News

News

MediaMU.COM

Jun 14, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Eco Bhinneka Muhammadiyah dan Majelis Sinode GPIB Perkuat Kerjasama Lestarikan Lingkungan GreenFaith x Eco Bhinneka Muhammadiyah Belajar Merawat Bumi Melalui Rumah Ibadah Saat Parkiran Basement PDM Jogja Disulap IPM DIY Jadi Tempat Nobar Timnas, Bawa Kemenangan untuk Garuda Pemilu Sukses, IMM DIY Dukung KPU DIY untuk Pilkada PCIM Tiongkok Bersama Anwar Abbas Kunjungi CIA, Jalin Silaturahmi dan Kerja Sama Gol Mahasiswa Muhammadiyah Antarkan Timnas Indonesia Menuju Piala Dunia 2026 Inovatif! Dosen UMY Kembangkan Rekayasa Teknologi untuk Olahraga Lempar Pisau Muhammadiyah Yakin Timnas Indonesia Bisa Lolos ke Piala Dunia 2026 Ibu-Ibu 'Aisyiyah Mergangsan Belajar Olah Mocaf Jadi Cemilan Sehat Bersama Faperta UMY MPM Pusat Inisiasi Kampung Nelayan Berkemajuan, Fokus Peningkatan Kualitas Hidup Keluarga Nelayan Perpustakaan UMY Raih Juara Instagram Terbaik di FPPTMA AWARDS 2024 PCA Ngampilan Semarakkan Milad ‘Aisyiyah ke-107 Dengan Rangkaian Syiar Dakwah Resmi Diumumkan, Siswa-siswi Kelas IX SMP Muhdasa Yogya Lulus 100% Dari Bazaar hingga Posbakum, PWA Aceh Sukses Gelar Milad ‘Aisyiyah ke-107 Lazismu UMY Raih Sertifikat ISO, Perdana Untuk Kantor Layanan Lazismu Ingat Dosa-dosa ke Lingkungan Hidup, DPP IMM Laksanakan Gerakan Nasional Menanam Pohon Ogah Mengurus Tambang! IMM Pilih Kelola Bank Sampah IBTimes.id Rayakan Milad ke-5: Merayakan Moderasi Beragama Jelang Iduladha, JagalMu Sleman Latih 30 Juru Sembelih Teknik Qurban Halal PWPM DIY Sambangi Pemuda Muhammadiyah Sleman, Ada Apa? 

PDPM Kota Yogyakarta, Kokam, dan Lazismu Respons Kekeringan dengan Distribusikan Air Bersih

GUNUNGKIDUL – PDPM Kota Yogyakarta, Kokam, dan LazisMu Kota Yogyakarta bersinergi untuk menyelenggarakan kegiatan pendistribusian air bersih di Padukuhan Pakel, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, DIY, pada Ahad (3/12). Sebanyak 20 tangki dengan kapasitas 6000 liter per tangki didistribusikan sebagai upaya mengatasi krisis air di wilayah tersebut.

Eka Krisna Jaya, Komandan Kokam Kota Yogyakarta, menjelaskan bahwa lokasi ini dipilih karena terdapat 107.853 jiwa yang berpotensi terdampak krisis air di musim kemarau. Meskipun telah memasuki musim penghujan, daerah tersebut masih mengalami kesulitan mendapatkan pasokan air. Dalam konteks ini, kegiatan ini dianggap sebagai kewajiban para kader Muhammadiyah untuk membantu masyarakat yang sedang menghadapi cobaan krisis air.

"Menjadi kewajiban bagi kami kader Muhammadiyah untuk senantiasa membantu saudara – saudara kita yang tengah mengalami cobaan krisis air ini, semoga dengan bantuan ini bisa meringankan beban masyarakat Tepus dalam mendapatkan air," ungkapnya.

Syamsudin, perwakilan dari PCM Tepus, menyatakan bahwa wilayah Gunungkidul, terutama di Kecamatan Tepus, belum sepenuhnya memadai untuk memenuhi kebutuhan air bersih. Faktor jarak dan kondisi geografis yang sulit dijangkau menyebabkan harga air bersih menjadi mahal. Warga sering mengandalkan air tangki dan membuat bak penampungan air hujan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Keberhasilan kegiatan ini mendapat sambutan baik dari warga setempat, dan mereka menyampaikan rasa terima kasih atas bantuan tersebut. Nugroho, perwakilan dari LazisMu Kota Yogyakarta, menambahkan bahwa selain pendistribusian air, mereka juga akan memberikan bantuan berupa pipa air untuk menyambungkan ke PDAM terdekat ke depannya. (*)

Wartawan: Fatan Asshidqi

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here