News

News

MediaMU.COM

Jul 17, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
PCM Kalasan Jadikan Tahun Baru Hijriah Sebagai Momen Refleksi dan Penguatan Dakwah Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: Jika Otak Pintar dan Akhlak Baik Disatukan, Indonesia akan Maju Arif Jamali Muis: Center of Excellent Muhammadiyah Dimulai dari Gunungkidul Prihatin Kondisi Pengelolaan Sampah Ternate, Pemuda Lintas Iman Susun Rekomendasi untuk Pemerintah Ternate Guru Besar UAD Bicarakan Tantangan Kosmetik Halal di International Pharmacy Summer School UMY Ketua PPNI Bireuen Apresiasi Atas Berhasilnya Ummah Raih Akreditasi Baik Sekali  Dorong Peningkatan Ekonomi Umat, Lazismu Pusat Dan PWM Aceh Kerjasama Dengan Bank Danamon Syariah  Selamat Jalan Bu Ahang, Kami Semua Ikhlas PWA DIY Gelar EMKAES TOP, Upayakan Bersama Kebahagian Lansia Ibu Nahar Miladi Dimakamkan, Satu Lokasi dengan Mantan Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir Sampaikan Duka Cita atas Wafatnya Nahar Miladi Mahasiswa UMY Kembangkan Ekstrak Kulit Pohon Bangkal untuk Obati Kanker Payudara Anak Muda Mengaji: Inovasi AMM Depok dalam Kegiatan Mengaji untuk Gen-Z KABAR DUKA: Istri Sekretaris PWM DIY Meninggal Dunia  Gelar Pelatihan Jurnalistik, MPI DIY Siapkan Aktivis Media Muhammadiyah di Daerah dan Cabang Rayakan Milad ke-22 Tahun, Lazismu Siap Berkontribusi Pada Pembangunan Berkelanjutan Penuhi Undangan Dialog Yayasan Kristen, Haedar Nashir Bicara Gagasan Moderasi Beragama Agung Danarto: Muhammadiyah Butuh Kader Berkualitas Untuk Umat, Bangsa, dan Manusia Dalam Apel Akbar Nasional Kokam, Haedar Nashir Tegaskan Kiprah Muhammadiyah untuk Bangsa Upayakan Penanganan Bullying di Kalangan Pelajar, PP IPM Gelar Sekolah Adil Gender

PDNA Kota Yogya Kawal Remaja Hadapi Tantangan Global

YOGYAKARTA – Selama tiga hari (28-30 Desember 2020) Pimpinan Daerah Nasyiatul ‘Aisyiyah (PDNA) Kota Yogyakarta mengadakan Al Birru Rising Fest (ARF) sebagai bentuk ijtihad mengawal para remaja menghadapi tantangan global. Acara ini dihandle Al Birru Organizer, event organizer di bawah Divisi Pengembangan Cabang dan Ranting PDNA Kota Yogyakarta, dan didukung gerakan Jam Main Kita Kota Yogyakarta.

Tema utama yang diusung “Kolaborasi Peran Dalam Menyongsong Indonesia Emas”, dengan sub tema berbeda setiap harinya. Secara garis besar topik webinar ARF dibagi tiga bidang kehidupan, yakni literasi, kesehatan, dan pendidikan. Ada enam narasumber yang dihadirkan pada acara tersebut.

Secara umum tema tersebut untuk merangkul generasi muda dalam membangun paradigma keilmuan. Secara khusus, agenda ini membawakan visi utama yakni menggerakkan generasi muda untuk menunjukkan aksi nyata terbaik dengan persiapan berbagai khazanah keilmuan, selanjutnya mampu memberikan kontribusi bagi negara dalam menghadapi tahun emas.

Pemilihan tema mengandung harapan sebagai investasi kebaikan pergerakan remaja di masa mendatang dalam menghadapi tantangan global di era digital.

“Pemuda masa kini merupakan investasi masa depan. Terima kasih untuk Al Birru  Organizer dan Jam Main Kita yang tetap eksis untuk memberikan edukasi digital  pada masyarakat, lebih khusus kalangan remaja,” jelas Yunda Rina Lusiana, Ketua Umum PDNA Kota Yogyakarta.

Selain serius dalam menggiring isu penting untuk kalangan remaja, ARF mengenalkan para aktivis pendidikan, perempuan, dan anak yang berjuang untuk kebaikan negeri. Hadirnya ARF diharapkan memberikan jawaban atas kebutuhan gen-Z dalam menghadapi tantangan hidup, karena kehidupan ke depan tidak bisa diprediksi dan selalu berjalan dinamis.

Kegalauan ini dibenarkan Koordinator Divisi Pengembangan Cabang dan Ranting PDNA Kota Yogyakarta, Ella Yussy Dwi Astuti. Ia menyampaikan, kaum remaja harus menambah wawasan secara mendalam tentang pengetahuan di luar mata pelajaran yang diajarkan di sekolah.

“Kami berniat memberikan kontribusi kepada bangsa bahwasanya ada beberapa pengetahuan  yang baik diketahui oleh remaja dengan lebih mendetail karena belum diajarkan di sekolah- sekolah,” jelas Ella.

Webinar ini, kata Ella, bertujuan menjadi media opsi bagi remaja untuk menambah wawasan.  “Kami hadirkan para anak bangsa yang sudah memulai peran dengan menginisiasi gerakan edukatif di sosial media untuk menunjukkan peran nyata. Kolaborasi menjadi kata kunci dalam ARF in,”  tambahnya.

Anak bangsa berkemajuan yang menyampaikan edukasi sesuai bidang studinya antara lain:Badai Samudra Djatmiko, ACSI (Advisor Finansial Nabung Kids), Erik  Tauvani Somae, S.H.I, M.H. (Founder Anakpanah.id), dr. M. Rahman Suhendri (CEO &Co- Founder DoctorX), Listri Laila Tamami, S.Psi., M.Psi., Psikolog (Founder Tumbuh Makna), dr.  Irnova Suryani (Pendiri Otak Anak Indonesia), dan Erika Anggraini, S.Pd. (Founder  Bimbel Alifbata). (*)


Sumber berita: Rilis PD NA Kota Yogyakarta

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here