News

News

MediaMU.COM

Jul 17, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
PCM Kalasan Jadikan Tahun Baru Hijriah Sebagai Momen Refleksi dan Penguatan Dakwah Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: Jika Otak Pintar dan Akhlak Baik Disatukan, Indonesia akan Maju Arif Jamali Muis: Center of Excellent Muhammadiyah Dimulai dari Gunungkidul Prihatin Kondisi Pengelolaan Sampah Ternate, Pemuda Lintas Iman Susun Rekomendasi untuk Pemerintah Ternate Guru Besar UAD Bicarakan Tantangan Kosmetik Halal di International Pharmacy Summer School UMY Ketua PPNI Bireuen Apresiasi Atas Berhasilnya Ummah Raih Akreditasi Baik Sekali  Dorong Peningkatan Ekonomi Umat, Lazismu Pusat Dan PWM Aceh Kerjasama Dengan Bank Danamon Syariah  Selamat Jalan Bu Ahang, Kami Semua Ikhlas PWA DIY Gelar EMKAES TOP, Upayakan Bersama Kebahagian Lansia Ibu Nahar Miladi Dimakamkan, Satu Lokasi dengan Mantan Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir Sampaikan Duka Cita atas Wafatnya Nahar Miladi Mahasiswa UMY Kembangkan Ekstrak Kulit Pohon Bangkal untuk Obati Kanker Payudara Anak Muda Mengaji: Inovasi AMM Depok dalam Kegiatan Mengaji untuk Gen-Z KABAR DUKA: Istri Sekretaris PWM DIY Meninggal Dunia  Gelar Pelatihan Jurnalistik, MPI DIY Siapkan Aktivis Media Muhammadiyah di Daerah dan Cabang Rayakan Milad ke-22 Tahun, Lazismu Siap Berkontribusi Pada Pembangunan Berkelanjutan Penuhi Undangan Dialog Yayasan Kristen, Haedar Nashir Bicara Gagasan Moderasi Beragama Agung Danarto: Muhammadiyah Butuh Kader Berkualitas Untuk Umat, Bangsa, dan Manusia Dalam Apel Akbar Nasional Kokam, Haedar Nashir Tegaskan Kiprah Muhammadiyah untuk Bangsa Upayakan Penanganan Bullying di Kalangan Pelajar, PP IPM Gelar Sekolah Adil Gender

PCM Turi Berbagi Ramadhan di Tengah Pandemi

SLEMAN — Kali ini, Ramadhan 1441 Hijriyah harus dilalui dengan suasana yang berbeda. Dan, menjalankan ibadah Ramadhan di tengah pandemi Covid-19 berdampak pada kesehatan, sosial dan perekonomian yang  berdampak pada semua lapisan strata sosial di masyarakat.

Dikarenakan aktifitas ekonomi masyarakat mengalami pengurangan secara drastis, tentu hal ini berdampak pada minimnya pendapatan masyarakat. Selain itu, daya beli masyarakat yang mengalami penurunan, berdampak pula pada penurunan konsumsi rumah tangga.

Di tengah suramnya kondisi masyarakat seperti itu menggugah Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM ) Turi di bawah kepemimpinan Drs Bambang Rahmanto berkoordinasi dengan Aris Suranto Ketua Muhammadiyah Covid-19 Commad Center (MCCC) Turi untuk menyikapi kondisi masyarakat yang mengalami kekurangan pasokan kebutuhan dasar mereka berupa kebutuhan pangan.

Untuk itu pada Ahad (26/4/2020) dilaksanakan penyaluran 100 paket sembako untuk tahap pertama, ditambah masker dan hand sanitizer kepada warga terdampak Covid-19 di 11 Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) se-Cabang Turi.

Hal itu setelah didapat data warga terdampak Covid-19 yang harapannya tidak terjadi tumpang-tindih bantuan dengan yang lainnya atau yang belum mendapatkan.

Adapun 100 paket sembako tersebut merupakan bantuan dari segenap elemen warga dan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) di Turi serta donatur.

Selain itu, akan diagendakan pula program penyemprotan desinfektan bagi masyarakat yang membutuhkan, pembagian 500 buah masker, penempatan bak cuci tangan untuk lokasi yang ramai dan strategis, literasi dan penyadaran perilaku hidup sehat, sosial dan physical distancing untuk memutus mata rantai Covid-19.

Sedangkan untuk pos koordinasi kegiatan ini berlokasi di SMK Muhammadiyah 2 Turi yang berada di Ngablak, Bangunkerto, Turi, Sleman.

Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari pihak sekolah Muhammadiyah dan peran serta dari ‘Aisyiyah, Pemuda Muhammadiyah, Nasyiatul ‘Aisyiyah dan Kokam, yang senantiasa bahu-membahu beramar makruf nahi munkar.

“Semoga aktifitas bukan Ramadhan kali ini semakin menguatkan dan mendekatkan kita kepada Allah SWT dan kita segera dibebaskan dari pandemi Covid-19,” kata Bambang Rahmanto. (Arief Hartanto)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here