News

News

MediaMU.COM

May 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Haedar Nashir: Muhammadiyah Ada Karena Panggilan Ilahi, Tak Akan Lelah Bangun Peradaban Timur Tengah Memanas, Dubes RI untuk Lebanon Soroti Dampak Bagi Stabilitas Global MTT PWM DIY Gelar Pelatihan Penentuan Arah Kiblat Metode Rashdul Qiblat Resmi Dikukuhkan, Dua Guru Besar UMY Teliti Anomali Psikologis Pelajar Revisi UU Penyiaran Mengkhawatirkan, Ilmu Komunikasi UMY Serukan Penghentian Perkuat Kolaborasi Internasional, UMY Teken MoU Dengan Provinsi Tawi-Tawi, Filipina Dosen UMY Raih Penghargaan Terbaik 1 Bidang Kesehatan dalam Anugerah Academic Leader 2024 Tasyakur Milad 107 ‘Aisyiyah, PWM DIY Harap ‘Aisyiyah Punya TK ABA Unggulan Ratusan Kader ‘Aisyiyah DIY Hadiri Tasyakur Milad ke-107: Refleksi Perjalanan Panjang ‘Aisyiyah Ridwan Furqoni Dukung Dakwah Inklusi ‘Aisyiyah untuk Jangkau Semua Kalangan Rachmawati Husein: Dakwah Kemanusiaan ‘Aisyiyah adalah Upaya Mengentaskan Keyatiman Dosen Ilmu Pemerintahan UMY: Muhammadiyah Dibutuhkan Dalam Penanganan Isu Kemanusiaan Sah! Inilah Susunan Personel DPP IMM Periode 2024-2026 Soroti Fenomena Feminisida, Tri Hastuti: 'Aisyiyah Dorong Relasi Sosial Tanpa Kekerasan UMY Kembali Gelar Kampanye Kesehatan Mental “Stop Bullying dan Kekerasan Seksual” Kolaborasi Lazismu, MPKU, dan USAID Sediakan Rumah Singgah bagi Ibu Hamil Pesan Haedar Nashir di Hari Kebangkitan Nasional: Momentum Menegakkan Kedaulatan Indonesia Tidak Biasa! Milad 107 Aisyiyah Diperingati dengan Berlari Bareng Sejauh 10,7 Km Kenal Dekat dengan PRM UGM: PRM Berbasis PTN yang Pertama di Yogya Inilah Pentingnya Keberadaan Ranting untuk Dakwah Muhammadiyah

Mengenal Gedung-Gedung Milik PWM DIY

YOGYA – Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DIY mengelola tanah wakaf dan gedung untuk keperluan dakwah. Peruntukan gedung-gedung tersebut sebagai amal usaha pendidikan, kesehatan, ekonomi,  perkantoran, dan aktivitas lainnya.

Pada Ahad 18 Juni 2023 para pimpinan PWM DIY mengunjungi beberapa gedung itu. Berikut ini adalah daftar gedung perkantoran (bukan pendidikan dan ekonomi) yang dikunjungi.

  1. Kantor PWM DIY.

Terletak di Jalan Gedongkuning 130 B Pilahan, Rejowinangun, Kotagede, Kota Yogyakarta. Kantor ini dibangun sebagai kenang-kenangan atas kesuksesan pelaksanaan Muktamar Muhammadiyah ke-40 di Yogyakarta tahun 1990. Dibangun pada masa kepemimpinan Muhammad Muqoddas. Sebelumnya, Kantor PWM DIY menempati bangunan di sebelah timur perempatan Gerjen, Kauman Yogyakarta.

  1. Grha TR.

Grha TR terletak di jalan Gedongkuning 152 Rejowinangun, Kotagede. Wakaf dari keluarga Tutik Herawati dan Rudi Sastriawan. Suami istri ini mewakafkan tanah dan bangunan seluas 600 meter persegi. Grha TR dipakai untuk Kantor Lazismu DIY, KBIH Aisyiyah, dan Majelis Pendayagunaan Wakaf PWM DIY. Grha TR diresmikan pada 5 Desember 2020.

  1. Rumah Arsip.

Rumah Arsip PWM DIY berlokasi di Griya Giwangan, Wirokerten, Banguntapan, Bantul. Berfungsi untuk menyimpan arsip milik PWM DIY. Gedung Arsip adalah wakaf seorang ibu yang tinggal di Jakarta. Atas permintaan wakif rumah ini menjadi Gedung Arsip PWM DIY di tahun 2016.

  1. Pusdiklat Haji Tamanan.

Terletak di selatan Kampus IV UAD, Tamanan, Banguntapan, Bantul. Pusdiklat Haji Tamanan adalah wakaf dari tokoh masyarakat Tamanan, dengan luas 3.000 M2.Pusdiklat Haji Tamanan akan dikelola Pimpinan Wilayah Aisyiyah DIY. Sekarang masih dalam tahap pembangunan. Ke depan, Pusdiklat Haji Tamanan dapat dimanfaatkan untuk manasik calon jamaah Haji se DIY. Di sebelah Pusdiklat Haji ini masih ada tanah wakaf PWM DIY dari wakif Ibu Siti Djirzanah (ibunda Herry Zudianto) yang dapat digunakan untuk pengembangan Pusdiklat Haji.

  1. Pusdiklat PAUD Wiworojati.

Adalah wakaf keluarga besar Batik Terang Bulan. Luas tanahnya 4.000 M2. Pusdiklat PAUD Wiworojati terletak di Ringroad Selatan No.89 Gonjen, Tamantirto, Kasihan, Bantul. Pada awalnya tanah dan bangunan ini untuk Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah. Pada proses selanjutnya digunakan untuk Pusdiklat PAUD yang dikelola PWA DIY. Pusdiklat PAUD Wiworojati terdiri dari pendopo, gedung Diklat, dan Masjid Wiworojati yang dikelola PRM setempat.

  1. Pendopo Jamhari.

Tanahnya adalah wakaf Bapak Jamhari Irsyad, yang berasal dari Kauman, Yogyakarta. Pendopo Jamhari terletak di Jalan Tegal Kenongo No.30, Tegalkenongo, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul. Pendopo Jamhari untuk kegiatan IPM dan IMM DIY serta masyarakat sekitar. Fungsinya sebagai lokasi latihan organisasi, intelektual, ekonomi, dan pergerakan. Program yang dilakukan IPM dan IMM adalah kajian, konsolidasi, training, dan aktivitas digital. Pendopo Jamhari juga kerap digunakan untuk kegiatan masyarakat sekitar, seperti sholat tarawih, acara Ramadhan, maupun rapat warga.

  1. Pendopo Tarumini.

Wakaf ibu Dra. Tarumini dari Jakarta. Berlokasi di Gang Nangka No.27M, Sanggrahan, Ngestiharjo, Kasihan Bantul. Gedung ini juga dinamakan Tarumini Humanitarian. Pendopo Tarumini difungsikan sebagai gedung kemanusiaan, gudang kebencanaan, posko, diklat dan kegiatan kemasyarakatan.

(*)


Ditulis Bapak Iwan KC Setiawan, Wakil Ketua PWM DIY.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here