News

News

MediaMU.COM

Apr 18, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: RS Muhammadiyah Berazaskan Kasih Sayang, Berpihak Pada Dhuafa Jamu PP Aisyiyah, Haedar Nashir Berpesan Untuk Dekatkan Dakwah dengan Masyarakat Lazismu bersama MPM PP Muhammadiyah Salurkan 1000 Paket Zakat Fitrah dan Fidyah Abdul Mu'ti: Jadikan Idulfitri Momentum Rekonsiliasi Sosial Ketua PP Muhammadiyah Prihatin Korupsi Subur di Tengah Masyakarat yang Religius Haedar Nashir: Puasa Momentum Seimbangkan Hidup dengan Sikap 'Tengahan' Warga Muhammadiyah Lokshumawe Shalat Id Serentak di Halaman Masjid At-Taqwa Taawun Sosial Ramadan PWA DIY: Berbagi Berkah dan Pesan Kebajikan Muhammadiyah DIY Siapkan 718 Lokasi Sholat Idulfitri 1445 H, Ini Daftarnya Layani Para Pemudik, RS PKU Muhammadiyah Bantul Sediakan 3 Posko Kesehatan PDPM Sleman Tebar Kebaikan Ramadhan Bersama Steps2 Allah London di Ponpes Abu Dzar Al Ghifari Gamping Dayah Modern Ihyaaussunnah Kota Lhokseumawe Sukse Gelar Intensive Qur’anic Camp Kunjungi Pos MudikMU Masjid Ahmad Dahlan Pundong, Sekretaris PWM DIY Apresiasi Fasilitas Layanan yang Tersedia MPKU dan Klinik PKU Bambanglipuro Bersinergi dalam Program Muhammadiyah Menyapa Muhammadiyah Umumkan Idul Fitri 1445 H Jatuh Pada Rabu 10 April 2024 Tetap Bertugas di Lebaran, RS PKU Muhammadiyah Yogya Siap Beri Pelayanan Maksimal

Muhammadiyah Seru Seluruh Kader untuk Kawal Suara dalam Pemilu 2024

JAKARTA - Lembaga Bantuan Hukum dan Advokasi Publik (LBH AP) Pimpinan Pusat Muhammadiyah menegaskan komitmennya untuk mengawal proses rekapitulasi penghitungan suara pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, khususnya terkait perolehan suara kader Muhammadiyah. Langkah ini diambil untuk mencegah terjadinya manipulasi dan kecurangan yang dapat merusak integritas pemilu.

Para kader Muhammadiyah yang terlibat dalam kontestasi pemilu dihimbau untuk mengawasi proses penghitungan suara dan melaporkan jika terdapat indikasi adanya kecurangan. LBH AP Muhammadiyah yang tersebar di seluruh Kabupaten/Kota di Indonesia akan memberikan dukungan advokasi hukum secara profesional bagi kader yang membutuhkannya.

"Dihimbau kepada kader Muhammadiyah yang mengikuti kontestasi Pemilu 2024 untuk
mengawal dan melaporkan jika terdapat indikasi adanya manipulasi atau kecurangan
pengitungan suara pemilu," tulis LBH AP Muhammadiyah dalam keterangannya yang ditandatangi Taufiq Nugroho, S.H., M.H., CLA, selaku direktur, pada Selasa (20/2) di Jakarta.

Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof Haedar Nashir, mengarahkan agar penyelesaian sengketa hasil pemilu dilakukan melalui jalur hukum, bukan dengan cara yang dapat memicu kekerasan atau konflik horizontal. Hal ini sejalan dengan komitmen Muhammadiyah untuk menjaga proses demokrasi yang adil dan damai.

LBH AP PP Muhammadiyah juga menegaskan akan mengambil langkah hukum, termasuk mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi dan melaporkan pidana terhadap oknum yang terbukti melakukan manipulasi suara. Tindakan hukum ini didasarkan pada Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2012 tentang Pemilu Legislatif, yang menyatakan bahwa setiap tindakan yang menyebabkan suara pemilih tidak bernilai atau mengubah perolehan suara peserta pemilu dapat dipidana.

LBH AP PP Muhammadiyah menghimbau kepada penyelenggara pemilu di semua tingkatan, mulai dari petugas KPPS, PPS, PPK, hingga komisioner KPU daerah dan pusat, untuk menghargai suara masyarakat dan tidak melakukan tindakan yang dapat mengubah hasil penghitungan suara.

Dengan langkah-langkah pengawalan ini, Muhammadiyah berharap dapat menjaga integritas dan keadilan dalam proses pemilu, sehingga dapat mencerminkan suara sebenarnya dari masyarakat Indonesia.

Wartawan: Fatan Asshidqi

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here