News

News

MediaMU.COM

May 6, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Perguruan Tinggi Muhammadiyah - Aisyiyah Bakal Gelar Aksi Serentak Bela Palestina Perkuat Dakwah, Warga Muhammadiyah Bantul Hadiri Syawalan dan Pelepasan Ratusan Jamaah Haji Gelar Syawalan dan Silatnas, IPM Luncurkan Inovasi dan Rencana Masa Depan Menjanjikan Syawalan PCM Kalasan Bahas Diplomasi Makanan Sebagai Upaya Melenturkan Dakwah Berkemajuan Syawalan PCM Gamping, dr. Agus Taufiqurrahman: Dakwah Muhammadiyah Tidak Selesai di Lisan Pentas Dakwah Seni Budaya Meriahkan Syawalan PCM Gamping Dalam Syawalan dan Family Gathering, IMM UGM Bersatu dan Bersilaturahmi Resmi Terpilih Jadi DPD RI, Syauqi Soeratno Siap Bawa Muhammadiyah dan Jogja Lebih Istimewa Sukses Antar Syauqi Soeratno ke DPD RI, PWM DIY Songsong Pilkada 2024 Ahmad Syauqi Soeratno Jadi Senator DIY Terpilih, Relawan Tasyakuran Besar-besaran Kembali Rebut 3 Poin di Liga 3, PSHW UMY Pertahankan Ritme Permainan Timnas U-23 Gagal Kalahkan Irak, Haedar Nashir: Masih Ada Asa Suara Muhammadiyah Buka SM Farm, Ratusan Ekor Sapi Langsung Ludes Dipesan Ratusan Baliho Ketua PWPM DIY Penuhi Titik Strategis Gunungkidul, Isyarat Maju Pilkada Luar Biasa! 926 Guru PAUD/TK ABA Hadir di Silaturahim Keluarga Besar IGABA Sleman Demam Timnas, 200 Titik Pimpinan dan Amal Usaha Muhammadiyah Gelar Nobar PCIM Tiongkok Gelar Kajian Syawal Bersama Din Syamsuddin, Kuatkan Dakwah Melalui Diaspora Timnas Indonesia Kalah Atas Uzbekistan, Haedar Nashir Beri Semangat: Kalian Pahlawan Bangsa Tanpa Mahkota! Ramai Gelar Nobar Timnas U-23, Dosen UMY Beri Penjelasan Begini Rektor Berharap PSHW UMY Jadi Kebanggan Pemuda dan Perguruan Tinggi Muhammadiyah

Pleno 1 Muktamar Segera Digelar, Ketua SC Minta Materi Tidak Bocor

SURAKARTA Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof.Dr. Abdul Mu’ti, M.Ed. memberikan sejumlah arahan dari pelaksanaan Sidang Pleno 1 Muktamar Muhammadiyah ke – 48 yang akan digelar pada Sabtu – Ahad, 5-6 November 2022.

Arahan dari figur yang juga Ketua Panitia Pengarah / Steering Committee tersebut disampaikan secara daring pada saat Simulasi Sidang Pleno 1 Muktamar di Auditorium Moh. Djazman Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), pada hari Selasa (1/11)

Abdul Mu’ti mengatakan Sidang Pleno 1 Muktamar merupakan rangkaian tidak terpisahkan dari pelaksanaan Muktamar ke – 48 pada tanggal 18-20 November 2022 mendatang

“Sehingga tanggal 5 (November) sebetulnya sudah Muktamar dan diselenggarakan secara virtual,” katanya.

Disampaikan juga oleh Mu’ti, materi-materi Muktamar yang dibahas ini jadi bagian dari masukan resmi anggota Muktamar.

“Hanya karena keterbatasan ruang dan waktu, maka kami harapkan dari anggota Muktamar diwakili masing-masing ketua wilayahnya sehingga aspirasi  anggota Muktamar yang dalam muktamar sebelumnya yang tidak dilakukan secara daring bisa dilakukan peserta namun kali ini, masukan, pertanyaan dan gagasan peserta muktamar disampaikan melalui PWM/PWA. Sehingga masih ada beberapa waktu bagi anggota memberi masukan melalui pimpinan wilayah Muhammadiyah dan Aisyiyah,” terang Mu’ti.

Selain itu, presentasi tanggapan materi dari Pusat oleh Wilayah dalam penyajian secara lisan dialokasikan masing-masing wilayah 10 menit.

“Sehingga dapat selesai sehari walau harus marathon karena dilakukan dari jam 08.00 – 22.30 WIB. Sehingga, penyampaian dipersiapkan sebaik-baiknya. Disampaikan yang  esensial, poin-poin yang penting disampaikan,” jelas Mu’ti.

Adapun, masukan panjang lebar tertulis bisa dikirim email kepada panitia pelaksana dan panitia pengarah untuk dianalisis dan diberikan tanggapan pada pelaksanaan Muktamar nanti.

Mu’ti menambahkan jika secara prinsip Sidang Pleno 2 ini terbatas bagi anggota Muktamar saja.

Namun, karena tidak menggunakan Zoom yang bersifat personal tapi secara kolektif, maka sangat mungkin pelaksanaan Sidang Pleno diikuti mereka yang bukan anggota Muhammadiyah

“Karena sifat sidang Muktamar terbatas, maka mereka yang menghadiri diluar anggota Muktamar dan mungkin yang mengikuti media zoom, tidak boleh menyampaikannya kepada media atau pihak lain yang tidak terikat Muktamar. ini menurut saya penting jadi bagian komitmen kita bersama karena ini dilaksanakan terbatas bagi mereka yang bukan peserta Muktamar,” tandas Mu’ti.

Ia juga berpesan agar materi Muktamar tidak bocor, termasuk laporan keuangan.  “Yang berkaitan substansi materi ini mohon kita semua menjaga sebaik-baiknya. Terutama nanti ada materi  keuangan laporannya. Nah, laporan keuangan ini tidak kita sertakan dalam materi yang disampaikan PP (kepada PWM) karena akan dibacakan langsung oleh Bendahara PP Muhammadiyah, Pak Marpuji Ali. Ini soal angka-angka jadi sensitif, mohon saat laporan keuangan  dibacakan dijaga dengan seksama sehingga tidak beredar ke publik yang tidak berkaitan dengan Muktamar apalagi jatuh ke pihak pihak lain yang punya kepentingan tertentu usai membaca laporan keuangan,” pesan Mu’ti. (*)


Wartawan: Dzikril Firmansyah

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here