News

News

MediaMU.COM

Apr 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Atasi Perubahan Iklim, MLH PP Muhammadiyah Tanam 1000 Pohon Mangrove Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK Inilah Makna Syawalan Bagi Cabang Ranting dan Masjid Berkemajuan Sukses di DPD RI, PWM DIY Siapkan Kader-kader Terbaiknya di Pilkada Serentak 300 Warga Muhammadiyah Ngaglik Hadiri Syawalan, Siap Bangun SMP Muhammadiyah yang Pertama Timnas U-23 Menang Lawan Australia Berkat Mahasiswa Muhammadiyah, Inilah Komentar Syauqi Soeratno Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah

Mengenal Gedung-Gedung Milik PWM DIY

YOGYA – Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DIY mengelola tanah wakaf dan gedung untuk keperluan dakwah. Peruntukan gedung-gedung tersebut sebagai amal usaha pendidikan, kesehatan, ekonomi,  perkantoran, dan aktivitas lainnya.

Pada Ahad 18 Juni 2023 para pimpinan PWM DIY mengunjungi beberapa gedung itu. Berikut ini adalah daftar gedung perkantoran (bukan pendidikan dan ekonomi) yang dikunjungi.

  1. Kantor PWM DIY.

Terletak di Jalan Gedongkuning 130 B Pilahan, Rejowinangun, Kotagede, Kota Yogyakarta. Kantor ini dibangun sebagai kenang-kenangan atas kesuksesan pelaksanaan Muktamar Muhammadiyah ke-40 di Yogyakarta tahun 1990. Dibangun pada masa kepemimpinan Muhammad Muqoddas. Sebelumnya, Kantor PWM DIY menempati bangunan di sebelah timur perempatan Gerjen, Kauman Yogyakarta.

  1. Grha TR.

Grha TR terletak di jalan Gedongkuning 152 Rejowinangun, Kotagede. Wakaf dari keluarga Tutik Herawati dan Rudi Sastriawan. Suami istri ini mewakafkan tanah dan bangunan seluas 600 meter persegi. Grha TR dipakai untuk Kantor Lazismu DIY, KBIH Aisyiyah, dan Majelis Pendayagunaan Wakaf PWM DIY. Grha TR diresmikan pada 5 Desember 2020.

  1. Rumah Arsip.

Rumah Arsip PWM DIY berlokasi di Griya Giwangan, Wirokerten, Banguntapan, Bantul. Berfungsi untuk menyimpan arsip milik PWM DIY. Gedung Arsip adalah wakaf seorang ibu yang tinggal di Jakarta. Atas permintaan wakif rumah ini menjadi Gedung Arsip PWM DIY di tahun 2016.

  1. Pusdiklat Haji Tamanan.

Terletak di selatan Kampus IV UAD, Tamanan, Banguntapan, Bantul. Pusdiklat Haji Tamanan adalah wakaf dari tokoh masyarakat Tamanan, dengan luas 3.000 M2.Pusdiklat Haji Tamanan akan dikelola Pimpinan Wilayah Aisyiyah DIY. Sekarang masih dalam tahap pembangunan. Ke depan, Pusdiklat Haji Tamanan dapat dimanfaatkan untuk manasik calon jamaah Haji se DIY. Di sebelah Pusdiklat Haji ini masih ada tanah wakaf PWM DIY dari wakif Ibu Siti Djirzanah (ibunda Herry Zudianto) yang dapat digunakan untuk pengembangan Pusdiklat Haji.

  1. Pusdiklat PAUD Wiworojati.

Adalah wakaf keluarga besar Batik Terang Bulan. Luas tanahnya 4.000 M2. Pusdiklat PAUD Wiworojati terletak di Ringroad Selatan No.89 Gonjen, Tamantirto, Kasihan, Bantul. Pada awalnya tanah dan bangunan ini untuk Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah. Pada proses selanjutnya digunakan untuk Pusdiklat PAUD yang dikelola PWA DIY. Pusdiklat PAUD Wiworojati terdiri dari pendopo, gedung Diklat, dan Masjid Wiworojati yang dikelola PRM setempat.

  1. Pendopo Jamhari.

Tanahnya adalah wakaf Bapak Jamhari Irsyad, yang berasal dari Kauman, Yogyakarta. Pendopo Jamhari terletak di Jalan Tegal Kenongo No.30, Tegalkenongo, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul. Pendopo Jamhari untuk kegiatan IPM dan IMM DIY serta masyarakat sekitar. Fungsinya sebagai lokasi latihan organisasi, intelektual, ekonomi, dan pergerakan. Program yang dilakukan IPM dan IMM adalah kajian, konsolidasi, training, dan aktivitas digital. Pendopo Jamhari juga kerap digunakan untuk kegiatan masyarakat sekitar, seperti sholat tarawih, acara Ramadhan, maupun rapat warga.

  1. Pendopo Tarumini.

Wakaf ibu Dra. Tarumini dari Jakarta. Berlokasi di Gang Nangka No.27M, Sanggrahan, Ngestiharjo, Kasihan Bantul. Gedung ini juga dinamakan Tarumini Humanitarian. Pendopo Tarumini difungsikan sebagai gedung kemanusiaan, gudang kebencanaan, posko, diklat dan kegiatan kemasyarakatan.

(*)


Ditulis Bapak Iwan KC Setiawan, Wakil Ketua PWM DIY.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here