News

News

MediaMU.COM

Apr 30, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Ramai Gelar Nobar Timnas U-23, Dosen UMY Beri Penjelasan Begini Rektor Berharap PSHW UMY Jadi Kebanggan Pemuda dan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Amanatkan Jaga Tradisi Syawalan, Haedar Nashir: Identitas Kita Sebagai Bangsa Haedar Nashir Tegaskan Muhammadiyah Netral dalam Politik, Ingatkan Semua Pihak Berintrospeksi Atasi Perubahan Iklim, MLH PP Muhammadiyah Tanam 1000 Pohon Mangrove Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK Inilah Makna Syawalan Bagi Cabang Ranting dan Masjid Berkemajuan Sukses di DPD RI, PWM DIY Siapkan Kader-kader Terbaiknya di Pilkada Serentak 300 Warga Muhammadiyah Ngaglik Hadiri Syawalan, Siap Bangun SMP Muhammadiyah yang Pertama Timnas U-23 Menang Lawan Australia Berkat Mahasiswa Muhammadiyah, Inilah Komentar Syauqi Soeratno Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng

Ketua PCM Bantul Drs. H. Sumarno, M.A. Mengajak Khusyuk dalam Sholat

Bantul - Ketua PCM Bantul Drs. H. Sumarno, M.A. menjadi pemateri pada Kajian Sholat Subuh di Masjid  Nurul Hidayah Karanggayam Bantul, Senin (08/04/2024). Sholat subuh dihadiri sekira 50 jamaah. Sumarno menjelaskan ciri orang beriman yang memiliki keberuntungan dan kemulyaaan.

Sumarno mengutip Alquran surat Al Muminun ayat 1-2 tentang salah satu ciri orang beriman yang beruntung, yaitu khusyuk dalam sholat.  


قَدۡ اَفۡلَحَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَۙ الَّذِيۡنَ هُمۡ فِىۡ صَلَاتِهِمۡ خَاشِعُوۡنَ

Sungguh, beruntunglah orang-orang mukmin. (Yaitu) orang-orang yang khusyuk dalam sholatnya.” (QS Al Muminun ayat 1-2).

Ayat ini menjelaskan agar umat beriman beruntung dan mulia dalam hidup, maka sholat dijalankan secara khusyuk. Yang dimaksud khusyuk dalam sholat yaitu pikiran selalu mengingat Allah SWT, dan memusatkan semua pikiran serta panca inderanya untuk bermunajat kepada-Nya.  
Kesadaran penuh dalam menjalankan sholat yaitu benar-benar sedang berhadapan dengan Tuhannya, oleh karena itu seluruh anggota tubuh dan jiwanya dipenuhi kekhusyukan, kekhidmatan dan keikhlasan, dan diselubungi dengan penuh harapan kepada Tuhannya. 
Untuk dapat memenuhi syarat kekhusyukan dalam sholat, harus memperhatikan dua hal.
1. Tumakninah, dihayati dan dijalankan secara tenang serta fokus dalam menjalankan sholat. Setiap gerakan dan bacaan sholat dijalankan dengan penuh kekhidmatan. Sholat berarti munajat kepada Allah SWT, pikiran dan perasaan orang yang sholat harus selalu mengingat dan jangan lengah atau lalai. 
2. Mengerti dan memahami arti bacaan sholat yaitu paham apa yang dibaca, agar yang diucapkan lidah dapat dipahami dan dimengerti.


Menutup kajian Sumarno, kembali mengingatkan pentingnya khusyuk dalam sholat agar menjadi umat beriman yang beruntung dan mulia.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here