News

News

MediaMU.COM

May 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Haedar Nashir: Muhammadiyah Ada Karena Panggilan Ilahi, Tak Akan Lelah Bangun Peradaban Timur Tengah Memanas, Dubes RI untuk Lebanon Soroti Dampak Bagi Stabilitas Global MTT PWM DIY Gelar Pelatihan Penentuan Arah Kiblat Metode Rashdul Qiblat Resmi Dikukuhkan, Dua Guru Besar UMY Teliti Anomali Psikologis Pelajar Revisi UU Penyiaran Mengkhawatirkan, Ilmu Komunikasi UMY Serukan Penghentian Perkuat Kolaborasi Internasional, UMY Teken MoU Dengan Provinsi Tawi-Tawi, Filipina Dosen UMY Raih Penghargaan Terbaik 1 Bidang Kesehatan dalam Anugerah Academic Leader 2024 Tasyakur Milad 107 ‘Aisyiyah, PWM DIY Harap ‘Aisyiyah Punya TK ABA Unggulan Ratusan Kader ‘Aisyiyah DIY Hadiri Tasyakur Milad ke-107: Refleksi Perjalanan Panjang ‘Aisyiyah Ridwan Furqoni Dukung Dakwah Inklusi ‘Aisyiyah untuk Jangkau Semua Kalangan Rachmawati Husein: Dakwah Kemanusiaan ‘Aisyiyah adalah Upaya Mengentaskan Keyatiman Dosen Ilmu Pemerintahan UMY: Muhammadiyah Dibutuhkan Dalam Penanganan Isu Kemanusiaan Sah! Inilah Susunan Personel DPP IMM Periode 2024-2026 Soroti Fenomena Feminisida, Tri Hastuti: 'Aisyiyah Dorong Relasi Sosial Tanpa Kekerasan UMY Kembali Gelar Kampanye Kesehatan Mental “Stop Bullying dan Kekerasan Seksual” Kolaborasi Lazismu, MPKU, dan USAID Sediakan Rumah Singgah bagi Ibu Hamil Pesan Haedar Nashir di Hari Kebangkitan Nasional: Momentum Menegakkan Kedaulatan Indonesia Tidak Biasa! Milad 107 Aisyiyah Diperingati dengan Berlari Bareng Sejauh 10,7 Km Kenal Dekat dengan PRM UGM: PRM Berbasis PTN yang Pertama di Yogya Inilah Pentingnya Keberadaan Ranting untuk Dakwah Muhammadiyah

LRB DIY Adakan Rakerpim, Inilah Program yang Diusung

YOGYA – LRB/MDMC PWM Daerah Istimewa Yogyakarta mengadakan Rapat Kerja Pimpinan (Rakerpim) di Tarumini Humanitarian Center, Ahad (11/6). Acara ini dihadiri langsung oleh Ketua LRB/MDMC Pimpinan Pusat Muhammadiyah H. Budi Setiawan, S.T. dan Wakil Ketua PWM dr. H. Ahmad Faesol, Sp.Rad, M.Kes.

Budi Setiawan dalam sambutannya menyampaikan kegiatan LRB/MDMC adalah kegiatan yang dibingkai dalam aturan organisasi. RAKERPIM sebagai bagian tidak terpisahkan dalam rangkaian benang merah atau benang hijau hasil Muktamar, yang diturunkan dalam Musywil DIY sebagai rujukan dan kemudian diwujudkan dalam program kerja majelis dan lembaga melalui Rakerpim.

LRB Pusat telah melaksanakan RAKERPIM dan akan melaksanakan RAKERNAS yang kemudian akan mendetailkan program yang diturunkan dalam rakerwil nanti. Organisasi adalah yang mempercepat pelaksanaan program tersebut dengan terkontrol dan termonitor sehingga bisa dilakukan evaluasi sehingga program selanjutnya akan berjalan semakin bagus. Salah satu rujukan Rakerpim adalah keputusan Muktamar dan Musywil yang akan menjadi sebuah program.

Dalam surat Al-Maidah ayat 8 yang artinya: “Allah memerintahkan orang beriman untuk selalu menegakkan dan menjadi saksi dengan adil” Qisthi. Di situ dijelaskan, Al Quran berarti adil, yaitu meletakkan sesuatu pada tempatnya. MDMC berpegang teguh pada apa yang diajarkan KHA Dahlan “Hajatnya PKO Itu Menolong Kepada Segala Manusia Dengan Cara Islam Tanpa Bermaksud Membelah Agama Dan Sukunya”.

Maka siapapun itu meskipun berbeda agama dan suku, ketika membutuhkan pertolongan harus ditolong. Ini merupakan bagian dari konteks adil, meletakkan pada tempatnya dengan memberikan apa yang mereka butuhkan.

“Dalam bencana kita membuat program dalam konteks berbasis agama. Ketika membuat sumur di Cianjur susah sekali sebagai sumber kebutuhan bagi masyarakat. Adanya tempat ibadah tanpa ketersediaan air adalah omong kosong. Harapan beliau muncul langkah spesifik dan strategis DIY serta peningkatan kapasitas yang menjadi kebutuhan mutlak untuk memberikan layanan yang berkualitas. Semoga bisa menjadi wadah kegiatan dan bingkai organisasi di lingkungan persyarikatan Muhammadiyah DIY,” imbuhnya.

Lalu, dr. Ahmad Faesol menyampaikan kalau LRB DIY yang menjadi tumpuan andalan harus bersiap diri untuk memenuhi segala yang dibutuhkan. Hasil musywil yang sudah di-Tanfidzkan selaras dengan hasil muktamar Muhammadiyah di Solo. Maka rapat kerja pimpinan ini akan mem-breakdown hasil tanfidz Musywil Muhammadiyah DIY secara detail.

Tanggal 24 – 25 Juni nanti akan dilaksanakan Rakerwil untuk menyusun program kerja. Program kerja unggulan yang akan dipresentasikan di RAKER Wilayah untuk saling mengaitkan antar majelis dan lembaga. Sehingga dari raker ini diharapkan akan keluar kegiatan detail yang dibawa ke Rakerwil tersebut.

Sesuai dengan namanya, maka membangun ketangguhan di masyarakat berawal dari personel LRB yang tangguh secara fisik dan mental serta spiritual. Sehingga dari perubahan nama ini menjadi program kerja internal dan eksternal. Di internal menyiapkan personil yang tangguh dan terampil dalam mengantisipasi potensi bencana.

“Semoga, program kerja yang disusun bukan hanya narasi dalam sebuah buku yang kita sendiri tidak tahu implementasinya. Maka perlu adanya indikator keberhasilan yang terukur dari setiap program yang dirancang. Faeshol berharap komitmen ini tidak hanya diawal namun hingga akhir periode sehingga dapat melaksanakan semua program yang telah disusun dengan penuh keikhlasan dan paripurna,” tutup Faeshol.

Sebelumnya, Ketua LRB/MDMC PWM DIY, Indrayanto dalam laporannya menerangkan hasil pertemuan ini merupakan bekal pimpinan wilayah untuk bertemu dengan pimpinan daerah. Kepengurusan LRB/MDMC DIY berjumlah 39 orang dan mengakomodir dari perwakilan ORTOM, Perguruan Tinggi Muhammadiyah/Aisyiyah, dan Rumah Sakit Muhammadiyah yang ada di DIY.

Struktur yang disusun oleh LRB/MDMC DIY ada sedikit yang berbeda dari MDMC PP Muhammadiyah. Kalau di pimpinan pusat ada Jaringan dan Kerjasama (JAKERS), makandi DIY tidak ada dan diganti dengan Logistik dan Peralatan (LOGPAL). Struktur yang dibuat dengan struktur siaga, mengingat potensi ancaman di DIY ada 14, sehingga kedepan peran DIY di daerah akan lebih banyak.

“Jika melihat pembicaraan di RAKERPIM PP bahwa Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta adalah sebagai tulang punggung di Nasional dan internasional melalui EMT, maka DIY mempersiapkan diri untuk menjawab kepercayaan tersebut,” pungkasnya.


Berita ini diterima Mediamu.id dari Sulistiya (Sekretaris LRB PWM DIY)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here