News

News

MediaMU.COM

May 9, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Mahasiswa UAD Tuntut Palestina Merdeka, Presiden BEM UAD: Negara Arab Jangan Cuma Peduli Minyak Saja! Ikut Aksi Bela Palestina, Rektor UAD: Anak Kecil Juga Pedih dengan Penderitaan Palestina Serukan Dukungan Palestina Merdeka, Dosen UAD: Pro Israel Hukumnya Haram Mughallazah Aksi Bela Palestina Menggema di Seluruh Kampus Muhammadiyah dan Aisyiyah Nasyiatul Aisyiyah gelar ToT Fasilitator Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak untuk Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat 1000 Cahaya: Muhammadiyah Gerakkan Ranting Hingga Sekolah untuk Cegah Krisis Iklim Keluarga Alumni UAD Hadiri Syawalan: Taburkan Maaf, Sucikan Hati, Eratkan Tali Persaudaraan Perguruan Tinggi Muhammadiyah - Aisyiyah Bakal Gelar Aksi Serentak Bela Palestina Perkuat Dakwah, Warga Muhammadiyah Bantul Hadiri Syawalan dan Pelepasan Ratusan Jamaah Haji K.H. Harun Abdi Manaf: Banggalah Menjadi Warga Muhammadiyah dan Pegawai AUM Gelar Syawalan dan Silatnas, IPM Luncurkan Inovasi dan Rencana Masa Depan Menjanjikan Syawalan PCM Kalasan Bahas Diplomasi Makanan Sebagai Upaya Melenturkan Dakwah Berkemajuan Syawalan PCM Gamping, dr. Agus Taufiqurrahman: Dakwah Muhammadiyah Tidak Selesai di Lisan Pentas Dakwah Seni Budaya Meriahkan Syawalan PCM Gamping Dalam Syawalan dan Family Gathering, IMM UGM Bersatu dan Bersilaturahmi Resmi Terpilih Jadi DPD RI, Syauqi Soeratno Siap Bawa Muhammadiyah dan Jogja Lebih Istimewa Sukses Antar Syauqi Soeratno ke DPD RI, PWM DIY Songsong Pilkada 2024 Ahmad Syauqi Soeratno Jadi Senator DIY Terpilih, Relawan Tasyakuran Besar-besaran Kembali Rebut 3 Poin di Liga 3, PSHW UMY Pertahankan Ritme Permainan Timnas U-23 Gagal Kalahkan Irak, Haedar Nashir: Masih Ada Asa

Hadapi Potensi Bencana, PCM Pakem bersama MDMC Sleman dan UNISA adakan Pelatihan Bersama

SLEMAN - Salah satu upaya yang dilakukan dalam pengurangan resiko bencana adalah kerjasama dan komunikasi antar bagian untuk mengantisipasi korban jiwa, harta benda, dan psikis. Oleh sebab itu, Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Pakem bersama Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Pengurangan Resiko Bencana Letusan Gunung Berapi pada hari Sabtu, 06 Januari 2024. Kegiatan ini menggunakan dua lokasi utama yakni di SMA Muhammadiyah Pakem dan PKU Pakem.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengantisipasi jika terjadi letusan Gunung Merapi. Muhammadiyah di wilayah Kapanewon Pakem sidah tanggap dan mampu untuk menghadapi serta mengantisipasinya dengan mensinergikan potensi yang ada. Kegiatan ini juga harapannya mempu mengefektifkan komunikasi antara Pimpinan Cabang Muhamamdiyah Pakem, Pimpinan Cabang Aisyiyah Pakem, Angkatan Muda Muhammadiyah, PKU Pakem, Pemuda Muhammdiyah Pakem, Nasyiyatul Aisyiyah Pakem, dan Amal Usaha Muhammadiyah dalam upaya mengurangi resiko bencana.

Pelatihan ini dihadiri oleh Sekretaris MDMC Pusat, Bapak Budi Santosa, S.PSi, MKN. Bentuk kegiatan pelatihan ini diawali dengan pemahaman terkait mitigasi bencana lalu dilanjutkan dengan simulasi kegiatan penanganan bencana dengan rekayasa membawa korban dari SMA Muhammadiyah Pakem ke PKU Muhammadiyah Pakem dengan APD (Alat Pelindung Diri) serta ambulance.

Sesampainya di PKU Muhammadiyah Pakem dilakukan identifikasi korban dengan mengelompokkan tingkat dan kategori luka. Apabila korban terluka parah disediakan stiker merah, tingkat luka sedang disediakan stiker kuning, dan tingkat luka ringan disediakan stiker hijau. Selain itu, dari sisi administratif papan informasi dan papan data diri korban sudah disiapkan terlebih dahulu agar dapat menjadi informasi untuk pihak luar ataupun keluarga yang bersangkutan.

Sekretaris MDMC Pusat, Bapak Budi Santosa, S.PSi, MKN mengatakan “kegiatan ini untuk menyatukan semua eleman Muhammadiyah yang ada agar bisa bekerja sama untuk menangani bencana erupsi merapi, baik dari sisi pengungsian, dapur umum, tim medis hingga penanganan psiko sosial harapannya bisa disiapkan dengan adanya kegiatan ini"

Kontributor: Bima Purba, PCM Pakem

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here