News

News

MediaMU.COM

May 21, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Pesan Haedar Nashir di Hari Kebangkitan Nasional: Momentum Menegakkan Kedaulatan Indonesia Tidak Biasa! Milad 107 Aisyiyah Diperingati dengan Berlari Bareng Sejauh 10,7 Km Kenal Dekat dengan PRM UGM: PRM Berbasis PTN yang Pertama di Yogya Inilah Pentingnya Keberadaan Ranting untuk Dakwah Muhammadiyah PRM Berbasis PTN di Yogya ini Gelar Musyran Perdana, Siap Jalankan Kepemimpinan Pustakawan UMY Jadi Perwakilan Indonesia Pada Program STW Erasmus+ di Spanyol Haedar Nashir Apresiasi Usaha 'Aisyiyah untuk Kemanusiaan dan Perempuan Selama 107 Tahun Salmah Orbayinah: Milad ‘Aisyiyah ke-107 Komitmen Kuatkan Dakwah Kemanusiaan Semesta Anwar Abbas Bersama Moeldoko Lakukan Simulasi Alat Sadap Karet Mercu Biotech Mesra Banget! PWM dan PWNU DIY Silaturahmi dan Siap Kerja Bareng Badlul Rifa’i Jadi Khotib Sholat Jum’at Perdana di Masjid Umar bin Khottob Purwokerto Pertamina Bicarakan Energi Terbarukan Untuk Atasi Kelangkaan Energi Umat Muslim Debat Soal Fatwa Musik, Ini Kata Ketua PWPM DIY Pelatihan Paralegal oleh ‘Aisyiyah dan BPHN Tingkatkan Akses Bantuan Hukum PCIM Amerika Bergabung Dalam Gelombang Dukungan Global untuk Palestina Songsong Milad ke-107, 'Aisyiyah Komitmen Perkuat Dakwah Kemanusiaan Semesta Abdul Mu'ti: Bukan Mendiskriminasi, Islam Justru Memuliakan Perempuan Lewat Workshop, BMT UMY Komitmen Wujudkan “Modernisasi Koperasi” di Kabupaten Bantul Komitmen Mengabdi Di Daerah 3T, PENA UMY Menuju Sambi Rampas Gallery Walk GCWRI Jadi Saksi Aksi Pemuda-Pemudi Lintas Iman Rawat Perdamaian dan Lingkungan 

Milad 1 Abad, RS PKU Yogyakarta Selenggarakan Program KB Gratis

Bakti sosial pelayanan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MJKP) di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta, Rabu (1/2). Foto: Dzikril Firmansyah/mediamu.com

YOGYA – RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta kembali menyelenggarakan Bakti Sosial Keluarga Berencana Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (KB MKJP) secara gratis untuk masyarakat, Rabu (1/2). Acara bertempat di selasar Poli Baru rumah sakit tersebut.

Kegiatan ini dalam rangka Songsong Milad 1 Abad RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta dan Milad 14 tahun PKU Gamping bekerjasama dengan BKKBN Kota Yogyakarta.

Hadir dalam acara tersebut Walikota Yogya (diwakili Wirawan Hario Yudho, S.H./Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat), Ir. Eddy Muhammad (Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana/DP3AP2KB Kota Yogyakarta), dr. Iin Nazifah Hafid (BKKBN DIY), dr. H. Mohammad Komaruddin S.PA (Direktur Utama RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta), Ketua PWM DIY H. Gita Danu Pranata, S.E., M.M., dan Pimpinan RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta, serta tamu undangan lain.

Pada kegiatan ini, 114 peserta ibu-ibu usia produktif berkonsultasi dengan tenaga medis RS PKU dan konsultan KB dari BKKBN untuk mengetahui seputar KB dan program keluarga berencana lainnya.

Tujuan KB Gratis ini adalah mendukung program pemerintah dalam pengendalian dan pengangkatan kualitas keluarga di Daerah Istimewa Yogyakarta, sesuai Tema Milad 1 Abad RS PKU Yogya yaitu “Lintasi Zaman Sehatkan Bangsa.”

Menurut Mohammad Komaruddin, kegiatan bakti sosial pelayanan KB MKJP termasuk bagian dari membantu program pemerintah terutama soal merencanakan maupun mengatur jarak kelahiran.

“Bahkan erat pula kaitannya dalam usaha menurunkan angka stunting guna mewujudkan generasi yang sehat dan unggul,” tegasnya.

Ia sangat berharap, kerjasama beberapa pihak atau stakeholder seperti ini bisa terus dilaksanakan. Ke depannya diusahakan lebih baik lagi dan cakupan peserta lebih banyak.

Edy Muhammad menyampaikan, bakti sosial ini sebagai salah satu upaya pengendalian dan mempertahankan laju pertumbuhan penduduk serta angka kelahiran. Program KB di Kota Yogyakarta dilaksanakan secara terpadu dengan BKKBN DIY dan Fasilitas Kesehatan Pemberi Layanan KB serta berkolaborasi dengan stakeholder terkait.

Sedangkan Wirawan Haryo Yudo, mewakili PJ Walikota Yogyakarta, menyampaikan terima kasih kepada RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta yang telah berkontribusi secara nyata dalam pembangunan ketahanan keluarga sejahtera. Ia mengharapkan, bakti sosial ini dapat memberikan manfaat untuk peserta dengan dapat mengakses layanan KB secara gratis dan memperoleh edukasi tentang KB.

“Kita berharap nantinya dengan MKJP akan menjadi bagian dukungan dalam pengendalian pertumbuhan jumlah penduduk guna menciptakan generasi unggul,” katanya.

Kegiatan serupa juga dilaksanakan di RS PKU Muhammadiyah Gamping Sleman dengan jumlah peserta 30 orang. Kegiatan ini berlangsung di RS PKU Gamping bekerjasama dengan BKKBN Sleman. (*)

Wartawan: Dzikril Firmansyah

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here