News

News

MediaMU.COM

Jun 14, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Eco Bhinneka Muhammadiyah dan Majelis Sinode GPIB Perkuat Kerjasama Lestarikan Lingkungan GreenFaith x Eco Bhinneka Muhammadiyah Belajar Merawat Bumi Melalui Rumah Ibadah Saat Parkiran Basement PDM Jogja Disulap IPM DIY Jadi Tempat Nobar Timnas, Bawa Kemenangan untuk Garuda Pemilu Sukses, IMM DIY Dukung KPU DIY untuk Pilkada PCIM Tiongkok Bersama Anwar Abbas Kunjungi CIA, Jalin Silaturahmi dan Kerja Sama Gol Mahasiswa Muhammadiyah Antarkan Timnas Indonesia Menuju Piala Dunia 2026 Inovatif! Dosen UMY Kembangkan Rekayasa Teknologi untuk Olahraga Lempar Pisau Muhammadiyah Yakin Timnas Indonesia Bisa Lolos ke Piala Dunia 2026 Ibu-Ibu 'Aisyiyah Mergangsan Belajar Olah Mocaf Jadi Cemilan Sehat Bersama Faperta UMY MPM Pusat Inisiasi Kampung Nelayan Berkemajuan, Fokus Peningkatan Kualitas Hidup Keluarga Nelayan Perpustakaan UMY Raih Juara Instagram Terbaik di FPPTMA AWARDS 2024 PCA Ngampilan Semarakkan Milad ‘Aisyiyah ke-107 Dengan Rangkaian Syiar Dakwah Resmi Diumumkan, Siswa-siswi Kelas IX SMP Muhdasa Yogya Lulus 100% Dari Bazaar hingga Posbakum, PWA Aceh Sukses Gelar Milad ‘Aisyiyah ke-107 Lazismu UMY Raih Sertifikat ISO, Perdana Untuk Kantor Layanan Lazismu Ingat Dosa-dosa ke Lingkungan Hidup, DPP IMM Laksanakan Gerakan Nasional Menanam Pohon Ogah Mengurus Tambang! IMM Pilih Kelola Bank Sampah IBTimes.id Rayakan Milad ke-5: Merayakan Moderasi Beragama Jelang Iduladha, JagalMu Sleman Latih 30 Juru Sembelih Teknik Qurban Halal PWPM DIY Sambangi Pemuda Muhammadiyah Sleman, Ada Apa? 

Hadapi Potensi Bencana, PCM Pakem bersama MDMC Sleman dan UNISA adakan Pelatihan Bersama

SLEMAN - Salah satu upaya yang dilakukan dalam pengurangan resiko bencana adalah kerjasama dan komunikasi antar bagian untuk mengantisipasi korban jiwa, harta benda, dan psikis. Oleh sebab itu, Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Pakem bersama Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Pengurangan Resiko Bencana Letusan Gunung Berapi pada hari Sabtu, 06 Januari 2024. Kegiatan ini menggunakan dua lokasi utama yakni di SMA Muhammadiyah Pakem dan PKU Pakem.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengantisipasi jika terjadi letusan Gunung Merapi. Muhammadiyah di wilayah Kapanewon Pakem sidah tanggap dan mampu untuk menghadapi serta mengantisipasinya dengan mensinergikan potensi yang ada. Kegiatan ini juga harapannya mempu mengefektifkan komunikasi antara Pimpinan Cabang Muhamamdiyah Pakem, Pimpinan Cabang Aisyiyah Pakem, Angkatan Muda Muhammadiyah, PKU Pakem, Pemuda Muhammdiyah Pakem, Nasyiyatul Aisyiyah Pakem, dan Amal Usaha Muhammadiyah dalam upaya mengurangi resiko bencana.

Pelatihan ini dihadiri oleh Sekretaris MDMC Pusat, Bapak Budi Santosa, S.PSi, MKN. Bentuk kegiatan pelatihan ini diawali dengan pemahaman terkait mitigasi bencana lalu dilanjutkan dengan simulasi kegiatan penanganan bencana dengan rekayasa membawa korban dari SMA Muhammadiyah Pakem ke PKU Muhammadiyah Pakem dengan APD (Alat Pelindung Diri) serta ambulance.

Sesampainya di PKU Muhammadiyah Pakem dilakukan identifikasi korban dengan mengelompokkan tingkat dan kategori luka. Apabila korban terluka parah disediakan stiker merah, tingkat luka sedang disediakan stiker kuning, dan tingkat luka ringan disediakan stiker hijau. Selain itu, dari sisi administratif papan informasi dan papan data diri korban sudah disiapkan terlebih dahulu agar dapat menjadi informasi untuk pihak luar ataupun keluarga yang bersangkutan.

Sekretaris MDMC Pusat, Bapak Budi Santosa, S.PSi, MKN mengatakan “kegiatan ini untuk menyatukan semua eleman Muhammadiyah yang ada agar bisa bekerja sama untuk menangani bencana erupsi merapi, baik dari sisi pengungsian, dapur umum, tim medis hingga penanganan psiko sosial harapannya bisa disiapkan dengan adanya kegiatan ini"

Kontributor: Bima Purba, PCM Pakem

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here