM PP Siapkan Penguatan Cabang, Ranting, dan Masjid Mahasiswa UAD Tuntut Palestina Merdeka, Presiden BEM UAD: Negara Arab Jangan Cuma Peduli Minyak Saja! Ikut Aksi Bela Palestina, Rektor UAD: Anak Kecil Juga Pedih dengan Penderitaan Palestina Serukan Dukungan Palestina Merdeka, Dosen UAD: Pro Israel Hukumnya Haram Mughallazah Aksi Bela Palestina Menggema di Seluruh Kampus Muhammadiyah dan Aisyiyah Nasyiatul Aisyiyah gelar ToT Fasilitator Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak untuk Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat 1000 Cahaya: Muhammadiyah Gerakkan Ranting Hingga Sekolah untuk Cegah Krisis Iklim Keluarga Alumni UAD Hadiri Syawalan: Taburkan Maaf, Sucikan Hati, Eratkan Tali Persaudaraan Perguruan Tinggi Muhammadiyah - Aisyiyah Bakal Gelar Aksi Serentak Bela Palestina Perkuat Dakwah, Warga Muhammadiyah Bantul Hadiri Syawalan dan Pelepasan Ratusan Jamaah Haji

Ramaikan Musywil DIY, Runnersmu DIY Lari Sejauh 13 KM

SLEMAN — Gelaran Musywil XIII Muhammadiyah dan Musywil XII ‘Aisyiyah DIY mampu menarik perhatian banyak orang untuk ikut memeriahkannya. Termasuk, dengan cara yang unik, gembira, dan menyehatkan.

Hal tersebut ditunjukkan oleh kawan – kawan dari UAD Runners dan Komunitas Lari Warga Muhammadiyah dengan mengadakan Musywil Run 13K pada hari Sabtu (18/2) pagi. Pada kegiatan ini, para peserta melakukan fun run atau berlari gembira sejauh 13 KM, start dari Gedung Dakwah Muhammadiyah DIY Jl.Gedongkuning pukul 06.00 WIB hingga finish di Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta pukul 08.02 WIB.

Musywil Run 13K ini diikuti oleh warga Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah DIY berjumlah 42 orang termasuk official.

“Selain UAD Runners, peserta juga tergabung dalam beberapa komunitas yang ada di DIY diantaranya Bantul Runners, KLUB Runners UGM, Playon Alkid, Ngelongrun Runners, Riot Jogja, dan Jogja Trail,” papar Andri Pranolo, S.Kom., M.Cs. selaku Koordinator Musywil Run 13K.

Sesaat sebelum melakoni start, peserta dilepas oleh Heri Prastiyo, S.T., selaku Ketua Divisi Syiar Musywil PWM/PWA DIY hingga finish di UNISA. Kedatangan para pelari ini disambut oleh warga Muhammadiyah dan Divisi Syiar Musywil PWM/PWA DIY dan Panitia Musywil, serta Ketua PWM DIY H. Gita Danu Pranata, S.E. M.M., Rektor UAD Dr. Muchlas, M.T. dan segenap civitas akademika UNISA Yogyakarta.

Dalam perjalanannya, para pelari menempuh rute sebagai berikut: Jl. Gedongkuning –> Jl. Kebun Raya –> Jl. Kusumanegara –> Jl. Sultan Agung –> PDM Kota –> Jl. Panembahan Senopati –> Titik 0 KM –> Jl. KH. Ahmad Dahlan → Gedoeng Moehammadijah/PP Muhammadiyah Lama (half way) –> Jl. Wates –> Jl. Ringroad Barat –> Jl. Ring Road Utara kemudian finish UNISA Yogyakarta.

Selama berlari pula, terdapat tantangan yang mengiringi. Mulai dari kecepatan pelari berbeda, walaupun sudah menetapkan berlari 8-9 menit per KM (pace 8-9), akan tetapi beberapa pelari nampak tertinggal.

Kemudian, para pelari juga diguyur hujan yang tidak terlalu deras disertai dan cuaca lumayan terkendali. Lalu, keamanan di jalan raya, mengingat rute lari Musywil Run 13K ini 100 persen melintasi jalan raya dan cukup ramai kendaraan.

Meski begitu, kendala tersebut masih bisa ditangani dengan baik lewat bantuan tim sweeper, KOKAM, dan AmbulanMU yang mengawal hingga peserta terakhir. Karena keamanan pelari menjadi prioritas, maka KOKAM dengan sigap berjaga mengamankan lalu lintas.

“Selain itu, panitia telah menyiapkan mantel sekali pakai untuk peserta jika membutuhkan. Lalu, pengamanan pelari menjadi prioritas, untuk hal ini kami dibantu pengamanan KOKAM yang sigap berjaga mengamankan lalu lintas terutama di setiap persimpangan jalan, dan AmbulanMu yang mengawal di depan dan belakang rombongan pelari,” jelas Andri.

Dengan diselenggarakannya Musywil Run 13K ini turut menegaskan Muhammadiyah turut berkiprah dalam upaya menyehatkan warganya dan masyarakat jogja dengan budaya olahraga lari.

“Ini dibuktikan dengan antusias warga muhammadiyah dan juga komunitas lari di DIY dalam Musywil Run 13K ini. Semoga kegiatan ini dapat memberikan inspirasi kepada warga Muhammadiyah yang belum memulai berolahraga untuk memulai berolahraga,” tutur Andri.

Tak lupa juga Andri mengucapkan selamat dan sukses untuk Musywil XIII Muhammadiyah dan Musywil XII ‘Aisyiyah DIY.

“Semoga dapat terpilih Pimpinan Wilayah Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah yang dapat mewujudkan program untuk mengamalkan dan membumikan Risalah islam Berkemajuan dari segala aspek kehidupan masyarakat, sehingga Masyarakat Jogja terus tercerahkan oleh Muhammadiyah,” harap Andri. (*)


Wartawan: Dzikril Firmansyah

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here