News

News

MediaMU.COM

May 16, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Abdul Mu'ti: Bukan Mendiskriminasi, Islam Justru Memuliakan Perempuan Lewat Workshop, BMT UMY Komitmen Wujudkan “Modernisasi Koperasi” di Kabupaten Bantul Komitmen Mengabdi Di Daerah 3T, PENA UMY Menuju Sambi Rampas Gallery Walk GCWRI Jadi Saksi Aksi Pemuda-Pemudi Lintas Iman Rawat Perdamaian dan Lingkungan  Nur Ahmad Ghojali Harapkan LKSA Panti Asuhan Muhammadiyah Unggul Berkemajuan PC IMM Djazman Al Kindi Yogya dan BEM UAD Gelar Simposium Pemikiran Islam, Hadirkan Pendiri IMM JISRA Indonesia Suarakan Ecofeminism dan Kerukunan Lintas Iman dalam Global Conference on Women’s Rights in Islam (GCWRI) PCM Ngampilan Adakan Silaturahmi Sekaligus Pelepasan Calon Jamaah Haji Mie Lezatmu dan Mocaf Jadi Bukti Inovasi Cabang-Ranting Muhammadiyah dalam Dakwah Ekonomi PSHW UMY Amankan Tiket Menuju Babak 32 Besar Liga 3 Nasional Gelar Workshop Nasional, LPCRPM PP Siapkan Penguatan Cabang, Ranting, dan Masjid Mahasiswa UAD Tuntut Palestina Merdeka, Presiden BEM UAD: Negara Arab Jangan Cuma Peduli Minyak Saja! Ikut Aksi Bela Palestina, Rektor UAD: Anak Kecil Juga Pedih dengan Penderitaan Palestina Serukan Dukungan Palestina Merdeka, Dosen UAD: Pro Israel Hukumnya Haram Mughallazah Aksi Bela Palestina Menggema di Seluruh Kampus Muhammadiyah dan Aisyiyah Nasyiatul Aisyiyah gelar ToT Fasilitator Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak untuk Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat 1000 Cahaya: Muhammadiyah Gerakkan Ranting Hingga Sekolah untuk Cegah Krisis Iklim Keluarga Alumni UAD Hadiri Syawalan: Taburkan Maaf, Sucikan Hati, Eratkan Tali Persaudaraan Perguruan Tinggi Muhammadiyah - Aisyiyah Bakal Gelar Aksi Serentak Bela Palestina Perkuat Dakwah, Warga Muhammadiyah Bantul Hadiri Syawalan dan Pelepasan Ratusan Jamaah Haji

Lazismu DIY Selenggarakan Pelatihan Relawan: Agar Lebih Profesional

Foto: Ahimsa/mediamu.com

YOGYA – Lembaga Zakat, Infaq, dan Shodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) DIY menyelenggarakan pelatihan bagi relawan-relawan muda yang baru saja direkut. Pelatihan bekerja sama dengan platform bantuan kemanusiaan Kitabisa.com ini dilaksanakan Kamis (28/10).

Bertempat di Ruang Audit Kampus 3 Universitas Ahmad Dahlan (UAD), pelatihan berlangsung sejak pagi hingga siang. Terdapat lebih dari 50 nama yang mendaftarkan diri dalam kegiatan ini, meskipun tidak semua hadir. Sebagian dari Kota Yogyakarta, Bantul, juga luar provinsi seperti Klaten dan Purwakarta.

“Kegiatan ini untuk merekrut kader-kader untuk relawan amil,” tutur Cahyono, S.Ag., Ketua Lazismu DIY. Tujuannya, agar relawan dapat lebih baik masuk ke masyarakat untuk memberikan layanan keumatan. Para peserta mengikuti kegiatan ini karena keinginan sendiri.

Pelatihan tersebut didesain salah satunya untuk melatih para relawan menjadi lebih profesional sehingga siap bilamana ditunjuk menjadi staf-staf kantor layanan Lazismu di seluruh DIY. “Selama ini masih banyak kantor layanan yang dikelola pimpinan sendiri, biasanya nyambi, jadi kurang optimal,” jelasnya.

Pelatihan dibuka dengan sambutan Cahyono, S.Ag., yang selanjutnya menyampaikan materi “Kelazismuan”. Ia memaparkan peran Lazismu yang merupakan kepanjangan tangan persyarikatan dalam perjuangan kemanusiaan.

“Kemanfaatannya tidak hanya untuk umat muslim. Seperti di Sorong, 70% orangnya tidak menganut agama Islam,” tuturnya. Cahyono juga menjelaskan jaringan tubuh Lazismu yang berdiri dari pimpinan pusat hingga kantor layanan. 

Materi kedua disampaikan Wakil Ketua LazisMu DIY, Eka Yuhendri, S.H.I., M.H. Berbicara tentang kerelawanan, laki-laki ini mengupas tuntas program-program Lazismu.

Program-program tersebut terbagi ke dalam enam pilar: pendidikan, kesehatan, ekonomi, dakwah, sosial kemanusiaan, serta lingkungan. Pilar terakhir ini adalah hal baru yang fokus mewujudkan bumi hijau dan berkontribusi dalam menekan perubahan iklim.

Materi terakhir disampaikan tim Kitabisa.com yakni Firtya Maha Putri, S.Sos (NGO Coordinator Regional Yogyakarta) dan Muhammad Adel, S.IP (Relawan). Keduanya berbagi soal skema pengelolaan campaign di lingkup medis dan nonmedis yang ada di platform Kitabisa.com.

Dari penuturan Firtya, diketahui bahwa LazisMu DIY pada beberapa kesempatan menjadi mitra platform ini untuk mengumpulkan bantuan kemanusiaan. Setelah pemaparan materi dan tanya jawab, kegiatan pun ditutup.

Pelatihan ini tidak hanya berhenti pada hari itu, para relawan nantinya akan mendapat pelatihan lanjutan hingga akhir tahun secara daring mengenai fundraising, pengambilan foto dan narasi, pengambilan video dan data, digital fundraising, serta praktik lapangan. (*)

Wartawan: Ahimsa W. Swadeshi
Editor: Heru Prasetya

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here