News

News

MediaMU.COM

Jul 17, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
PCM Kalasan Jadikan Tahun Baru Hijriah Sebagai Momen Refleksi dan Penguatan Dakwah Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: Jika Otak Pintar dan Akhlak Baik Disatukan, Indonesia akan Maju Arif Jamali Muis: Center of Excellent Muhammadiyah Dimulai dari Gunungkidul Prihatin Kondisi Pengelolaan Sampah Ternate, Pemuda Lintas Iman Susun Rekomendasi untuk Pemerintah Ternate Guru Besar UAD Bicarakan Tantangan Kosmetik Halal di International Pharmacy Summer School UMY Ketua PPNI Bireuen Apresiasi Atas Berhasilnya Ummah Raih Akreditasi Baik Sekali  Dorong Peningkatan Ekonomi Umat, Lazismu Pusat Dan PWM Aceh Kerjasama Dengan Bank Danamon Syariah  Selamat Jalan Bu Ahang, Kami Semua Ikhlas PWA DIY Gelar EMKAES TOP, Upayakan Bersama Kebahagian Lansia Ibu Nahar Miladi Dimakamkan, Satu Lokasi dengan Mantan Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir Sampaikan Duka Cita atas Wafatnya Nahar Miladi Mahasiswa UMY Kembangkan Ekstrak Kulit Pohon Bangkal untuk Obati Kanker Payudara Anak Muda Mengaji: Inovasi AMM Depok dalam Kegiatan Mengaji untuk Gen-Z KABAR DUKA: Istri Sekretaris PWM DIY Meninggal Dunia  Gelar Pelatihan Jurnalistik, MPI DIY Siapkan Aktivis Media Muhammadiyah di Daerah dan Cabang Rayakan Milad ke-22 Tahun, Lazismu Siap Berkontribusi Pada Pembangunan Berkelanjutan Penuhi Undangan Dialog Yayasan Kristen, Haedar Nashir Bicara Gagasan Moderasi Beragama Agung Danarto: Muhammadiyah Butuh Kader Berkualitas Untuk Umat, Bangsa, dan Manusia Dalam Apel Akbar Nasional Kokam, Haedar Nashir Tegaskan Kiprah Muhammadiyah untuk Bangsa Upayakan Penanganan Bullying di Kalangan Pelajar, PP IPM Gelar Sekolah Adil Gender

Muhammadiyah DIY Gelar Sholat Iduladha 1445 H di 614 Lokasi, Bantul Sumbang Lokasi Terbanyak

YOGYA - Muhammadiyah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyelenggarakan sholat Idul adha 1445 H pada hari Senin (17/6) di 614 Lokasi.

Ratusan titik lokasi yang akan menjadi tempat pelaksanaan sholat Iduladha 1445 H bagi warga Muhammadiyah tersebar di lima kabupaten/kota di DIY. Kabupaten Bantul menjadi daerah dengan titik lokasi terbanyak dengan 234 tempat. 

Ketua PWM DIY, Dr. M. Ikhwan Ahada, M.Ag. dalam pesannya menyampaikan bahwa Muhammadiyah tidak menafikan selama adanya perbedaan dalam hal penggunaan metode penetapan awal bulan hijriyah).

"Maka akan selalu terjadi perbedaan waktu pelaksanaan ibadah, sampai kapanpun. Karenanya sekali lagi pada saatnya, Muhammadiyah hadir untuk mengedepankan solusi demi persatuan umat dengan Kalender Hijriyah Global Tumggal (KHGT)," jelasnya. 

Menurutnya, perbedaan tahun ini hendaknya disikapi dengan  كونه شخص بالغ , setiap kita memiliki jiwa yang dewasa atau maturity yang ditunjukkan dengan sikap biasa saja atas perbedaan dan tidak membuat gaduh di dunia nyata maupun dunia maya, tentunya dengan kesadaran atas kemajemukan keyakinan dan budaya di Indonesia.

Kemudian, تعزيز موقف التسامح , mengedepankan sikap toleran sesama warga bangsa dan antar kelompok yang memiliki sikap berbeda.

Lalu, تحسين جودة العبادة, momen perbedaan penentuan awal bulan Hijriyah, hendaknya dijadikan titik tumpu untuk beribadah menjadi lebih baik.

"Untuk itu marilah kita berduyun -duyun untuk menegakkan shalat Ied Adha di 614 titik yang tersebar dari tingkat Wilayah, Daerah, Cabang, Ranting bahkan tingkat Jamaah di Wilayah PWM DIY pada Senin, 17Juni 2024," ajak Ikhwan.

Dengan semangat di atas semoga pelaksanaan ibadah di Indonesia dan Yogyakarta khususnya, berjalan damai, aman, dan nyaman meski dalam perbedaan. (*) 

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here