News

News

MediaMU.COM

Jun 24, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

MJE #3 Siap Bergulir: Event Akbar Muhammadiyah DIY dengan Potensi Dakwah di Segala Aspek

YOGYA - Gelaran akbar tahunan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DI Yogyakarta, yakni Muhammadiyah Jogja Expo (MJE) kembali hadir pada tahun ini. Memasuki edisi ke-3, MJE ini terasa istimewa karena dalam suasana Milad ke-111 tahun Muhammadiyah. Sehingga, ini menjadi momentum yang tepat untuk menunjukan potensi keunggulan dari cabang ranting serta masyarakat seluruh DIY.

Guna memaksimalkan potensi tersebut, sada 32 acara yang siap digelar untuk diikuti oleh para pengunjung selama tiga hari (24-26 November 2023)  di Jogja Expo Center (JEC). Semuanya lengkap dari berbagai sisi, mulai dari keislaman, ekonomi, pendidikan, kesenian, olahraga, teknologi, kuliner, busana, dan sebagainya.

MJE #3 akan dibuka pada hari Jumat, 24 November 2023 oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Prof. Dr. Muhadjir Effendy, MAP. serta dihadiri juga oleh Menteri Perdagangan Dr. Zulkifli Hasan, Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof. Dr. Haedar Nashir, M.Si. serta tamu undangan lainnya. Setelah pembukaan akan dilanjutkan dengan Sholat Jumat dengan imam sekaligus khatib adalah Ketua PWM DIY Dr. M. Ikhwan Ahada, M.A di area panggung utama.

Khusus untuk shalat Jumat ini, akan ada sesuatu yang berbeda. Yakni, untuk pertama kalinya ceramah atau khutbah menggunakan multimedia. Jadi saat ceramah, khatib akan memakai perangkat multimedia dalam penyampaian materinya dengan presentasi. Sehingga ini menjadi suasana baru dalam pelaksanaan shalat Jumat.

Setelahnya, agenda dilanjutkan Talkshow Ekonomi Berbasis Masjid dengan tema “Sudah Saatnya Menutup Kotak Infaq dan Membuka Amal Usaha”. Talkshow ini bertujuan agar masjid bisa dikelola secara maksimal, tidak hanya sebagai tempat ibadah saja, tetapi juga bisa menjadi pusat kegiatan masyarakat di segala aspek, termasuk ekonomi dan sosial.

Talkshow akan diisi oleh narasumber dari takmir ternama macam Ust. Jazir ASP (Masjid Jogokariyan), Ust. Sasongkojati (Masjid Kapal Munzalan), dan Ust Ir. Kusnadi Ikhwani (Masjid Al Falah Sragen) serta ada 500 peserta dari takmir masjid se-DIY. Ini menjadi momentum bagi masjid - masjid agar bagaimana tanpa memohon infaq sekalipun, masjid tetap mandiri secara ekonomi dengan amal usahanya.

Beranjak ke hari kedua, rangkaian acara diawali dengan Senam Sehat Bugar bersama Bio Energy Power, kemudian ada Seminar dan Temu Saudagar Nasional bertemakan “Membangun Kolaborasi Bisnis untuk Kemandirian Bangsa” Setelah seminar, akan ada Talkshow Parenting dengan tema “Keluarga Muda Tangguh”, Tabligh Akbar bersama Prof. Dr. Abdul Mu’ti, M.Ed. dan Habib Ja’far Al Jufri, serta Fashion Show bersama Margaria Group.

Lanjut ke hari ketiga, terdapat banyak sekali agenda menarik. Mulai dari Senam ‘Aisyiyah Bahagia dan Zumba bersama 7000 kader ‘Aisyiyah dan Muhammadiyah se-DIY, Sepeda Bersama atau GowesMu, dan Kompetisi Terbuka Lempar Pisau dari PisauMu DIY. 

Tak hanya di outdoor, agenda di indoor juga tak kalah menarik. Ada Talkshow Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah DIY membahas peran Ibu sebagai kunci terbentuknya generasi emas, yang mana ini sangat penting mengingat sela ygma ini banyak yang menganggap buat keluarga itu mudah, yang penting punya istri dan anak. 

Namun, banyak yang tidak terpikir untuk bagaimana mengedukasi dan sebagainya. Terlebih bu menjadi pintu masuk meraih kebahagiaan bicara peran ibu. Maka, pada talkshow ini akan memaparkan pentingnya peran ibu di dalam rumah tangga. Sehingga, seorang ibu harus cerdas, pintar, dan sebagainya.

MJE #3 ini juga sarat akan kesenian, kebudayaan dan sejarah. Dari panitia akan menampilkan tiga kelompok karawitan dari PCA Moyudan, PCM Kotagede, SD Muhammadiyah Sapen. Ada juga kegiatan melukis on the spot tentang sejarah Muhammadiyah, serta diperkirakan juga akan ada 50 - 100 tokoh Seniman Muhammadiyah yang akan hadir.

MJE #3 juga akan dimeriahkan dengan konser bersama Woro Widowati di hari pertama dan pada hari kedua bersama Langit Sore & Evan Loss. Serta beberapa acara menarik lainnya, seperti Kopdar 1000 AmbulanMu se-DIY, Peringatan Hari Stroke Sedunia, Reuni Alumni Angkatan Muda Muhammadiyah, Pentas Seni Sekolah, PanahMu, serta masih banyak lagi.

Puncak dari MJE #3 sekaligus menutup seluruh rangkaian agenda yaitu Charity Concert bersama Kiai Kanjeng Emha Ainun Najib atau Cak Nun. Dari panitia sudah konfirmasi bahwa kesehatan Cak Nun sudah membaik dan akan hadir pada penutupan ini. 

Tentunya, seluruh rangkaian agenda pada MJE #3 ini sangat menarik untuk diikuti. Bagi warga Muhammadiyah dan masyarakat umum yang ingin hadir, bisa langsung datang ke JEC pada 24-26 November 2023 dan acara ini tidak dipungut biaya masuk alias gratis. 

Jadi, kepada seluruh warga Muhammadiyah hingga masyarakat umum se-DIY, mari berbondong-bondong datang ke JEC dalam gelaran akbar Muhammadiyah Jogja Expo #3. (*)

Wartawan: Dzikril Firmansyah

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here