News

News

MediaMU.COM

May 9, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Mahasiswa UAD Tuntut Palestina Merdeka, Presiden BEM UAD: Negara Arab Jangan Cuma Peduli Minyak Saja! Ikut Aksi Bela Palestina, Rektor UAD: Anak Kecil Juga Pedih dengan Penderitaan Palestina Serukan Dukungan Palestina Merdeka, Dosen UAD: Pro Israel Hukumnya Haram Mughallazah Aksi Bela Palestina Menggema di Seluruh Kampus Muhammadiyah dan Aisyiyah Nasyiatul Aisyiyah gelar ToT Fasilitator Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak untuk Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat 1000 Cahaya: Muhammadiyah Gerakkan Ranting Hingga Sekolah untuk Cegah Krisis Iklim Keluarga Alumni UAD Hadiri Syawalan: Taburkan Maaf, Sucikan Hati, Eratkan Tali Persaudaraan Perguruan Tinggi Muhammadiyah - Aisyiyah Bakal Gelar Aksi Serentak Bela Palestina Perkuat Dakwah, Warga Muhammadiyah Bantul Hadiri Syawalan dan Pelepasan Ratusan Jamaah Haji K.H. Harun Abdi Manaf: Banggalah Menjadi Warga Muhammadiyah dan Pegawai AUM Gelar Syawalan dan Silatnas, IPM Luncurkan Inovasi dan Rencana Masa Depan Menjanjikan Syawalan PCM Kalasan Bahas Diplomasi Makanan Sebagai Upaya Melenturkan Dakwah Berkemajuan Syawalan PCM Gamping, dr. Agus Taufiqurrahman: Dakwah Muhammadiyah Tidak Selesai di Lisan Pentas Dakwah Seni Budaya Meriahkan Syawalan PCM Gamping Dalam Syawalan dan Family Gathering, IMM UGM Bersatu dan Bersilaturahmi Resmi Terpilih Jadi DPD RI, Syauqi Soeratno Siap Bawa Muhammadiyah dan Jogja Lebih Istimewa Sukses Antar Syauqi Soeratno ke DPD RI, PWM DIY Songsong Pilkada 2024 Ahmad Syauqi Soeratno Jadi Senator DIY Terpilih, Relawan Tasyakuran Besar-besaran Kembali Rebut 3 Poin di Liga 3, PSHW UMY Pertahankan Ritme Permainan Timnas U-23 Gagal Kalahkan Irak, Haedar Nashir: Masih Ada Asa

Milad ke-61 IPM, Ketua PWM DIY: Jadilah Penggerak Utama di Kalangan Pelajar

YOGYA – Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) pada 18 Juli 2022 menginjak usia yang ke-61 tahun. Sebagai bagian dari organisasi otonom (ortom) Muhammadiyah, IPM berperan penting dalam membantu dakwah Persyarikatan di ruang lingkup pelajar dan menjadi salah satu dari gerbang pengkaderan awal di Muhammadiyah.

Melihat perkembangan IPM yang begitu pesat dari tahun ke tahun, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Daerah Istimewa Yogyakarta (PWM DIY), Gita Danupranata, berharap IPM semakin berkiprah di lingkupnya, yakni pelajar. Persyarikatan saat ini tengah berupaya menambah jumlah anggota di kalangan generasi muda.

“Maka saya berharap IPM dapat menjadi penggerak utama Persyarikatan untuk semakin meningkatkan peran dan jumlah anak muda menjadi penerus dan pelangsung Persyarikatan Muhammadiyah,” kata Gita saat ditemui di Gedung Dakwah Muhammadiyah DIY, Senin (18/7).

Gita juga melihat, IPM saat ini sudah berada di trek yang benar, hanya saja perlu ditingkatkan lagi perannya. Terkadang IPM masih dibayangi kegiatan Ayahanda Pimpinan Muhammadiyah, padahal lingkungan sudah berubah secara signifikan, khususnya dakwah melalui media digital.

Berangkat dari situ, IPM seharusnya sudah tidak perlu lagi mengadakan kegiatan yang sudah dilaksanakan Pimpinan Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah. Meski begitu, harus diakui juga bahwa para Pimpinan tersebut juga merasa kelelahan dan tidak mempunyai kemampuan yang cukup untuk berdakwah pada era saat ini yang berbasis teknologi.

“Ketika ada slot dakwah yang belum terisi dikarenakan keterbatasan dari bapak-bapak Muhammadiyah maupun ibu-ibu ‘Aisyiyah, IPM bisa hadir untuk mengisi kekosongan itu. Di sisi lain, apa yang sudah dikerjakan oleh kami, IPM tidak perlu mengimbanginya,” jelas Gita.

Dengan berkembang pesatnya teknologi saat ini, ia mengimbau kepada kader IPM untuk bisa mengoptimalkan hal tersebut. Terlebih saat ini ada banyak pilihan media yang bisa digunakan dan jika tidak dioptimalkan IPM akan tertinggal dari organisasi lainnya.

Sebagai penutup, Gita mengucapkan selamat milad ke-61 untuk IPM. “Semoga, di usia yang semakin matang ini, kiprah peran dakwah IPM dapat membawa kemajuan serta bisa melanjutkan estafeta kepemimpinan Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah,” tandasnya. (*)

Wartawan: Dzikril Firmansyah
Editor: Heru Prasetya

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here