News

News

MediaMU.COM

Feb 24, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Ikhwan Ahada: Penghafal Al-Quran Adalah Pengusung Misi Langit yang Harus Dibawa Membumi Literasi Digital, Arif Jamali Imbau Muhammadiyah Manfaatkan Data: Bukankah Kita Organisasi Berkemajuan?  MPKS PWM DIY dan LazisMU PKU Muhammadiyah Gamping Tanda Tangan MOU Kerjasama Pembiayaan Operasional RSPM DIY Gelar Rakerwil, MPI PWM DIY Soroti Literasi Digital Warga Muhammadiyah Majelis Dikdasmen-PNF Kota Yogyakarta Gelar Wisuda Akbar untuk Ratusan Murid Penghafal Al-Quran Tindak Lanjuti Hasil Temuan Pemilu 2024, 'Aisyiyah Catatkan Delapan Rekomendasi 'Aisyiyah Catat Pemilu 2024 Belum Sepenuhnya Ramah Kelompok Rentan Dari Pemantauan, Aisyiyah Temukan Berbagai Pelanggaran pada Pemilu 2024 Respons Cepat Angin Puting Beliung di Sumedang, MDMC dan Lazismu Turun Tangan Berdayakan Masyarakat, Muhammadiyah Hadirkan Air Bersih di Desa Tliu NTT MHH PWM DIY Melatih Paralegal, Siap Menyuarakan Keadilan untuk Semua Syamsul Anwar: Munas Tarjih Jadi Forum Tertinggi Muhammadiyah untuk Masalah Kagamaan Melalui AUM Bertaraf Internasional, Haedar Harap Dakwah Muhammadiyah Sentuh Kaum Elit Cetak Kader Profesional, Ini Pesan Agus Taufiqurrahman untuk PP IPM Busyro Muqoddas: Kepemimpinan di Muhammadiyah Tak Dipengaruhi Pemilu PP IPM Resmikan 'Kantor Baru' di Yogyakarta Pemeran dan Sutradara Dirty Vote Kunjungi UMY: Apa Langkah Selanjutnya Setelah Pemilu? Muhammadiyah Seru Seluruh Kader untuk Kawal Suara dalam Pemilu 2024 MJE #3 Sukses, PWM DIY: MJE Adalah Wajah Baru Dakwah Muhammadiyah Pemilu 2024 Usai, Abdul Mu'ti Tulis Catatannya Tentang Demokrasi Hari ini

Melalui Kajian Rutin Bulanan, AMM Pakem Perkuat Potensi Pemuda

SLEMAN – Angkatan muda Muhammadiyah Kapanewon Pakem mengadakan kajian rutin bulanan di Masjid Al Faruq Kompleks PKU Muhammadiyah Pakem dengan pembicara Ustadz Arif Munajad, S.Ag pada Jumat, (09/2). Kajian bulanan ini merupakan kajian pembuka untuk kajian-kajian rutin hari Jumat kedepannya.

Kajian ini diikuti berbagai unsur terdiri dari jamaah Muhammadiyah, Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) yang berisi Pemuda Muhammadiyah dan Nasyiatul Aisyiyah, jajaran Amal Usaha Muhammadiyah, dan Simpatisan Muhammadiyah. Harapannya dengan diundangnya berbagai unsur, menjadi jembatan lintas koordinasi dan komunikasi dalam menggerakkan berbagai roda serta sendi Muhammadiyah di Pakem. 

Kajian ini bertemakan “Pemuda itu menyala,” menunjukkan bahwa sasaran kajian ini adalah untuk para anak muda. Arif Munajad dalam materinya menyampaikan tentang pentingnya penguatan kader Muhammadiyah bagi pada anak muda, ditengah banyak tawaran gerakan yang mirip Muhammadiyah dan banyak sekali opsi yang membuat pada pemuda berada pada zona nyaman. Selain itu, pemuda juga mempunyai misi dan potensi suistainable dari sebuah masyarakat.

Arif kemudian menyampaikan perlu adanya terobosan dalam bentuk kegiatan kajian. Mulai dari melalui kajian di warung kopi, kajian di tempat yang membuat anak muda nyaman, dan lain sebagainya. Hal ini menunjukkan bahwa kenyamanan merupakan hal yang penting dalam melakukan dakwah dan keberanian adalah jalan pembuka sebuah gagasan.

Di akhir paparannya, Arif menekankan bahwa urgensi pergerakan perlu dirumuskan dalam waktu dekat karena saat ini banyak dipengaruhi faktor eksternal. Faktor eksrernal ini harus diwaspadai karena dicurigai membawa efek negatif tatanan masyarakat muhammadiyah pada umumnya dan kaum muslimin khususnya.

Arif kemudian berharap, AMM mampu menjadi pionir untuk terus berjuang, beramal dan menghidupkan Muhammadiyah. Gerakan tauhid dan ta’awun adalah kunci pokok dalam pergerakan dakwah Muhammadiyah ditengah gempuran sinkretisme, radikalisme, liberalism, materialisme dan pragmatisme.

Ikhsan, ketua AMM Pakem menambahkan bahwa kajian ini akan terus dihidup-hidupkan secara kualitas maupun kuantitas demi memperbaiki hal-hal yang telah banyak bergeser kearah negatif.

Kontributor: Bima Purba, PCM Pakem

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here