News

News

MediaMU.COM

May 2, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Luar Biasa! 926 Guru PAUD/TK ABA Hadir di Silaturahim Keluarga Besar IGABA Sleman Demam Timnas, 200 Titik Pimpinan dan Amal Usaha Muhammadiyah Gelar Nobar PCIM Tiongkok Gelar Kajian Syawal Bersama Din Syamsuddin, Kuatkan Dakwah Melalui Diaspora Timnas Indonesia Kalah Atas Uzbekistan, Haedar Nashir Beri Semangat: Kalian Pahlawan Bangsa Tanpa Mahkota! Ramai Gelar Nobar Timnas U-23, Dosen UMY Beri Penjelasan Begini Rektor Berharap PSHW UMY Jadi Kebanggan Pemuda dan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Amanatkan Jaga Tradisi Syawalan, Haedar Nashir: Identitas Kita Sebagai Bangsa Haedar Nashir Tegaskan Muhammadiyah Netral dalam Politik, Ingatkan Semua Pihak Berintrospeksi Atasi Perubahan Iklim, MLH PP Muhammadiyah Tanam 1000 Pohon Mangrove Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK Inilah Makna Syawalan Bagi Cabang Ranting dan Masjid Berkemajuan

Persiapkan Ramadhan, Masjid Al-Kautsar Gelar Pelatihan Shalat Sesuai HPTM dan Berbagai Program Menarik

BANTUL - Dalam persiapan menjelang bulan suci Ramadhan 1445 H, takmir Masjid Al-Kautsar bekerja sama dengan Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Piyungan selenggarakan pelatihan salat sesuai Himpunan Putusan Tarjih Muhammadiyah (HPTM). Pelatihan yang diselenggarakan pada Rabu (6/3) di Masjid  yang terletak di Dusun Bintaran Kulon, Srimulyo, Piyungan, Bantul ini diisi langsung oleh Ustaz Asep Shalahudin, S.Ag., M.Pd.I., anggota Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah.

Dalam materinya, Asep menerangkan kepada hadirin tentang salat menurut HPTM dari mulai bacaan hingga gerakan. Materi ini disampaikannya secara berkala agar hadirin optimal untuk beribadah saat bulan puasa.

Demikian pula disampaikan oleh Iki Tabah Ujianan, Wakil Ketua Takmir Masjid Al-Kautsar dalam keterangannya pada Mediamu.com. pelatihan salat sesuai HPTM ini adalah salah satu program yang dicanangkan masjid untuk masyarakat sekitar. Selain pelatihan salat, ada beberapa program menarik yang diharapkan bisa menjadi magnet masyarakat untuk senantiasa memperbanyak ibadah saat Ramadhan.

“Harapannya begitu, masjid makmur masyarakat juga dapat timbal balik positif. Semuanya bersinergi untuk Ramadhan yang lebih baik,” terangnya.

Dalam menghadapai Ramadhan 1445 H, Masjid Al-Kautsar telah menyiapkan program yang akan melibatkan masyarakat sekitar. Salah satunya adalah pasar Ramadhan 1445 H yang akan dilaksanakan satu bulan penuh di halaman masjid.

“Program ini untuk membantu meningkatkan ekonomi masyarakat,” jelas Tabah.

Lalu di bidang ibadah, selain salat tarawih dan kuliah tujuh menit (kultum) Masjid Al-Kautsar juga menyiapkan buka bersama akbar se-padukuhan Bintaran setiap hari Ahad dan Kajian Subuh khusus membedah buku Tanya Jawab Agama.

Tak luput dari jangkauan, anak-anak juga diajak aktif bersinergi dengan masjid melalui program lomba e-sport. Lomba ini diperuntukkan untuk anak dan remaja dengan syarat wajib mengikuti salat jamaah di masjid.

“Dengan begitu, harapannya anak-anak dan remaja tertarik datang ke masjid dan kemudian menyukai masjid,” ucap Tabah.

Agus Wahyudi, Ketua Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Srimulyo Barat mengapresiasi setinggi-tingginya kinerja takmir dalam menyiapkan Ramadhan 1445 H. Ia terkesan dengan kreativitas dan ide untuk memakmurkan masjid dan mensinergikannya dengan masyarakat. Ia berharap ke depan program seperti ini bisa konsisten.

“Semoga berbagai macam kegiatan di masjid ini bisa istiqomah sampai terwujud kader kader Muhammadiyah yang bisa di andalkan di wilayah Piyungan sampai pusat,” tuturnya.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here