News

News

MediaMU.COM

Apr 18, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Agus Taufiqurrahman: RS Muhammadiyah Berazaskan Kasih Sayang, Berpihak Pada Dhuafa Lazismu bersama MPM PP Muhammadiyah Salurkan 1000 Paket Zakat Fitrah dan Fidyah Abdul Mu'ti: Jadikan Idulfitri Momentum Rekonsiliasi Sosial Ketua PP Muhammadiyah Prihatin Korupsi Subur di Tengah Masyakarat yang Religius Haedar Nashir: Puasa Momentum Seimbangkan Hidup dengan Sikap 'Tengahan' Warga Muhammadiyah Lokshumawe Shalat Id Serentak di Halaman Masjid At-Taqwa Taawun Sosial Ramadan PWA DIY: Berbagi Berkah dan Pesan Kebajikan Muhammadiyah DIY Siapkan 718 Lokasi Sholat Idulfitri 1445 H, Ini Daftarnya Layani Para Pemudik, RS PKU Muhammadiyah Bantul Sediakan 3 Posko Kesehatan PDPM Sleman Tebar Kebaikan Ramadhan Bersama Steps2 Allah London di Ponpes Abu Dzar Al Ghifari Gamping Dayah Modern Ihyaaussunnah Kota Lhokseumawe Sukse Gelar Intensive Qur’anic Camp Kunjungi Pos MudikMU Masjid Ahmad Dahlan Pundong, Sekretaris PWM DIY Apresiasi Fasilitas Layanan yang Tersedia MPKU dan Klinik PKU Bambanglipuro Bersinergi dalam Program Muhammadiyah Menyapa Muhammadiyah Umumkan Idul Fitri 1445 H Jatuh Pada Rabu 10 April 2024 Tetap Bertugas di Lebaran, RS PKU Muhammadiyah Yogya Siap Beri Pelayanan Maksimal Saat Ariswan Jelaskan Keberkahan Ramadhan dan Perjalanan Spiritual Melalui Muhammadiyah Maksimalkan Potensi Kemajuan Muhammadiyah, Haedar Nashir Seru Massifkan Dakwah via Sosmed

Mau Mudik Aman dan Nyaman? Inilah Titik Lokasi Posko Mudikmu Aman 2024 di DIY

Posko Mudikmu Aman 2024 di UAD Kampus VI Jl. K.H. Ahmad Dahlan, Wates. Foto: Dzikril Firmansyah / Mediamu

KULON PROGO - Memasuki pekan terakhir bulan Ramadhan, sebagian besar masyarakat melakukan perjalanan mudik ke kampung halamannya, untuk bersilaturahmi dan melepas rindu dengan keluarga di Hari Raya Idul Fitri. 

Supaya perjalanan mudik berlangsung aman dan nyaman, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DI Yogyakarta melalui Lembaga Resiliensi Bencana (LRB) dan Lazismu DIY membuka Posko Mudikmu Aman 2024 pada seluruh titik strategis di DIY. Posko dibuka selama mudik dan arus balik, dari 3 sampai 16 April 2024.

“Posko mudik ini bertujuan untuk memberikan dukungan dan memperlancar arus mudik aman dan sekaligus sebagai bagian dari kesiapsiagaan menghadapi bencana hidrologi,” ucap Indrayanto, Ketua LRB PWM DIY kepada Mediamu, Rabu (3/4).

Terdapat 10 posko Mudikmu Aman yang dibuka pada mudik tahun ini, berada di titik-titik lokasi strategis DI Yogyakarta. Lokasi Posko tersebut, antara lain:

  1. Kota Yogyakarta: Kantor PDM Kota Yogyakarta
  2. Bantul: Bundaran Srandakan; Kompleks Masjid Ahmad Dahlan Pundong; dan Perempatan Terong Dlingo
  3. Sleman: Prambanan/Pertigaan jalan baru; Exit Tol - Bawah Candi Boko; Masjid Baitus Salam Tempel; dan Masjid Kyai Sudja RS PKU Muhammadiyah Gamping
  4. Kulon Progo: UAD Kampus VI Jl. K.H. Ahmad Dahlan, Wates
  5. Gunungkidul: SD Muhammadiyah Al Fatih Patuk, Jl. Wonosari - Jogja Km 24; dan Jl. Semin - Cawas Km 2

Pemilihan titik lokasi posko ini berdasarkan hasil analisis dari tim LRB PWM DIY, dalam rangka membangun kesiapsiagaan di mana kedaruratan kebencanaan hidrologi ini masih menjadi ancaman, khususnya di bulan April ini.”Sekaligus juga memberikan dukungan layanan kepada masyarakat secara langsung. Sehingga nanti bisa mendukung upaya-upaya yang dilakukan oleh pemerintah maupun masyarakat,” imbuh Indrayanto.

Beberapa fasilitas terbaik sudah disediakan dalam Posko Mudikmu Aman di semua titik. Seperti layanan kesehatan, tempat istirahat, ruang laktasi bagi ibu menyusui, dapur Mini untuk kepentingan logistik, perbengkelan, mushola/masjid, toilet, charger station, dan masih banyak lagi. bahkan di titik - titik tertentu ada layanan relaksasi. 

Semua posko juga terdapat ambulanmu yang siap berjaga 24 jam untuk kebutuhan medis. Bila membutuhkan rujukan medis, Ambulanmu juga siap menuju rumah sakit Muhammadiyah terdekat dari posko dan ada 9 rumah sakit yang terlibat dalam Posko Mudikmu Aman pada 2024 ini. Tentunya ini akan sangat mendukung operasi-operasi kedaruratan medis, baik saat di pos mudik ataupun di lingkungan posko Mudikmu.

Total, ada 225 personil yang diterjunkan dalam Posko Mudikmu Aman tahun 2024, terdiri dari Relawan LRB se-DIY, tenaga kesehatan RS PKU, driver/kru Ambulanmu, KOKAM, dan beberapa relawan dari Ortom, serta kerja sama dengan majelis/lembaga terkait. Tentunya, segala persiapan untuk Posko Mudikmu Aman ini sudah dilakukan secara matang agar mudik berjalan aman dan nyaman.

Apalagi, akan ada 11,7 juta jiwa yang akan mudik di DI Yogyakarta, angka ini meningkat 54 persen dari tahun lalu. Sehingga keterlibatan posko Mudikmu Aman ini diharapkan bisa memberikan manfaat yang lebih baik untuk masyarakat serta memberikan dukungan pada pemerintah. 

Selain juga untuk mengawal mudik, posko juga diperlukan dalam melayani beberapa tempat wisata di DIY. “Semoga mudik ini berjalan lancar dan semuanya bisa silaturahim dengan baik bersama keluarga,” harap Indrayanto. (*)

Wartawan: Dzikril Firmansyah

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here