News

News

MediaMU.COM

May 2, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Luar Biasa! 926 Guru PAUD/TK ABA Hadir di Silaturahim Keluarga Besar IGABA Sleman Demam Timnas, 200 Titik Pimpinan dan Amal Usaha Muhammadiyah Gelar Nobar PCIM Tiongkok Gelar Kajian Syawal Bersama Din Syamsuddin, Kuatkan Dakwah Melalui Diaspora Timnas Indonesia Kalah Atas Uzbekistan, Haedar Nashir Beri Semangat: Kalian Pahlawan Bangsa Tanpa Mahkota! Ramai Gelar Nobar Timnas U-23, Dosen UMY Beri Penjelasan Begini Rektor Berharap PSHW UMY Jadi Kebanggan Pemuda dan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Amanatkan Jaga Tradisi Syawalan, Haedar Nashir: Identitas Kita Sebagai Bangsa Haedar Nashir Tegaskan Muhammadiyah Netral dalam Politik, Ingatkan Semua Pihak Berintrospeksi Atasi Perubahan Iklim, MLH PP Muhammadiyah Tanam 1000 Pohon Mangrove Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK Inilah Makna Syawalan Bagi Cabang Ranting dan Masjid Berkemajuan

Kulonuwun Kotagede: Napak Tilas Sejarah dan Pergerakan Muhammadiyah

YOGYA - Pasar Pasan Kotagede 2024, kegiatan perdana yang digelar oleh Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Kotagede serta didukung oleh Pemuda Muhammadiyah (PM) Kotagede, Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Kotagede dan beberapa kolaborator menjadikan momen Ramadan di Kotagede semakin meriah.

Pasalnya, dalam gelaran Pasar Pasan “Kulonuwun Kotagede” ini tidak hanya menyajikan beragam jenis kuliner buka puasa dari pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sekitar, tetapi juga terdapat kegiatan-kegiatan yang bisa diikuti sembari menunggu waktu berbuka. Salah satunya kegiatan jalan-jalan bertajuk “Sang Surya di Tanah Mentaok: Rupa Cerita Muhammadiyah di Kotagede” yang merupakan hasil kolaborasi antara Pasar Pasan dengan Alon.mlampah, sebuah komunitas teman jalan sambil cerita. Acara berlangsung pada Ahad sore, (24/3/2024) dan diikuti kurang lebih 40 peserta.

Muhammad Primastri Jati, Ketua Panitia Pasar Pasan menjelaskan bahwa selain merealisasikan tujuan utama untuk memberdayakan potensi UMKM Kotagede dan mengadakan kajian setiap sore di Masjid Mataram, jalan-jalan ini menjadi bagian dari rangkaian semarak Pasar Pasan.

“Jalan-jalan sore ini berkolaborasi dengan Komunitas Alon.mlampah. Konteksnya bercerita tentang sejarah dan pergerakan Muhammadiyah di Kotagede. Para peserta diajak mengunjungi bangunan-bangunan yang menjadi bagian dari Amal Usaha Muhammadiyah (AUM), mulai dari sekolah, masjid, rumah sakit dan bangunan lainnya sembari dijelaskan sejarahnya,” jelas Ketua Panitia yang akrab disapa Jati.

Dengan ditemani tiga narasumber yakni Tikya, Zalfa, dan Ahmad. Ketiganya secara bergantian bercerita tentang sejarah perkembangan dan bangunan Muhammadiyah. Jalan-jalan ini diawali dengan mengunjungi Kantor PCM Kotagede yang menjadi cagar budaya kemudian bertolak ke Masjid Perak, SD Muhammadiyah Kleco, Rumah Sakit PKU, Musala ‘Aisyiyah dan berakhir di Dalem Rompingan.

Lebih lanjut, Jati menyebutkan bahwa sebelumnya telah digelar kegiatan serupa dengan tema berbeda yaitu jalan-jalan sembari membahas sejarah sepak bola, keberadaan makam pendiri PSSI hingga perjalanan klub sepakbola PSIM.

“Jalan-jalan sambil sketsa, merespons seniman-seniman yang suka sketsa bangunan-bangunan di Kotagede. Lalu ada Gang-gangan sambil mengarsipkan urbanisasi dan terakhir kemarin ada kegiatan plogging tentang pengenalan sampah pada masyarakat,” ungkapnya.

Kontributor: pcmkotagede.com

penulis : Muhammad Gufron

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here