News

News

MediaMU.COM

May 2, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Luar Biasa! 926 Guru PAUD/TK ABA Hadir di Silaturahim Keluarga Besar IGABA Sleman Demam Timnas, 200 Titik Pimpinan dan Amal Usaha Muhammadiyah Gelar Nobar PCIM Tiongkok Gelar Kajian Syawal Bersama Din Syamsuddin, Kuatkan Dakwah Melalui Diaspora Timnas Indonesia Kalah Atas Uzbekistan, Haedar Nashir Beri Semangat: Kalian Pahlawan Bangsa Tanpa Mahkota! Ramai Gelar Nobar Timnas U-23, Dosen UMY Beri Penjelasan Begini Rektor Berharap PSHW UMY Jadi Kebanggan Pemuda dan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Amanatkan Jaga Tradisi Syawalan, Haedar Nashir: Identitas Kita Sebagai Bangsa Haedar Nashir Tegaskan Muhammadiyah Netral dalam Politik, Ingatkan Semua Pihak Berintrospeksi Atasi Perubahan Iklim, MLH PP Muhammadiyah Tanam 1000 Pohon Mangrove Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK Inilah Makna Syawalan Bagi Cabang Ranting dan Masjid Berkemajuan

Perangi Hoax PWM DIY Launching Layanan Call Center

YOGYA – Tema seputar Covid-19 masih selalu relevan untuk dikaji dan diperdalam. Sebagaimana diketahui bahwa penyebaran virus ini masih tinggi. Selain itu, informasi hoax seputar Covid-19 masih saja berputaran melalui whatsapp.

Hal tersebut disampaikan Ketua PWM DIY, Drs. Gita Danupranata, S.E., M.M,  pada acara Pengajian Konsolidasi Organisasi PWM DI Yogyakarta secara online, Jum’at (6/8).

Muhammadiyah sebagai rumah besar selama ini telah memandu, mendampingi, dan melayani terkait hal ihwal penanganan Covid-19. Nyaris pada semua aspek, mulai dari medis, keberagamaan, sosial, dan lain-lain, Muhammadiyah ada di dalamnya.

Dalam perspektif medis, Muhammadiyah telah membentuk MCCC yang memberikan panduan protokol kesehatan dan penangaannya berupa panduan secara rinci. Dalam hal ibadah, Majelis Tarjih dan Tajdid juga telah mengeluarkan panduan terkait ibadah selama pandemi. Mungkin karena hal baru, sosialisasinya masih harus karena beberapa hal dinilai belum lazim, misalnya shaff berjarak, shalat mengenakan masker, dan tidak bersalaman.

Gita kemudian bercerita tentang pengalaman masa kecil. Ia merasa bahwa utamanya shalat adalah di awalwaktu. Saat bepergian melihat ayahnya tidak berhenti ketika waktu shalat tiba, Gita marah dan menanyakan mengapa tidak berhenti untuk shalat.

“Ayah saya menjawab baik nanti kita berhenti dan pelajari lebih dalam lagi tentang shalat ketika musafir,” katanya. Dari situlah kemudian lambat laun tahu bahwa ada tuntunan shalat ketika sedang bepergian atau musafir. Cerita tersebut serupa dengan yang dialami saat ini oleh masyarakat.

Selain aspek medis dan agama, penanganan Covid-19 di era media digital saat ini juga menjadi hal penting. Banyak informasi beredar tentang Covid-19, sebagian di antaranya membingungkan masyarakat, bahkan banyak juga yang berita bohong alias hoax. Sehingga perlu dilakukan tabayun atas informasi tersebut.

Merespon hal tersebut, Gita Danupranata melanching Call Center dalam hal informasi seputar Covid-19. Diharapkan, kehadiran Call Center yang digawangi mediamuID MPI PWM DIY ini mampu menjawab berbagai pertanyaan masyarakat tentang virus ini.

Bagi masyarakat yang perlu penjelasan tentang kabar seputar Covid-19 tinggal mengirim pesan ke nomor 0813 2551 1912 dengan jam operasional 09.00-16.00. “Ini sebagai salah satu layanan penanganan Covid-19,” jelas Gita. (*)

Wartawan: Mayda Dwi
Editor: Heru Prasetya

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here