News

News

MediaMU.COM

Apr 28, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Atasi Perubahan Iklim, MLH PP Muhammadiyah Tanam 1000 Pohon Mangrove Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK Inilah Makna Syawalan Bagi Cabang Ranting dan Masjid Berkemajuan Sukses di DPD RI, PWM DIY Siapkan Kader-kader Terbaiknya di Pilkada Serentak 300 Warga Muhammadiyah Ngaglik Hadiri Syawalan, Siap Bangun SMP Muhammadiyah yang Pertama Timnas U-23 Menang Lawan Australia Berkat Mahasiswa Muhammadiyah, Inilah Komentar Syauqi Soeratno Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah

PRA Nogotirto Santuni 121 Anak Yatim Piatu

Perwakilan penerima santunan bersama pengurus PRA dan PRM Nogotirto. Foto: Vivin Ardhian

SLEMAN – Sebanyak 121 siswa yatim piatu dari TK sampai perguruan tinggi memperoleh dana santunan sosial dari Pimpinan Ranting ‘Aisyiyah (PRA) Nogotirto, Gamping, Sleman, DI Yogyakarta. Penyerahan santunan dilakukan secara simbolis di Gedung Dakwah Nogotirto (GDN), Kamis (19/8).

“Ini bentuk kepedulian ‘Aisyiyah kepada generasi penerus,” kata Hj. Titik Setiati, Ketua Majelis Sosial PRA Nogotirto, dalam acara tersebut. Rincian penerima santunan adalah TK (10 anak), SD (37), SMP (43), SMA (26), dan mahasiswa (5).

Santunan sosial ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang diserahkan setiap bulan Muharram. Sebelum pandemi Covid-19 dibarengkan dengan Pengajian Ahad Wage di Balai Desa Nogotirto yang biasanya dihadiri sekitar 300 orang. Tapi, kata Titik, dalam dua tahun ini (2020 dan 2021) dilakukan di GDN dengan jumlah peserta terbatas.

Acara tersebut dihadiri unsur pimpinan dan pengurus PRA, Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM), Pimpinan Ranting Pemuda Muhammadiyah (PRPM), dan Pimpinan Ranting Nasyiatul ‘Aisyiyah (PRNA) Nogotirto.

Dana dikumpulkan dari para donasi. Dalam sepekan ini open donasi melalui grup WA mengumpilkan sejumlah Rp 16.100.000. Jumlah ini ditambah saldo kegiatan ta’awun sosial pada bulan Ramadhan 1442 sebesar Rp 16.550.800.

“Selain kepada anak yatim piatu, tahun ini juga menyerahkan bantuan ke beberapa pantuan asuhan dan kaum dhu’afa. Semoga bermanfaat,” kata Titik.

Alya, salah satu penerima santunan, mengucapkan terima kasih atas santunan tersebut. Mewakili penerima yang lain ia mengatakan akan memanfaatkan santunan dengan sebaik-baiknya.

Wakil Ketua PRA Nogotirto, Hj. Marmini, dalam sambutan pengantar berharap bantuan bermanfaat bagi para penerima. “Ini kegiatan rutin yang sudah berjalan bertahun-tahun. Terima kasih kepada para donator,” katanya.

Sedangkan Sekretaris PRA Nogotirto, Sri Wahyuni, menjelaskan bahwa di masa pandemi ini kegiatan sosial ‘Aisyiyah di wilayahnya justru semakin kencang. Selain santunan untuk anak yatim piatu, juga bantuan kepada warga isoman serta terdampak Covid-19, sampai kepada donasi untuk warga Palestina beberapa waktu lalu.

“Pandemi tidak menghentikan aksi sosial kita. Inilah semangat sosial yang diwariskan Mbah Dahlan (KH. Ahmad Dahlan). Persyarikatan Muhammadiyah tetap menunjukkan kepeduliannya kepada warga yang memerlukan,” tegasnya. (*)

Wartawan/Editor: Heru Prasetya

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here