News

News

MediaMU.COM

Apr 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Atasi Perubahan Iklim, MLH PP Muhammadiyah Tanam 1000 Pohon Mangrove Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK Inilah Makna Syawalan Bagi Cabang Ranting dan Masjid Berkemajuan Sukses di DPD RI, PWM DIY Siapkan Kader-kader Terbaiknya di Pilkada Serentak 300 Warga Muhammadiyah Ngaglik Hadiri Syawalan, Siap Bangun SMP Muhammadiyah yang Pertama Timnas U-23 Menang Lawan Australia Berkat Mahasiswa Muhammadiyah, Inilah Komentar Syauqi Soeratno Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah

LRB DIY Adakan Rakerpim, Inilah Program yang Diusung

YOGYA – LRB/MDMC PWM Daerah Istimewa Yogyakarta mengadakan Rapat Kerja Pimpinan (Rakerpim) di Tarumini Humanitarian Center, Ahad (11/6). Acara ini dihadiri langsung oleh Ketua LRB/MDMC Pimpinan Pusat Muhammadiyah H. Budi Setiawan, S.T. dan Wakil Ketua PWM dr. H. Ahmad Faesol, Sp.Rad, M.Kes.

Budi Setiawan dalam sambutannya menyampaikan kegiatan LRB/MDMC adalah kegiatan yang dibingkai dalam aturan organisasi. RAKERPIM sebagai bagian tidak terpisahkan dalam rangkaian benang merah atau benang hijau hasil Muktamar, yang diturunkan dalam Musywil DIY sebagai rujukan dan kemudian diwujudkan dalam program kerja majelis dan lembaga melalui Rakerpim.

LRB Pusat telah melaksanakan RAKERPIM dan akan melaksanakan RAKERNAS yang kemudian akan mendetailkan program yang diturunkan dalam rakerwil nanti. Organisasi adalah yang mempercepat pelaksanaan program tersebut dengan terkontrol dan termonitor sehingga bisa dilakukan evaluasi sehingga program selanjutnya akan berjalan semakin bagus. Salah satu rujukan Rakerpim adalah keputusan Muktamar dan Musywil yang akan menjadi sebuah program.

Dalam surat Al-Maidah ayat 8 yang artinya: “Allah memerintahkan orang beriman untuk selalu menegakkan dan menjadi saksi dengan adil” Qisthi. Di situ dijelaskan, Al Quran berarti adil, yaitu meletakkan sesuatu pada tempatnya. MDMC berpegang teguh pada apa yang diajarkan KHA Dahlan “Hajatnya PKO Itu Menolong Kepada Segala Manusia Dengan Cara Islam Tanpa Bermaksud Membelah Agama Dan Sukunya”.

Maka siapapun itu meskipun berbeda agama dan suku, ketika membutuhkan pertolongan harus ditolong. Ini merupakan bagian dari konteks adil, meletakkan pada tempatnya dengan memberikan apa yang mereka butuhkan.

“Dalam bencana kita membuat program dalam konteks berbasis agama. Ketika membuat sumur di Cianjur susah sekali sebagai sumber kebutuhan bagi masyarakat. Adanya tempat ibadah tanpa ketersediaan air adalah omong kosong. Harapan beliau muncul langkah spesifik dan strategis DIY serta peningkatan kapasitas yang menjadi kebutuhan mutlak untuk memberikan layanan yang berkualitas. Semoga bisa menjadi wadah kegiatan dan bingkai organisasi di lingkungan persyarikatan Muhammadiyah DIY,” imbuhnya.

Lalu, dr. Ahmad Faesol menyampaikan kalau LRB DIY yang menjadi tumpuan andalan harus bersiap diri untuk memenuhi segala yang dibutuhkan. Hasil musywil yang sudah di-Tanfidzkan selaras dengan hasil muktamar Muhammadiyah di Solo. Maka rapat kerja pimpinan ini akan mem-breakdown hasil tanfidz Musywil Muhammadiyah DIY secara detail.

Tanggal 24 – 25 Juni nanti akan dilaksanakan Rakerwil untuk menyusun program kerja. Program kerja unggulan yang akan dipresentasikan di RAKER Wilayah untuk saling mengaitkan antar majelis dan lembaga. Sehingga dari raker ini diharapkan akan keluar kegiatan detail yang dibawa ke Rakerwil tersebut.

Sesuai dengan namanya, maka membangun ketangguhan di masyarakat berawal dari personel LRB yang tangguh secara fisik dan mental serta spiritual. Sehingga dari perubahan nama ini menjadi program kerja internal dan eksternal. Di internal menyiapkan personil yang tangguh dan terampil dalam mengantisipasi potensi bencana.

“Semoga, program kerja yang disusun bukan hanya narasi dalam sebuah buku yang kita sendiri tidak tahu implementasinya. Maka perlu adanya indikator keberhasilan yang terukur dari setiap program yang dirancang. Faeshol berharap komitmen ini tidak hanya diawal namun hingga akhir periode sehingga dapat melaksanakan semua program yang telah disusun dengan penuh keikhlasan dan paripurna,” tutup Faeshol.

Sebelumnya, Ketua LRB/MDMC PWM DIY, Indrayanto dalam laporannya menerangkan hasil pertemuan ini merupakan bekal pimpinan wilayah untuk bertemu dengan pimpinan daerah. Kepengurusan LRB/MDMC DIY berjumlah 39 orang dan mengakomodir dari perwakilan ORTOM, Perguruan Tinggi Muhammadiyah/Aisyiyah, dan Rumah Sakit Muhammadiyah yang ada di DIY.

Struktur yang disusun oleh LRB/MDMC DIY ada sedikit yang berbeda dari MDMC PP Muhammadiyah. Kalau di pimpinan pusat ada Jaringan dan Kerjasama (JAKERS), makandi DIY tidak ada dan diganti dengan Logistik dan Peralatan (LOGPAL). Struktur yang dibuat dengan struktur siaga, mengingat potensi ancaman di DIY ada 14, sehingga kedepan peran DIY di daerah akan lebih banyak.

“Jika melihat pembicaraan di RAKERPIM PP bahwa Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta adalah sebagai tulang punggung di Nasional dan internasional melalui EMT, maka DIY mempersiapkan diri untuk menjawab kepercayaan tersebut,” pungkasnya.


Berita ini diterima Mediamu.id dari Sulistiya (Sekretaris LRB PWM DIY)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here