News

News

MediaMU.COM

Apr 27, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK Inilah Makna Syawalan Bagi Cabang Ranting dan Masjid Berkemajuan Sukses di DPD RI, PWM DIY Siapkan Kader-kader Terbaiknya di Pilkada Serentak 300 Warga Muhammadiyah Ngaglik Hadiri Syawalan, Siap Bangun SMP Muhammadiyah yang Pertama Timnas U-23 Menang Lawan Australia Berkat Mahasiswa Muhammadiyah, Inilah Komentar Syauqi Soeratno Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: RS Muhammadiyah Berazaskan Kasih Sayang, Berpihak Pada Dhuafa

Suara ‘Aisyiyah Adakan Gerakan Literasi sebagai Pilar Gerakan Keilmuan

Hajar NS, Pemimpin Redaksi Majalah Suara 'Aisyiyah. Foto: dok. Pribadi.

YOGYA – Gerakan Literasi Suara ‘Aisyiyah merupakan salah satu program Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah yang dimulai sejak Juli 2021. Program ini dilakukan secara periodik sesuai ketersediaan Majalah Suara ‘Aisyiyah (SA). Ada dua macam program, yaitu berbagi Majalah SA pada komunitas taman baca di DIY yang membutuhkan dan sedekah buku dengan penggalangan dana (donatur) untuk operasional Majalah SA bagi taman baca di luar DIY yang membutuhkan.

Salah satu visi misi SA yang juga menjadi dasar terbentuknya program Gerakan Literasi Suara ‘Aisyiyah adalah ‘Aisyiyah dapat menjadi bagian dari gerakan ilmu sebagaimana menjadi mandat dalam pokok pikiran Muhammadiyah abad kedua, bahwa salah satu agenda strategisnya adalah gerakan keilmuan.

“Hal itu menjadi penanda Muhammadiyah sebagai gerakan modern dan berkemajuan, serta sebagai pilar gerakan keilmuan ‘Aisyiyah,” kata Hajar Nur Setyowati, S.S., S.Thi., M.A. (Pemimpin Redaksi Majalah Suara ‘Aisyiyah) pada mediamu.com.

Majalah SA terbit pertama kali pada Oktober 1926. Sebelumnya terbit dalam bentuk lembaran Istri-Islam di Suara Muhammadiyah (1925). Kini usia SA 95 tahun (berdasar penanggalan masehi/1926) dan 98 tahun (berdasar penanggalan hijriyah/1345).

Hajar juga menyampaikan keprihatinannya terkait tingkat literasi di Indonesia yang masih rendah. Tantangan seiring meningkatnya kemajuan teknologi, bahwa kultur, landasan, dan minat membaca tetap perlu dibangun, karena membaca dapat meningkatkan tingkat konsentrasi, kemampuan refleksi, dan analisis.

Iqra’ (membaca) dapat diartikan membaca realitas, membaca buku, dan membaca ilmu pengetahuan lain. Ketika tumbuh kultur dan minat baca, serta menjadi kebutuhan pada diri seseorang, maka dalam penggunaan gawai akan lebih meluangkan waktu untuk membaca serta mencari knowledge saat mengakses youtube, facebook, instagram, dan media sosial lain.

SA dengan tagline “Inspirasi Perempuan Berkemajuan” memiliki beberapa rubrik, seperti berita (isu-isu aktual), liputan utama, kalam, keluarga sakinah, pendidikan, kesehatan, opini, wawasan, budaya, dinamika organisasi, dan lain sebagainya. Bertujuan merespon perubahan zaman, memberikan pencerahan, serta seputar Islam dan perempuan berkemajuan.

“Kurangnya donator untuk biaya operasional taman baca di luar DIY menjadi kendala dalam program Gerakan Literasi Suara ‘Aisyiyah dan juga di masa pandemi ini terjadi penurunan pemasaran,” jelasnya.

Pendistribusian yang biasanya dilakukan melakukan pimpinan daerah, kini karena kondisi tatap muka yang jarang sehingga pendistribusian kurang memungkinkan, sehingga solusi sementara adalah memperkuat literasi melalui website Suara ‘Aisyiyah.

Program Gerakan Literasi Suara ‘Aisyiyah hadir sebagai salah satu solusi bagi taman baca yang membutuhkan dan dapat diakses dengan dengan melakukan pendaftaran taman baca melalui link googleform https://bit.ly/GerakanLiterasiSuaraAisyiyah. Langganan dan donasi untuk Majalah SA dapat melalui facebook Suara ‘Aisyiyah, instagram@suaraaisyiyah, atau https://suaraaisyiyah.id/info-berlangganan/ dengan harga Rp 14.000 untuk Pulau Jawa dan Rp 17.000 untuk luar Pulau Jawa.

“Dengan Gerakan Literasi ‘Aisyiyah diharapkan dapat meningkatkan akses literasi semua kalangan, termasuk warga ‘Aisyiyah, perempuan, masyarakat pedesaan, juga kelompok-kelompok lain untuk meningkatkan wawasan. Sehingga melalui majalah dan buku, masyarakat dapat melek literasi,” tegasnya. (*)

Wartawan: Afifatur Rasyidah I.N.A.
Editor: Sucipto

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here