News

News

MediaMU.COM

Jun 14, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Eco Bhinneka Muhammadiyah dan Majelis Sinode GPIB Perkuat Kerjasama Lestarikan Lingkungan GreenFaith x Eco Bhinneka Muhammadiyah Belajar Merawat Bumi Melalui Rumah Ibadah Saat Parkiran Basement PDM Jogja Disulap IPM DIY Jadi Tempat Nobar Timnas, Bawa Kemenangan untuk Garuda Pemilu Sukses, IMM DIY Dukung KPU DIY untuk Pilkada PCIM Tiongkok Bersama Anwar Abbas Kunjungi CIA, Jalin Silaturahmi dan Kerja Sama Gol Mahasiswa Muhammadiyah Antarkan Timnas Indonesia Menuju Piala Dunia 2026 Inovatif! Dosen UMY Kembangkan Rekayasa Teknologi untuk Olahraga Lempar Pisau Muhammadiyah Yakin Timnas Indonesia Bisa Lolos ke Piala Dunia 2026 Ibu-Ibu 'Aisyiyah Mergangsan Belajar Olah Mocaf Jadi Cemilan Sehat Bersama Faperta UMY MPM Pusat Inisiasi Kampung Nelayan Berkemajuan, Fokus Peningkatan Kualitas Hidup Keluarga Nelayan Perpustakaan UMY Raih Juara Instagram Terbaik di FPPTMA AWARDS 2024 PCA Ngampilan Semarakkan Milad ‘Aisyiyah ke-107 Dengan Rangkaian Syiar Dakwah Resmi Diumumkan, Siswa-siswi Kelas IX SMP Muhdasa Yogya Lulus 100% Dari Bazaar hingga Posbakum, PWA Aceh Sukses Gelar Milad ‘Aisyiyah ke-107 Lazismu UMY Raih Sertifikat ISO, Perdana Untuk Kantor Layanan Lazismu Ingat Dosa-dosa ke Lingkungan Hidup, DPP IMM Laksanakan Gerakan Nasional Menanam Pohon Ogah Mengurus Tambang! IMM Pilih Kelola Bank Sampah IBTimes.id Rayakan Milad ke-5: Merayakan Moderasi Beragama Jelang Iduladha, JagalMu Sleman Latih 30 Juru Sembelih Teknik Qurban Halal PWPM DIY Sambangi Pemuda Muhammadiyah Sleman, Ada Apa? 

Mu'ti Sampaikan Pandangan Muhammadiyah Tentang Dakwah Via Politik

JAKARTA – Menghadirkan dakwah melalui politik, berarti siap sedia dan untuk menghadirkan dan mentransformasikan ajaran Agama Islam dalam seluruh aspek kehidupan. Karena dalam politik, segala aspek kehidupan bernegara dicakupi.

Begitu kiranya Muhammadiyah dalam memandang politik sebagai sebuah media dakwah. Ini disampaikan oleh Sekretaris Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Abdul Mu’ti pada (5/11) dalam Gerakan Subuh Mengaji (GSM) PWA Jabar.

Dengan Surat An Nahl ayat 125 sebagai rujukan, Mu’ti mengajak hadirin memaknai hikmah yang ada dalam surat tersebut. Ia menyebut, setidaknya ada tiga makna dari hikmah, salah satunya adalah siyasah atau politik.

“Itu semua menunjukkan bahwa menggunakan berbagai pendekatan dalam berdakwah itu adalah bagian dari kita mengajak manusia berada pada jalan Allah,” ucapnya. 

Oleh karena itu, tutur Mu’ti, Muhammadiyah berpendapat dan berpandangan bahwa berpolitik adalah bagian dari kita berdakwah. Berpolitik berarti mengatur strategi bagaimana kita mengajak manusia agar bisa berada pada jalan Tuhan, jalan Allah yang lurus dan jalan yang benar.

Abdul Mu’ti mengatakan, aktor memegang peran penting dalam strategi dakwah struktural. Dakwah struktural ini, dalam bahasa Prof. Kuntowijoyo salah satunya dijalankan melalui politik. Oleh karena itu, Mu’ti mendorong kader Muhammadiyah yang terjun dalam medan politik dapat berperan untuk menyukseskan dakwah Muhammadiyah.

Strategi dakwah struktural juga digunakan oleh Wali Songo, mereka menyebarkan agama Islam melalui pendekatan ke raja-raja atau pemimpin setempat agar memeluk Agama Islam, kemudian diikuti oleh rakyatnya.

“Kalau kita sekarang punya pejabat, misalnya pejabatnya itu rajin salat berjamaah maka pegawainya akan rajin berjamaah,” tuturnya.

Selain memanfaatkan aktor, politik sebagai media dakwah juga bisa dengan memanfaatkan saluran-saluran politik seperti Partai Politik (Parpol). Karena Muhammadiyah bukan parpol, maka kader yang ingin terjun ke medan politik memiliki hak untuk bergabung dengan parpol.

 

Berita ini disadur mediamu.com dari muhammadiyah.or.id dengan artikel berjudul Begini Pandangan Muhammadiyah Tentang Politik sebagai Media Dakwah

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here