News

News

MediaMU.COM

Apr 27, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK Inilah Makna Syawalan Bagi Cabang Ranting dan Masjid Berkemajuan Sukses di DPD RI, PWM DIY Siapkan Kader-kader Terbaiknya di Pilkada Serentak 300 Warga Muhammadiyah Ngaglik Hadiri Syawalan, Siap Bangun SMP Muhammadiyah yang Pertama Timnas U-23 Menang Lawan Australia Berkat Mahasiswa Muhammadiyah, Inilah Komentar Syauqi Soeratno Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: RS Muhammadiyah Berazaskan Kasih Sayang, Berpihak Pada Dhuafa

MPI PDM Kota Yogya Siap Adakan Pelatihan Jurnalistik Digital, Catat Infonya!

Foto: https://unsplash.com/@andrewtneel

YOGYA - Muhammadiyah di periode ini terus meningkatkan kualitas media dan jurnalistik untuk merespon tantangan dakwah di era digital ini.

Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Yogyakarta meresponnya dengan akan mengadakan Pelatihan Digital Jurnalistik pada bulan Desember 2023 ini.

Ketua MPI PDM Kota Yogyakarta, Subhi Waltono, S.I.Pust, didampingi Fajar Zuliyanti, S.IP selaku Sekretaris, menjelaskan jika kegiatan ini berkolaborasi dengan Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi UAD, diikuti Majelis, Lembaga, Ortom (Organisasi Otonom) dan Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) se-Kota Yogyakarta.

Sementara itu, Ketua Panitia, Choirul Fajri menambahkan bahwa masyarakat memiliki dua peran penting. "Pertama sebagai konsumen berita dan yang kedua sebagai pencipta berita," kata Choriul Fajri.

Menurutnya, masyarakat yang dapat disebut sebagai citizen journalism itu menandai perkembangan dunia jurnalistik. "Siapapun bisa menjadi wartawan atau jurnalis dengan menggunakan perangkat elektronik," tandasnya.

Kemudian, Affan Safani Adham dari Bidang Penguatan Media Digital dan Jurnalistik MPI PDM Kota Yogyakarta, memaparkan kalau dalam dunia jurnalistik terdapat istilah digital journalism. "Jurnalism digital atau jurnalisme online adalah jenis jurnalisme modern yang mendistribusikan materi editorial melalui internet," kata Affan.

Dijelaskan Affan, produk dasar jurnalisme digital berupa berita mengenai peristiwa terkini yang ditampilkan berupa kombinasi dalam bentuk teks, audio, video atau gambar yang disebarluaskan menggunakan media digital online. 

Untuk menjadi jurnalis digital perlu adanya sebuah pelatihan, yang mana pelatihan ini digunakan sebagai wadah yang digunakan untuk tempat belajar, menggali potensi-potensi yang dimiliki. "Sehingga nanti diharapkan masyarakat bisa menjadi jurnalis digital yang mumpuni," papar Affan.

Pelatihan Digital Jurnalistik akan berlangsung pada Sabtu (16/12) pukul 12.00 WIB. bertempat di Lab Komunikasi di Kampus 5 UAD Jl. Ki Ageng Pemanahan Gg. Cucut No.19 Kelurahan Sorosutan, Kemantren Umbulharjo, Kota Yogyakarta.

Dalam pelatihan, materi yang disampaikan adalah Transformasi Digital dan Trend Jurnalisme Masa Kini serta Ragam dan Praktek Penulisan Karya Jurnalisme Digital. Bersama narasumber Muhammad Ridho Basri (Dosen UAD) dan Nely Izzatul Maimanah (PWMU.CO).

Pada pelatihan ini, diharapkan para peserta dapat membuat sebuah berita online sehingga nanti di tiap majelis, lembaga, ortom dan PCM se-Kota Yogyakarta mampu membuat rilis berita di setiap kegiatan dan bisa menjadi kontributor website PDM Kota Yogyakarta.

Perkembangan media kini telah menjadi bagian dari penyebaran informasi ke berbagai penjuru dan kalangan. Kebutuhan terhadap informasi saat ini menjadi hal penting sehingga berbagai media massa menjadi tujuan masyarakat dalam mencari informasi. 

Oleh karenanya, pelatihan ini diharapkan memberikan dampak yang signifikan kepada para peserta berupa wawasan dan kemampuan peserta dalam mengenal, mempelajari dan memproduksi narasi informasi yang baik dan benar. (*)

Berita ini diterima Mediamu dari Affan Safani Adham (MPI PDM Kota Yogyakarta)

Wartawan: Dzikril Firmansyah

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here